Photobucket
Friday, November 07, 2003,10:19:00 AM
me and my sist
Selama ini di milis kita sering ngebahas atau sharing mengenai relationship kita dengan lawan jenis. Tapi hubungan dengan orang2 terdekat kita, belum pernah kita bahas di sini.

Kali ini gue mau sharing mengenai relationship gue ama saudara kandung gue satu2nya. Orang yang ketika gue kecil merupakan teman berantem dan bermain, dan ketika gue dewasa... tetap aja menjadi temen berantem hehehe.... Di luar sifat dia yang suka bertindak sebagai "kakak tertua" *boleh nasehatin, omelin n temen2nya si bla bla bla*, dia adalah sosok seorang kakak yang perhatian pada adiknya :) Gue merasa beruntung dilahirkan dalam satu keluarga bersama dia, yang menakdirkan gue sebagai adiknya, walaupun kadang2 suka bete juga kalo doi udah ngatur2 gue hehehe.

Yaa.. harapan gue sih... abis ngebaca sharing gue 'kalii aja ntar ada yang mau ikut2an sharing juga mengenai orang2 terdekat dia. Bisa aja mengenai seorang sahabat dekat, saudara kandung, sodara sepupu,etc..... deh.....

the story begin......

Gue lahir di keluarga kecil. Ortu gue cuman punya 2 anak perempuan yaitu kakak perempuan gue yang gue panggil ace *panggilan untuk kakak perempuan dalam bahasa tio ciu* dan gue. Rentang usia di antara kami adalah 3 tahun. Karena selisih usia yang tidak terlalu dekat, teman bermain kami tidak selalu sama. Selain itu, perbedaan karakter kami juga menjadi penyebab bedanya arena dan teman bermain kami.

Sebagai seorang anak perempuan, dia benar2 gambaran anak perempuan yang feminin. Kulit putih, rambut hitam panjang ditunjang dengan wajah yang cantik, benar2 menjadikannya primadona di lingkungan sekitar kami. Sedangkan gue...? Mungkin ketika nyokap mengandung gue, harapan mereka anak yang lahir adalah laki2, maka gue sangat tomboy ketika masih kecil. Seperti bumi dan langit ama ace gue : udahlah item (karena sering bermain di luar ruangan), rambut cepak, pipi tembem *hehehe ampe sekarang juga masih tembem sehh*, dekil deh penampilan gue hahahaha.

Beda ama ace gue yang suka mainan anak perempuan, hobby gue adalah mancing, main layangan dan sebangsanya. Ada seh permainan anak perempuan yang gue lakoni yaitu masak memasak, tapiii... menunya kebanyakan adalah menggoreng ikan, semut atau jangkrik. Biasanya binatang2 malang tersebut kami goreng dengan lilin yang dicairkan. Duh kalo dipikir2 lagi gue kok bisa sadis gitu yaa? hehehe

Saat ketika gue bermain bersama ace gue adalah ketika gue belajar naik sepeda. Biasanya dia yang memegang dari belakang sepeda yang gue naiki, kemudian gue akan mengengkol pelan2 sepeda tersebut sampai akhirnya pelan2 dilepasin ama dia tanpa gue ketahui. Ada satu kejadian yang nggak bisa gue lupain mengenai kegiatan belajar naek sepeda ini. Critanya waktu itu kami lagi "berlatih" di komplek perumahan perintis kemerdekaan, nah... di ujung jalan komplek tersebut ada satu rumah yang penghuninya memelihara beberapa ekor anjing yang lumayan galak. biasanya anjing2 tersebut mereka rantai atau kurung, tidak dilepas begitu saja. Hari itu kami bermain seperti biasanya, tetapi gue masih belum mahir, masih harus dipegangi dari belakang. Lagi asyik2nya main sepeda, eh.. tiba2 ada gonggongan anjing di belakang.. waduhhh kebayang dong paniknya... mana tuh anjing tampangnya kaya nggak makan seminggu aja... teman2 gue pada lari berhamburan dan yang kebagian megang bagian belakang sepeda gue maen tinggal aja... dan gueeee .... saking takutnya... berusaha untuk mengengkol sepeda sekencang2nya... akhirnya jadi bisa seketika deh hahahaha.

Ketika masih duduk di SD, ace gue cukup disayang oleh guru2nya. Dan berhubung setiap imlek beberapa gurunya yang cukup dekat sering bertandang ke rumah juga, maka sebagai adiknya gue jadi cukup dikenal oleh guru2nya juga. Dan hal ini cukup bermanfaat juga ketika gue bersekolah di SD yang sama dengan dia :))

Gue bisa hobby membaca juga karena terpengaruh dengan dia. Setiap hari minggu, biasanya kami selalu ke toko buku menara, pemiliknya orang arab kalau nggak salah, letaknya di pasar dekat jembatan penyebrangan *yg warga pontianak pasti tau nih*. Buku2 yang biasanya kami beli adalah komik2 H.C andersen dan sejenisnya. Dasar jiwa pedagang.. buku2 tersebut biasanya kami sewakan kembali ke anak2 tetangga hehehe :p

Selain membeli, kami juga suka menyewa buku2 cerita silat gambar berseri dari taman bacaan. Pernah suatu hari dia bermaksud untuk menyewa buku dengan sepeda bmx yang tidak ada boncengannya dan remnya juga pake manual *kaki nginjek ke tanah hehehe*. Waktu itu gue ngotot mau ikut tetapi dia tidak bersedia karena remnya yang manual itu :p Tapi setelah dipaksa2 dengan senjata ngambek2an dan uring2an akhirnya bersedia juga dianya. Dengan piyama yang baru dibeliin nyokap, gue berangkat ama dia ke taman bacaan. Ketika sampai di lokasi, dia langsung teriak : "lompat..! lompat!", tapi berhubung waktu itu pas lagi di turunan dan gue juga rada panik, akhirnya gue ngelompatnya kurang sempurna. Hasilnya kami berdua sama2 rebah dan nyeruduk rerumputan di tepi jalanan aspal *thanks god nggak jatoh di aspal*. Akibatnya celana gue robek di lutut dengan sedikit lecet2 di sana sini. Dianya ngomel2, "tuh kan? gue bilang juga apa? disuruh jangan ikut, mau ikut!" (dialog aslinya dalam bahasa tio ciu, ini udah hasil terjemahan gue hehehe). Pulangnya kami berdua berusaha untuk bersikap biasa2 saja, seolah2 tidak ada kejadian apa2. Tapi hehehe mungkin karena ngeliat tampang gue yang pringas pringris, akhirnya nyokap jatoh curiga dan gue diperiksa. ketaunn dehhh. Kasian juga sehh karena yang diomelin adalah ace gue, padahal kan gue yang ngotot mau ikut yaaaaa :))))

Hobby membaca kami ini terus berlanjut hingga kami beranjak remaja. Ketika dia sudah SMP, pernah gue memergoki dia membawa pulang satu buku. Dan seperti biasanya, setiap buku yang dia bawa pulang selalu ikut gue baca. Tetapi kali ini berbeda, karena begitu gue mendekat.. dia langsung menutup bukunya dan mengusir gue jauh2. Wah.. makin digitu-in makin penasaran guenya. So.. ketika dia berangkat ke sekolah *siang hari*, gue obrak abrik seisi kamar buat nyari2 buku tersebut. Selama 15 menit ngubek2 sana sini, akhirnya ketemu juga deh buku tersebut. Trus.. tau dong kelanjutannya... gue baca buku tersebut. Mula2 gue rada heran juga, buku spy begini kok gue dilarang baca ya? kan lumayan seru dan bagus..... tapi.. makin dibaca....kok.. isinya makin hot? biar udah tau begitu.. gue habisin juga bacanya hahaha. Tau kan nick carter? nah... buku itu tuh yang gue baca.

Ketika duduk di bangku smp, dia sangat populer di sekolah. Cowok2 ganteng kakak kelasnya sering beramai2 bertandang ke rumah. Sebagai adiknya, kadang2 gue ketiban rezeki juga. Soalnya gue suka dikasi sogokan ama cowok2 tersebut untuk memudahkan mereka ngedeketin ace gue :)))
Pada masa itu, dia juga mulai suka menulis diary mengenai perasaan2 dan pengalaman2 yang dia alami. Hehehe dasar usil, kadang2 gue suka mencuri baca diarynya. Begitu kumat isengnya, gue akan membacakan isi diarynya di hadapan dia *hahaha jahat yaa guee :p*. Akibatnya gue akan dikejar2 sambil keliling seisi rumah, kalo ada nyokap paling2 dia lagi yang diomelin karena dibilang jadi kakak kudu ngalah. hihihi kebayang seh gimana sakit hatinya dia :p

Sebagai seseorang yang dikarunia paras rupawan, ace gue banyak banget penggemarnya. Seleranya terhadap cowok "terkenal" tinggi. Pacar2nya selalu tinggi, atletis dan berparas ganteng. Hal itu terjadi terus sepanjang masa remaja dia, sampai akhirnya ketika gue masih duduk di bangku akhir SMP dia dikirim bokap ke jakarta. Nah.. setelah itu gue kurang jelas deh mengenai pacarnya. Sampai suatu hari dia mengirim photo pacar terbarunya, gue rada heran waktu itu. Karena yang gue liat adalah seorang cowo tinggi , rada kurus, berkaca mata dan sepertinya gaya berpakaiannya rada2 "kuno" *ace gue seneng orang yang berpenampilan trendy dan keren* ditambah lagi ada kumis di atas bibirnya. whoaa jangan dibilang gimana herannya gue waktu itu hehehe.

Ketika gue tanyakan kembali hal ini kepada ace gue, dia hanya berkata "orangnya ganteng kok hanya keliatan jelek di photo doang, lagian yang paling penting dia itu baik banget dan sabar sekali".
Karena memang belum mengenalnya, gue diam aja waktu itu dan berharap bahwa inilah pacar terakhirnya. Pria tersebut memang menjadi pelabuhan terakhir buat ace gue, pria itulah yang menjadi abang ipar gue sekarang. Dan ternyata dia emang nggak sejelek yang ada di photo hehehe. Rupanya photo yang diberikan adalah photo lama dia, setelah jadian ama ace gue dia sudah tidak berkumis dan tanpa kaca mata lagi. Ketika dia dikenalin ke sodara2 gue yang lain, banyak yang bilang dia mirip dengan salah satu pemeran pria di film drama mandarin yang sedang di puter di tv waktu itu, namanya Ta wei *nama aslinya nggak tau*. Akhirnya sepupu2 gue pada manggil dia ta wei :)).

Gue bersyukur banget ace gue tidak salah memilih (perkawinan mereka sudah berjalan 8-9 taon dengan 2 anak laki2 yang lucu dan sekarang sedang mengandung anak ketiga). Abang ipar gue benar2 merupakan sosok suami yang ideal di mata gue, Dia tidak pernah segan2 untuk mengerjakan tugas2 rumah tangga ketika tidak ada tenaga pembantu di rumah. Dari mengepel, memasak, mencuci,dll tidak pernah menjadi masalah buat dia. Kualitas2 yang ada di dirinya gue harap bisa gue dapatkan di suami gue kelak *amien*.

Postur tubuh gue yang tidak terlalu beda jauh dengan ace gue, juga menjadi suatu keuntungan buat gue. kenapa untung di gue?? karena dengan demikian gue bisa minjem baju2nya dia hehehe. Apalagi yang namanya gaun malam untuk kondangan, bisa diitung dengan jari deh koleksi gue. Biasanya sih gue jarang ke kondangan, tapi semenjak pacaran ma jeff, doi nggak mau tau alesan gue, begitu dia dapet undangan pernikahan... gue kudu nemenin dia titik :). Jadinya seminggu sebelum acara, gue dah ngelancong ke rumah ace gue buat ngeliat2 baju apa yang bisa gue pinjem hehehe. Pernah kemaren, ada satu baju pesta yang baru selesai dijahit ama ace gue, belum pernah dipakai oleh dia, tetapi baju tersebut dipinjamkannya ke gue. Sambil sedikit bersungut2 , "gue aja belom pernah pake, ehh lu duluan yang ngeresmi-in". hehehe... muaacchhh ace gue emang baek banget :)))

Pokoknya seru banget deh punya kakak yang royal banget dan perhatian ama adeknya seperti ace gue itu. Ya... kadang2 kami sering beradu pendapat juga sih..., tapi 5 menit kemudian udah biasa lagi. Kadang2 sempat terlintas di pikiran gue juga.. seperti apa ya warna kehidupan persaudaraan gue , jika anak2 or-tu gue lebih dari 2? artinya bisa aja gue punya kakak lebih dari satu atau bahkan gue menjadi kakak buat adik2 gue yang lain.... seru 'kalii yaaaa??

So.. ada yang mau sharing tentang hubungan persaudaraannya??


ps:
re-post from single katolik
 
posted by l3l1 | Permalink |