Photobucket
Thursday, December 07, 2006,6:55:00 PM
Suplemen ibu hamil
Boleh dibilang waktu gue hamil dulu, dari segi asupan makanan rasanya minim banget. Bukan apa… di rumah masaknya gitu2 aja.. soalnya gue nggak bisa masak, yg kerja juga nggak bisa masak. Udah gitu nyari makanan di tempat gue susahnya minta ampun.. jadinya gue bisa makan enak cuma waktu wiken doang, karena jeff kalo hari kerja kan nggak bisa nganterin gue :p.

Makanya gue tau diri.. minum beberapa macam suplemen .. folavit buat asupan asam folatnya, prolacta with dha for mother buat DHA, cavit d buat kalsium, hemobion buat zat besi.. hm apalagi ya? Kok kayanya ada yg kurang? Oya, gue sempet minum suplemen buat ibu hamil keluaran blackmore, tapi begitu habis 1 botol nggak gue terusin lagi karena di sini nggak ada yg jual… (ato gue aja yg nggak tau mesti nyari kemana).

Kalo untuk susu yaa setelah coba ini itu, akhirnya suka dengan anmum. Gue ini tergolong orang yg nggak suka minum susu, jadi rada susah juga disuruh minum susu… makanya mesti nyari susu ibu hamil yg bisa diterima lidah gue :).

Trus ibu hamil kan bawaannya gerah mulu ya… jadinya pengen minum terus. Makanya gue lumayan sering bikin susu kacang dari kacang kedelai. Waktu pertama bikin siy sempet gagal… susunya pecah, tapi belakangan sukses terus :). Ternyata rahasinya, ketika dididihkan… airnya kudu diaduk terus… jangan ditinggalin n apinya kudu kecil ato sedang, jangan kelewat gede. Kadang2 minum kacang hijau juga siy… yg paling sering siy waktu trimester ke-tiga gue hampir tiap ari minum teh es manis ato madu yg dilarutkan air dicampur es… huaaaa segerrrr.. padahal nggak boleh yaa… kurang bagus.. katanya bisa bikin anak jadi gede.. padahal waktu itu kan berencana lahir normal :p. Tapi haus banget siy… n pengennya yg manis2 gitu… jadinya yaa bodo amat hehehe.

Phew…. Nggak tau deh ada hubungan apa kagak… tau2 kenneth begitu lahir beratnya 3.7 kg dengan panjang 52 cm… paling tinggi di antara semua baby yg dipajang di ruang baby selama 5 hari! Tapi kalo dibilang gara2 minum yg manis2… nggak juga siy, soalnya sepupu gue yg emang udah niat mau caesar n pengen dapet anak yg gede.. hampir tiap hari makan ice cream… minum teh es… pokoknya yg serba manis deh… tapi anaknya cuman 2.9 kg. jadi rasanya bukan ngaruh dari situ deh….

Klo untuk naiknya berat badan… wah gue paling nggak takut gemuk dah.. malahan pengen nambah gemuk hehehe. Anehnya gue waktu hamil nggak naek banyak.. palingan 12 kg-an ‘kali yaaa…tapi anak gue begitu keluar gede banget…. n abis lahiran langsung kuyus lagi. Kalo orang laen berusaha nurunin berat badan, gue siy malahan berusaha mempertahankan berat badan gue hahaha, tapi tetep aja gagal. Emang udah bawaannya kuyus ‘kali yaaa…. :D.

Nurut gue siy yg ngaruh babynya gede ato nggak itu bisa dari genetik dan kualitas plasenta. Bisa aja kita banyak makan yg bergizi tapi plasenta kurang bagus ato kelilit yg rada nyumbat, jadinya asupan makanan ke baby rada keganggu. Yg gue baca siy… baby yg lahir gede/tinggi belum tentu ntar bakalan gede/tinggi juga. Lumrahnya tinggi baby tuh rata2 dari jumlah tinggi ke dua orang tuanya. Jadi biarpun waktu lahir dia tinggi, tapi kalo emang ternyata dia sebenernya dari gen nya nggak bakal tinggi, maka akan tiba suatu saat pertumbuhan tinggi dia jadi rada stag. Tapi itu juga bukan harga mati, karena banyak juga gue liat orang tua yg nggak begitu tinggi, punya anak yg tinggi2… mungkin karena gizi yg udah semakin baik yaaa… hehehe tau ah… mudah2an kenneth sampe dewasa tetep tinggi kaya daddynya, jangan kaya gue :D. Bokap jeff sering godain gue.. bilang bentar lagi kenneth bakalan setinggi gue :p

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: