Photobucket
Tuesday, August 21, 2007,12:27:00 PM
Imunisasi lagi
Kemaren jam 5 sore gue jalan ke klinik anakku pake taxi. Sampe di sana ternyata masih gerimis sedikit, udah gitu sopir taxinya baru keluar dari pull jadinya nggak ada kembalian. Terpaksa masuk ke Holland bakery dengan terburu2 beli 1 roti terus ambil kembaliannya untuk bayar sopir taxi, abis itu baru masuk dan beli2 roti. Ternyata dari semua roti yg gue beli itu tidak ada satupun yg Kenneth suka. Padahal kemaren dulu masih mau makan…. Tsahh……

Giginya emang udah nongol, tajam2 karena gigi taring… di atas kiri kanan dan yg di bawah juga udah putih2 di permukaan gusinya, mungkin karena itu makan jadi malas banget….

Walopun nyampe di sana skitar jam 17:30.. dan dapat nomor 8 tapi gue baru dipanggil 2 jam kemudian. Soalnya kemaren banyak banget yg datang buat konsultasi pertama kali, jadinya tiap pasien memakan waktu yg lama.

Selama nunggu itu Kenneth maen2 dijaga ama mbak rina, gue ngobrol sana sini. Maklum … dokter irawan ini kan ahli syaraf, jadinya pasien yg ke sana rada agak serem2 penyakitnya….. ada anak yg ketika dia berumur 6 bulan ditinggal keluar kota ama ibunya, trus tiba2 nangis semalaman .. nggak mau susu sama sekali, trus demam tinggi… dibawa ke dokter di parung. Entah karena salah obat atau ada penanganan yg salah dari pengasuhnya (mbak, bukan baby sitter).. tuh anak muntah2, ketika hari ke-3 ibunya pulang tuh anak kejang2 mulu tiap mau tidur. Katanya udah berobat juga kemana2, akhirnya nyangkut di dokter irawan ini dan mulai ada perkembangan yg lumayan. Ketika masih baby, tuh anak katanya montok dan sehat karena asi eksklusif, tapi gara2 kejang2 itu… sampai sekarang di umurnya yg hampir menjelang 2 tahun, anak tersebut jadi susah makan, belum bicara dan yg mungkin agak parah adalah belum bisa duduk sendiri…. kasian banget yaaa…… sepertinya siy orangtuanya ngak nyalahin pengasuhnya karena yg cerita2 tentang anak ini adalah pengasuhnya yg sampe sekarang masih ngasuh anak tersebut.

Trus ada lagi anak cewe umur 3 tahun, sempet demam tinggi secara tiba2… abis itu muntah2 sampai berkali2… nggak lama kemudian mulutnya jadi miring (ngga seimbang) kaya orang stroke gituu. Katanya siy balse palsy (gue ngak tau ejaannya gimana) dan itu penyebabnya virus yg menyerang syaraf di otak anak… hiii… untungnya setelah 1,5 bulan mengkonsumsi obat yg diberikan oleh dokter irawan ini, sang anak udah lumayan… waktu gue liat kemaren siy .. facenya normal, ketika dia ketawa aja.. mulutnya agak ketarik ke atas sedikit. Kata ibunya kemaren malah parah banget. Tuh anak cerdas siy… A-Z udah tau… angka 1-20 juga udah ngerti, aktif banget juga. Jadi yg terserang mungkin syaraf yg berhubungan dengan otot wajah aja.

Ada lagi anak cewe umur 3 tahunan juga, divonis autis ama salah seorang dokter spesialis anak yg lumayan ternama juga. Tapi berdasarkan pengamatan gue ama anak tersebut gue berasa tuh anak hanya hiperaktif aja, belum autis. Makanya gue bilang ama nyokapnya.. tenang aja.. bukan autis kok, soalnya tuh anak kalo disuruh masih mau ngerjain perintah, ada kontak mata, mau maen ama nyokapnya… kadang2 aja suka cuek dan peduli, cuman tuh anak belum ngomong juga.. masih bahasa planet. Dia juga udah konsul ke 2 dokter lain dan psikolog.. dan emang dibilang cuman late talker aja. Yaa gue cerita2lah soal info2 yg gue tau… sama milis2 yg berhubungan ama late talker atau anak2 dengan kebutuhan khusus lainnya. orangtua ibu anak ini (kakek neneknya) sampai berasa gimanaaa gituuu… waktu mau pulang ibu anak ini sampe bilang2 ma kasih terus ama gue… ama dokter irawan dibilangin anak ini emang ngak autis, tapi kalo ngak ditherapy lama2 bisa jadi autis katanya…… tsaah……
Nah itu tadi cerita2 tentang anak orang, gimana dengan anak gue??? Eng ing enggg hehehe…… phew….

Ketika masuk ke ruangan dokternya, langsung ditanya ada masalah apa. Yaa gue bilang anak gue ini kenapa ngomongnya belum ada yg jelas. Ama dokter disuruh taroh aja di bawah kennethnya, nggak usah digendong. Ketika dia jalan2 di lantai, tingkahnya diamati ama dokternya. Trus gue ama jeff disuruh manggil Kenneth, n seperti biasa… tuh anak ketika lagi asyik ama sesuatu suka cuek dan nggak peduli. ( di ruang prakteknya ada puzzle2 dari kayu dan mainan dari kayu yg untuk masukin bentuk2 tertentu ke tempatnya)… trus ubun2nya diraba ama dokternya.

Berdasarkan pengamatan dokternya :

1. Anak umur segitu kalo dipanggil sampai 3 kali masih nggak nengok, artinya nggak normal atau ada yg kurang beres alias kontaknya nggak bagus.
2. Ukuran ubun2 dia yg belum menutup agak terlalu besar dibanding ukuran rata2. normalnya ubun2 ini akan menutup pada saat usia anak 18 bulan, tapi dengan ukuran sebesar itu… sepertinya pada 2,5 bulan mendatang nggak mungkin akan menutup habis. Itu kata dokternya.

Nah… kenapa ubun2 ini bisa sebesar itu? Kemungkinannnya ada 2 :

1. Hormon tiroid, tapi diagnosis yg satu ini udah dikesampingkan oleh dokternya karena dari pengamatan dia terhadap Kenneth, dia yakin bukan tiroid. Ketika gue tanya kenapa? Dia bilang anak yg kena tiroid ini biasanya keliatan dari facenya, kurang tanggap gitu… alias “kurang cerdas”. Nah dia liat Kenneth bagus responsenya, jadi ngak mungkin tiroid
2. Milenisasi, ada pertumbuhan otak yg belum sempurna. Nah lhoo… katanya otak itu kan bertumbuh terus, proses penyempurnaan ini akan mendorong ubun2 untuk menutup, nah.. kalo ubun2 belum menutup bisa jadi karena ada sesuatu yg terganggu atau kurang beres.
3. Bisa jadi emang hal ini lumrah aja buat Kenneth.

Jadi mesti gimana niy dok? Perlu MRI ngak dok? Katanya ngak perlu, tunggu sampai umur 18 bulan aja, baru dipikirin tindakan lebih lanjut…. Sekarang saya kasi vitamin buat otak dulu aja ya. Hm.. vitamin? Apa tuh namanya dok? Merknya?. Ini bentuk puyer…. (Whoa… puyer??? Tau sendiri, gue paling anti minumin anak obat yg bentuk puyer2 gitu…..) boleh tau dok kandungannya apa aja?? Nerotropil (sepertinya gue salah eja karena gue search dengan berbagai kemungkinan ejaan tetep nggak nemu2 juga), asam folat , vitamin B6 plus vitamin E. hm… yg tiga macam terakhir sepertinya tidak bermasalah, tinggal cari info mengenai kandungan obat yg pertama aja (dumel dalam ati hehehe).

Tuh obat gue tebus di apotik anakku sembari minta salinan resepnya. Sampe di rumah gue liat neortropilnya diganti ama latropil, sepertinya diganti ke bentuk generiknya. Ketika gue search di medicastore, ternyata termasuk obat golong G, obat keras bo’ digunakan untuk treat gangguan perilaku pada anak2.

Sebenernya gue paling anti pake obat2 untuk treatment seperti ini, tapi dipikir2 toh sebagian kandungannya vitamin dan latropilnya cuman dikit. sehari cuman 1 kali. yg jadi masalah adalah cara minumin ke kennethnya. tadi pagi tumpah semua, cuman kemasuk 1 tetes ke mulut dia... mesti mikir cara laen niy...

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


1 Comments:


  • At Tue Aug 21, 05:49:00 PM 2007, Anonymous Yulian

    kalo dgr crita anak sakit panas tinggi smpe kenapa-napa gitu, bikin gw suka jadi tambah parno mo nambah anak lagi hehe. keterlaluan ya haha.

    moga2 treatmentnya sukses ya lel, jd ga perlu mri2an. kenneth cerah ceria aktip & sehat gitu kok anaknya. jarang banget deh gw baca crita dia batpil or panas.