Photobucket
Thursday, June 24, 2004,9:40:00 PM
Cihuyyy
2 hari yg lalu gue suruh karyawan gue buat nagih ke salah satu customer gue yg punya tunggakan sekitar 5 juta-an di toko, udah lumayan lama juga bonnya.. sekitar 4 bulanan kalo nggak salah. Doi salah satu customer gue yg suka ngerjain proyek2 pemda, kasian juga sih.. soalnya dia juga lagi kena musibah.

Dulu doi kontraktor proyek2 telkom, punya beberapa bidang usaha.. mulai dari jual beli mobil sampai bikin kos2an di daerah kemang dan buncit. Trus karena terlalu ambisi dalam mengekspansi usahanya, akhirnya kejeblos. Duitnya amblas di galian pasir beberapa M, karena izin yg terhambat. Kasian deh... dari yg banyak uang jadi mesti oper sana oper sini dalam ngerjain proyek.

Gue sering ngobrol dengan dia karena banyak hal dan pelajaran yg bisa gue dapat dari dia. Dia orang yg bener2 punya planning ke depan yg bagus, pemikirannya juga maju banget.. mungkin masalah keberuntungan aja. Orangnya emang nggak bisa diem dan sangat jeli melihat peluang. Tadi dia sempet ngomong, belakangan ini dia mulai mikir kembali.. mungkin karena dulu waktu ngerjain proyek ada beberapa hal yg "nggak bener" yg telah dia lakukan, sehingga semua uangnya harus dia relakan sekarang. Katanya di usianya yg udah kepala 5 ini, dia pengen usaha yg bersih aja :)

So, sekitar 20 hari ini dia mulai usaha jual beli hape bekas dan voucher di daerah kemang dan buncit. Dan denger2 sih lumayan karena sementara toko2 laen tutup jam 9, dia buka sampai jam 12! Dia emang type pekerja keras dan ambisius. Hehehe bayangin aja, belon sebulan maen di bidang ini.. dia udah mulai mikir untuk berekspansi ngebuka gerai baru di beberapa tempat lagi dan targetnya dalam setahun dia udah harus punya minimal 5 gerai! Dari hitung2an sih... emang usaha ini lumayan juga : resiko kecil, nggak perlu modal yg besar, tempat juga nggak perlu gede yg penting strategis, untungnya langsung keliatan. Omzetnya lumayan juga lho.. katanya tiap malam, dia selalu merekap ulang pendapatan dia hari ini kemudian langsung dipotong cost2 yg harus dikeluarkan sehingga penghasilan bersih selalu ketaun setiap harinya. Kadang2 bisa sampe 2 juta lho kalo lagi bulan muda! Wah... gue jadi tergiur juga neh :p

Mungkin dia bisa dapat profit yg lumayan karena kadang di daerah situ banyak anak2 orang kaya yang kalo lagi kepepet maen lego hape dengan harga murah aja, sehingga ketika dijual dia bisa dapat profit gede. Jual beli hape bekas emang lumayan menguntungkan dibandingkan dengan hanya menjual voucher yg untungnya paling sekitar 1000 sampe 1.500 rupiah aja.

Balik lagi ke topik gue nagih utang. Singkat cerita tadi pagi dia nongol di toko dan cerita mengenai masalah yg sedang dia hadapi sehingga nggak bisa bayar utang. Selama ini dia emang udah cukup open ke gue mengenai kondisi keuangan dia yg morat marit belakangan ini, maklum aja.. anaknya ada 5 dan masih sekolah semuanya. Trus setelah ngobrol ngarol ngidul akhirnya dia cerita kalo sekarang dia buka toko Hape. So, kita pun ngobrolin seputar topik itu. Gue bilang kalo buka toko hape mah yg bisa untung cuman jual hape2 bekas dan nerima reparasi. And dijawab ama dia.. emang begitu, karena dia juga sering terima hape2 bekas orang trus dibenerin dan dijual lagi.

Ketika gue nanya ada hape bekas yg murah nggak (jiwa pedagangnya muncul :D)... gue disodorin Nokia 6100 (yg ada radionya itu) sambil ngomong kalo dia lagi butuh uang cash.. Nego sana nego sini akhirnya dilepas dengan harga 1,1 juta. Begitu dapet hape tersebut, gue langsung telfon sopir truk yg jadi penyuplai pasir di toko gue dan nawarin hape tersebut dengan harga 1,25. Tapi berhubung dia bayarnya nyicil dengan cara setiap kirim pasir 1 truk bakal gue potong 50 rebu akhirnya gue bilang 1,35 aja anddd deal!! Horeeee dalam itungan 3 jam gue dapat untung 250 rebu huehehe :D.

Gue jadi terpanggil untuk menekuni jual beli hape ini neh :p hehehe besok mau nanyain hape2 yg di bawah gopek ahhh buat gue tawarin ke konsumen gue yg rata2 tukang ituuu :D mayan kan kalo satu hape bisa dapet minimal goban ajaaa... rekening gue n jeff kan jadi bisa nambah dengan cepet :) Yup, duit itu bakal masuk ke rek bersama kami. Kita emang lagi getol nyari sampingan.. so kalo dapat duit di luar income utama .. kita masukin ke rek tersebut :) hihihi bekal buat merit nihhh :))
 
posted by l3l1 | Permalink |