Photobucket
Tuesday, December 12, 2006,1:45:00 PM
Mengatasi mual di pagi hari
Kebetulan gue waktu hamil jarang merasa mual. Kalo muntah paling di pagi hari doang waktu gosok gigi, terjadinya juga hanya pada trimester pertama. Emang bawaan orang hamil itu beda2 siy… ada yg dari bulan pertama sampai ke sembilan tetap muntah2, tapi mostly siy.. hanya pada trimester awal. So, kalo di bulan kedua masih suka mual, rasanya siy masih lumrah.. ntar bakal ilang ketika memasuki bulan ketiga atau keempat kok.

Gue sendiri untuk ngurangi mual biasanya emang minum teh manis, tapi yg tipis2 aja… maksudnya jangan terlalu banyak kandungan tehnya, karena untuk wanita hamil teh sebenernya nggak bagus. Segala jenis minuman yg mengandung kafein itu hukumnya haram buat wanita hamil hehehe. Yg mengandung soda juga nggak boleh, tapi hehehe gue kadang suka nyuri2 minum coca cola ato fanta … abis pengen siy… kayanya segerrr gituu. Kalo mualnya agak parah, coba deh rebus jahe kepret dikasi gula… diminum anget2… sepertinya bisa mengurangi mual. Kalo gue lagi males biasanya bikin dari yg instan, yaitu teh jahe cap kepala jenggot, kalo yg sariwangi kurang enak…. Untuk nambah isi lambung, biasanya gue minum anmum yg ditambah dengan oatmeal. Bagus juga lho oatmeal itu… lumayan mengenyangkan … minumnya pagi ama malam hari sebelum tidur. Praktis n nggak repot, tapi tetep sehat n bergizi gitu….

Ini gue kutipin beberapa cara ngurangi mual dari buku kehamilan : apa yg anda hadapi bulan per bulan. (gue rekomen baca buku ini deh kalo ini adalah kehamilan pertama). Pengarangnya arlene, terbitan Arcan. Tadi baru nyadar ternyata emang bener kata aya chan, ini buku what to expect when you’re expecting yg udah diterjamahin ke dalam bahasa indonesia :p.

Beberapa cara untuk mengurangi mual di pagi hari :

• Diet yg kaya akan protein dan karbohidrat kompleks – keduanya mengurangi rasa mual. Begitu pula gizi yg baik, jadi makanlah sebaik mungkin meskipun dalam keadaan terbatas seperti itu
• Banyak minum cairan – terutama bila anda telah kehilangan cairan karena munta. Cairan lebih mudah ditelan daripada makanan padat bila anda sedang mual, gunakan cairan untuk mendapatkan kebutuhan nutrisi anda. Naikkan konsentrasi dari cairan yg anda telan : milk shake ganda, sari buah atau sayuran, sup, kuah daging dan bulion. Bila cairan membuat anda merasa lebih mual, makanlah makanan padat yg kandungan airnya tinggi, seprti buah dan sayuran terutama selada, melon dan jenis2 jeruk. Beberapa wanita merasa bahwa minum dan makan sekaligus membuat alat pencernaan mereka bekerja terlalu berat, bila ini terjadi pada anda, minumlah cairan di antara waktu2 makan.
• Makanlah pil tambahan vitamin untuk kehamilan untuk mengisi nutrisi yg mungkin tidak anda dapatkan. Tetapi makanlah pada saat di mana sedikit kemungkinan anda akan memuntahkannya kembali, mungkin sebelum anda tidur. Dokter anda mungkin akan menganjurkan tambahan 50 mg B6, yg tampakanya dapat meredakan rasa mual pada beberapa wanita. Jangan makan obat untuk mengobati gejala rasa mual di pagi hari kecuali diberi resep oleh dokter anda. Resep semacam itu hanya diberikan bila rasa mual cukup parah sehingga menghambat dan membahayakan status gizi anda dan bayi anda.
• Hindari pandangan, aroma dan rasa dari makanan yg membuat anda merasa mual. Jangan mencoba menjadi pahlawan dengan memasak sosis dan bawang untuk suami anda padahal mereka membuat anda setiap kali harus lari ke kamar mandi. Dan jangan memaksakan makanan yg tidak anda suka atau lebih buruk lagi, yg membuat anda sakit. Dengan sedikit pengarahan gizi dari kesadaran anda, biarkan lambung anda menjadi petunjuk untuk memilih menu anda. Hanya pilih makanan manis bila hanya itu yg dapat anda makan (misalnya dapatkan vit A dan protein dari buah peach dan panekuk daripada brokoli dan ayam). Juga hanya pilih makanan asin bila hanya itu yg dapat menenangkan lambung anda (makanlah roti dengan tomat dan keju panggang untuk makan pagi daripada sereal dan air jeruk)
• Makan lebih sering dan sebelum anda merasa lapar. Bila lambung anda kosong, asam lambung tidak mempunyai apa2 lagi untuk dicerna kecuali dinding lambung itu sendiri. Ini dapat menimbulkan rasa mual. Begitu pula kadar gula darah yg rendah karena jarak antar makan yg panjang. Enam kali makan sedikit lebih baik daripada tiga kali makan besar. Makanlah makanan kecil yg bergizi untuk jajan anda (keringan buah, crackers dari biji2an utuh)
• Makanlah sebelum rasa mual menyerang. Makanan lebih mudah ditelan dan malah dapat mencegah terjadinya serangan
• Makan di tempat tidur untuk alasan yg sama bahwa anda harus makan lebih sering : yaitu untuk mencegah lambung kosong dan mempertahankan kadar gula darah. Sebelum anda tidur pada malam hari, makanlah makanan kecil yg kaya protein dan karbohidrat kompleks, misalnya segelas susu dan satu kue mufin. Dua puluh menit sebelum anda merencankan turun dari tempat tidur, makanlah makanan kecil yg kaya karbohidrat ; misalnya beberapa crackers dari bijian utuh atau kue beras atau segenggam kismis. Letakkan mereka pada tempat yg terjangkau dekat tempat tidur, shingga anda tidak perlu bangun dari tempat tidur, bila anda terbangun dan merasa lapar tengah malam.
• Dapatkan tidur ekstra dan relaksasi. Keletihan fisik dan emosional akan meningkatkan terjadinya mual
• Sapalah matahari pagi dengan gerakan lambat, keadaan tergesa2 dapat meningkatkan mual. Jangan meloncat dari tempat tidur dan tergesa2 keluar kamar. Tinggallah di tempat tidur dan makanlah crakcers anda selama 20 menit, sebelum anda terbangun perlahan2 dan menikmati pagi anda dengan tenang. Ini sepertinya tidak mungkin bila anda memiliki anak2 lain, tetapi cobalah untuk bangun sebelum mereka, agar anda mempunyai waktu untuk bertenang diri atau biarkan suami anda menangani keperluan mereka di pagi hari
• Sikatlah gigi anda (dengan pasta gigi bila ini tidak menambah rasa mual) atau kumur2 (mintalah anjuran dokter anda untuk obat kumur yg baik) setiap kali setelah anda muntah, juga setiap kali setelah makan. Ini tidak hanya akan membuat mulut anda segar dan mengurangi rasa mual, ini juga mengurangi kemungkinan kerusakan gigi dan gusi yg dapat terjadi bila bakteri mulai bekerja pada sisa makanan pada mulut anda
• Kurangi stres. Mual di pagi hari umum terjadi pada wanita yg mengalami stres besar, di tempat kerja maupun di rumah
• Cobalah menggunakan pembalut yg biasa digunakan untuk melaut (sea bands). Pembalut selebar 2,5 cm ini dikenakan pada kedua pergelangan tangan, beri tekanan pada bagian dalam pergelangan dan seringkali ini dapat meredakan mual. Mereka tidak memiliki dampak sampingan dan tersedia pada apotik atau toko peralatan melaut.

Sumber : Kehamilan : apa yg anda hadapi bulan per bulan

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: