Photobucket
Monday, June 28, 2004,10:57:00 PM
Pacar gue yg sabar, lembut dan penuh belas kasihan
Tanggal 8 juli nanti, gue dan jeff resmi pacaran 11 bulan. Selama tenggang waktu pacaran tersebut, rasa2nya kami nggak pernah bertengkar hebat. Kebanyakan hanya masalah tersinggung sedikit atau karena salah satu ada yg lagi bete.

Dari pengakuannya, jeff bilang kalo selama pacaran 7 taon ama mantannya dulu... style mereka juga begitu... jarang bertengkar besar2an. Gue jadi berpikir, apa karena pembawaan dia yg begitu sehingga setiap orang yg menjadi pasangan dia bisa jadi calm down dengan mudah? Pembawaan dia yg kalo nggak senang dengan sesuatu nggak langsung marah2, tapi mendinginkan diri dulu. Pembawaan dia yg kalo lagi bete, "hanya" jadi rada pendiam aja? Pembawaan dia yg kalo pasangannya melakukan sesuatu hal yg tidak menyenangkan, dia bisa begitu cepet memaafkan dan yg terpenting "melupakan?".

Yang jelas, selama gue menjalin hubungan dengan dia.. gue belajar banyak hal, terutama sikap dan cara menangani masalah ataupun konflik yg terjadi. Gue orang yg rada keras, tapi tergolong pemaaf : bila orang yg salah kepada gue meminta maaf dengan bersungguh2. Tetapi jika orang tersebut sudah salah, tapi masih mencari berbagai dalih untuk membela diri.. ataupun balik berargumen dengan gue.. biasanya emosi gue malah tersulut. Semakin lembut dan sabar orang memperlakukan gue, semakin nggak enakan gue jadinya. Tetapi semakin keras reaksi yg diberikan kepada gue, maka balasan gue akan lebih keras lagi. Mungkin karena itulah jeff sangat klop banget buat gue karena sifat lembut dan sabar dia yg bisa meredam sifat keras dan meledak2 yg gue miliki itu.

Tetapi lucunya, sumber perdebatan kami biasanya berkisar seputar masalah orang lain. Misalnya aja sabtu kemaren, ketika doi bercerita mengenai salah satu bawahan dia. Gue udah sering banget denger laporan "hari ini si anu nggak masuk" dari jeff ketika doi telfon gue *kita tiap hari telfon dan cerita tentang kegiatan dan kejadian yg terjadi pada hari itu*. Ditambah lagi cerita2 lain mengenai "si anu" ini yg mengindakasikan lemahnya dan malasnya orang ini. So, ketika kemaren doi cerita gimana nggak terimanya dia karena merasa si anu telah diperlakukan dengan tidak adil oleh rekan kerjanya, gue malah jadi sewot sendiri.

Critanya si anu ini tarohan bola ama si x dan udah 4 kali si anu kalah tarohan. Tarohannya sih cuman sebungkus rokok, dan semua tarohan yg kalah selalu dibayar oleh doi. Nah.. kemaren si anu yg menang, tapi berhubung dia nggak masuk hari itu.. maka rokoknya belom diambil. So, ketika keesokan harinya si anu masuk kantor, ditagihlah rokok tersebut kepada si x, tapi dengan santainya si x bilang,"eh.. kemaren kan anak2 ngumpul maen bulu tangkis tuh.. nah... itu rokoknya udah gue kasi'in buat rame2".

Okelah.. gue setuju ama jeff kalo tindakan si x itu nggak bener.. setuju banget malahan. Masalahnya... reaksi si anu hanya bisa bengong dan pasrah aja. Kenapa sih nggak protes dan menuntut haknya sendiri? Kenapa sih bisanya hanya mengadu dan berkeluh kesah ke jeff aja? Jadi orang punya nyali dikit napa sih? Kalo nggak suka ya ngomong terang2an aja, nggak usah misuh2 di belakang.

Nah... masalahnya, kejadiannya bukan hanya kali ini aja ... banyak banget yg udah terjadi dan si jeff udah sering banget nasehatin dia. Tapi sepertinya si anu emang susah berubah orangnya. Terkadang ada beberapa kejadian yg doi maunya orang lain yg menyelesaikan masalah dia tanpa dia sendiri perlu bersusah payah, taunya terima bersih aja. Gimana nggak sewot coba?

So, gue bilang ama jeff, "ngapain sih lu urusin orang kaya gitu? setiap orang punya tanggung jawabnya sendiri, mesti bisa ngurus diri sendiri... emangnya anak kecil?". Bukannya gue orang tanpa belas kasihan, cuman rasanya sia2 aja menolong orang yg nggak punya niat untuk berubah atau memperbaiki hidup dia sendiri.

Prinsip gue, cukup 3 kali aja gue kasi input ke orang... selebihnya kalo masih tetap begitu.. yaa itu urusan dia sendiri. Gue nggak akan ambil pusing lagi, lu mau idup lu bener ya kudu mau berubah dan berusaha sendiri. Tidak ada yg perlu dikasihani dari orang yg pemalas dan emang nggak mau merubah nasibnya. Seperti salah satu penjaga malam di kantor doi, yg suka mabuk2an dan berjudi. Jeff bilang kadang kasian liat orang tersebut yg ketika kesulitan uang mesti pinjam sana sini. Lho?? kenapa mesti dikasihani, dia yg cari masalah sendiri kok! punya uang siapa suruh berjudi atau mabuk2an? Gue nggak pernah bisa bersimpati dengan orang yg hidupnya sebenarnya nggak perlu susah tapi dibuat susah sendiri oleh dia. Wasting time aja berasanya.

Sebel juga sih.. walaupun nggak bertengkar, tapi kadang2 suasana yg bagus jadi rada sewot2an dikit. Hihihi gue yg sewot seh.. doi sih ketawa2 ajaa :D

Kadang2 berasa kalo gue ma jeff itu kaya bumi dan langit aja, tapi justru karena itulah kami cocok satu sama lain karena bisa saling melengkapi :)
 
posted by l3l1 | Permalink |