Photobucket
Wednesday, November 10, 2004,8:32:00 PM
Fiuhhh.... legaan dikit nih...
Banyak banget yg pengen gue tulis dan share di blog selama beberapa hari ini, cuman berhubung nggak sempet akhirnya jadi lupa dan ilang deh inspirasinya hehehehe :P

Tapi satu hal yg gue sadari, perbedaan temperamen antara gue dan jeff membuat perbedaan dalam cara kami menangani pekerjaan atau masalah. Hal ini sudah jauh2 hari gue sadari (gue kan penggemar personality plus :p), tetapi yg nggak kepikir oleh gue adalah kadang2 ketika kami berdua tidak dalam kondisi emosi yg baik (tetapi hal ini jarang terjadi karena jeff selalu bisa meredam emosinya sehingga bisa mengimbangi gue yg lagi emosi) tingkat pemakluman dan toleransi gue akan karakter khas masing2 karakter bisa langsung menguap sehingga menimbulkan reaksi2 yg cenderung negatif.

Jeff type melankolis sejati yg segala sesuatunya harus terstruktur, berhati2 dan berpikir jauhhhh ke depan (memikirkan semua kemungkinan terburuk yg mungkin terjadi). Belom lagi kerjaan dia selama bertahun2 membuat karakter melankolisnya semakin terpupuk dengan subur (bagian accounting), di mana segala sesuatunya harus teliti dan akurat sampai sekecil2nya. Dia dididik untuk selalu mempertanyakan segala sesuatu yg kurang jelas dan tidak terlalu percaya dengan hasil kerja orang lain sampai dia memastikan sendiri hasil pekerjaan tersebut. Dalam membuat keputusan, dia dibatasi oleh wewenang dan juga birokrasi.

Gue type kholeris yg lumayan dominan dan kebetulan pekerjaan gue membuat karakter kholeris gue semakin terpupuk. Dalam pekerjaan gue sehari2, gue terlatih untuk bisa membuat keputusan dengan cepat ketika terjadi masalah dan terbiasa berpikir praktis. Dalam melakukan segala sesuatu, gue selalu berusaha untuk mencapai tujuan gue dengan cepat dan tidak terlalu memusingkan detil2 kecil sejauh hal tersebut tidak mengganggu tujuan gue secara keseluruhan. Prinsip gue : kerja yg cepat, efisien dan tujuan tercapai. Ditambah dengan intuisi, pengalaman dan logika , gue udah bisa memutuskan segala hal yg berhubungan dengan pekerjaan gue. Dalam dunia gue : kalah cepat dalam bertindak bisa berarti kehilangan peluang / kesempatan.

Nah... kemaren sempet ada benturan yg terjadi karena perbedaan cara pandang dan karakter ini. Ceritanya ketika hari minggu gue kondangan mantan gue di menara ancol, gue (dan juga jeff) lumayan tertarik dengan gedung tersebut. So, abis makan2 kita pun ke banquet officenya buat nanya2. Ternyata tanggal yg kita inginkan sudah full book, yg tersisa cuman tanggal 16 okt saja .. itupun udah ada yg nitip nama juga yaitu client dari catering chez ingrid. Jadi gue dan jeff cuman ngetek nama aja tanpa ninggalin booking fee karena kita masih belom consult ama pihak keluarga, takutnya udah booking ehhh ada yg keberatan lagi :(

nah.. hari seninnya, gue iseng2 telfon ke chez ingrid. Tapi reaksi bagian marketingnya rada bikin gue panik juga, karena ternyata client dia yg bernama helen rencananya mau transfer dp hari senin itu juga. So, dia merasa kaget.. gimana bisa gue pesta di situ pada tanggal yg sama dengan client dia (di gedung ini resepsi hanya diadakan 1x dalam sehari). Trus gue buru2 koreksi.. bilang kalo itu cuman ancer2 aja.. tanggalnya masih bisa berubah. Abis nanya ini itu (tapi pikiran gue udah nggak konsen :-/
), begitu telfonnya ditutup.... gue dengan gugup buru2 nelfon jeff dan jelasin mengenai hal ini. Trus jeff minta no telfon banquet manager yg melayani kami semalam.

Sembari jeff nelfon gue juga berusaha nelfon ke kantornya, and ternyata org yg layanin gue lagi nggak masuk dan yg nerima temannya. So, gue tanya ama orang tersebut berapa nomor rekeningnya karena gue mau transfer booking fee ke sana. Sambil gue berusaha mastiin ke orang tersebut bahwa tanggal yg mau gue book tersebut belom ada yg ambil. Setelah diyakinkan kalo tanggal tersebut masih kosong, gue telfon jeff lagi sambil memberikan no rek dan a/n nya.

Nah.. ternyata jeff udah nelfon ke hp org yg nanganin kami sebelumnya dan ama orang tersebut dijelaskan kalo emang udah ada orang catering yg booking, kedudukan kami kalah kuat walaupun kami yg duluan mentransfer booking fee ke rek mereka. So, dia bilang lebih baik tunggu besok aja. Dalam persepsi gue, dia bilang begitu karena jika kami mentransfer dana hari itu.. mungkin komisinya akan jatuh ke tangan orang yg nerima transferan tersebut. So, nggak heran kalo dia bilang ke jeff... bahwa dia akan konfirm ke kantor dulu. Yaa mungkin untuk memberitahu bahwa kami akan transfer booking fee, sehingga komisinya tetap bisa jadi bagian dia. (Itu jika mereka pake sistem komisi)

Berhubung gue udah dijelasin bahwa belom ada yg booking tanggal yg gue inginkan tersebut, maka gue yakin kalo gue transfer hari itu.. tidak akan terjadi masalah. Dalam persepsi gue, mestinya jika ada yg udah transfer... pasti sudah ditandai di daftar mereka sehingga mereka nggak mungkin terima transfer baru lagi. Tetapi... si jeff nggak percaya, dia curiga kalo mereka maen terima transferan aja, dan jika ternyata udah ada yg book kami akan disuruh milih tanggal lain, kalo nggak mau uangnya hangus. Intinya dia takut diboongin gitu deh. Gue bilang, mereka tuh bisnis jasa.. dan dalam bisnis ini..nama baik tuh penting banget. Nggak mungkin hanya gara2 uang booking fee lu yg cuman 1 jt ini mereka sampe berlaku seperti ini. Karena gue ngotot .. si jeff jadi bete juga... so, ketika gue bilang rek nya a/n vonny elisabeth.. reaksi pertamanya adalah "kok pake nama orang bukan nama perusahaan?". Yaaa mungkin itu pertanyaan yg wajar sih mengingat dia terlatih untuk selalu mempertanyakan segala hal yg dianggap "di luar kebiasaan/mencurigakan". Tetapi berhubung sebelumnya emang udah ada perbedaan pandangan mengenai perlu tidaknya transfer hari itu, gue jadi sensi juga karena merasa doi terlalu mengada2 pikirannya (negatif thinking banget).

Walaupun akhirnya doi segera menyuruh orang untuk mentransfer booking fee tersebut, gue dan dia udah sama2 bete karena sama2 lagi tensi tinggi. Belakangan gue baru tau kalo di kantornya pagi itu doi lagi disibukkan dengan masalah yg lumayan menyita pikiran dia.

Untungnya di antara kami berdua ini, jeff termasuk orang yg bisa ngimbangin gue. Biasanya begitu nyadar kalo gue kesel dan dia juga merasa caranya kurang tepat/benar, dengan cepet dia akan minta maaf sambil bilang, "sorry yaa honey... i love you...." Nah.. kalo udah gitu gue paling hanya bisa hu ! hu! aja :D. Dan abis itu suasana akan cair lagi :). Tapi emang berbahaya banget kalo sama2 lagi nggak sabaran dan lagi punya tekanan, jika terjadi perbedaan pendapat.. akan rawan konflik. Tapi belakangan gue rada bersyukur juga dengan keputusan untuk transfer di hari itu juga, karena ternyata.. siangnya ada yg mau bayar dp juga :o. Kebayang deh pusingnya nyari gedung lagiii..

Ada beberapa kejadian kecil lagi sih, cuman gue udah lupa detil2nya. Nggak heran yaa kalo banyak yg bilang bahwa semakin mendekati hari H, orang semakin gampang sekali senewen :p. Gue yg masih 10 bulan aja udah sempet senewen2an selama 2 minggu. Mungkin karena stress yg dipendam di bawah sadar 'kali yaaa :P. Untungnya sekarang kita udah legaan.... Yang udah deal : Gedung, Bridal, Kartu dan Kue. Fiuhhh udah bisa lebih tenang sekarang... tinggal sante2 nyari catering, mc, dekor dan cincin ajaa... :)

Luv you honey... yang sabar yaa ngadepin gue kalo lagi senewen :D
 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: