Photobucket
Saturday, October 28, 2006,9:53:00 PM
Menu favorit kenneth
Menu favorit kenneth

Bubur beras merah

1/2 sdm tepung beras merah
1 sdm tepung kacang hijau
1 sdm tepung beras merah sin sen
air matang secukupnya

note :
kalo gue siy takarannya pake sendok susunya S-26, kayanya siy kurang lebih setara dengan sendok makan deh.

Campur semua tepung, aduk rata. Kemudian didihkan dalam panci, sambil diaduk2 agar tidak mengumpal. Setelah agak kental, angkat. Saring dengan saringan kawat. Jika masih agak encer, tambahkan cereal beras , barley atau oatmeal.

Tepung beras merah ini gue buat dari beras merah organic yg gue blender halus sampai menjadi tepung. Tentunya untuk membuat tepung ini harus lewat beberapa kali penyaringan, kalo nggak bakalan banyak yg kebuang.

Kalo untuk tepung kacang hijaunya juga dari bahan organic, tetapi sebelumnya gue pisah2in dulu yg jelek2… karena kadang2 ada yg udah rada busuk, keriput, hitam, dll. Setelah dipilih sampe benar2 tersisa yg bagusnya, baru deh diblender halus dan disaring dengan saringan halus.

Untuk tepung beras merah sinsen with yang sen dan ikan bilis, bisa dibeli di toko lucky. Tepung ini buatan spore, di situ siy dikatakan instan… artinya tinggal diaduk dengan air hangat / mendidih… tapi gue selalu masak dulu tuh dicampur dengan tepung beras merah gilingan gue sendiri biar wangi n nggak terlalu amis karena tepung ini rada bau ikan.


Bubur pear wortel

60 ml jus pear kukus
30 ml wortel kukus
1 sdm cereal barley

Aduk pear dan wortel sampai tercampur rata, tambahkan cereal barley atau beras.

Kalo untuk buah, gue selalu mix semua buah dengan pear, karena kenneth itu paling suka dengan pear… jadinya biar dia mau makan gue campur deh dengan buah favorit dia. Mungkin di sinilah letak kepraktisan metode makanan sekali buat gue selama ini. Gue tinggal nyampur2-in aja makanan beku yg udah ada, kadang2 bisa sampe 3 macam karena kalo agak encer, gue kentalin lagi dengan cereal. Kandungan gizinya kan jadi lebih komplit.

Kemaren gue beli 20 kontainer kecil isi 60ml buatan jepang yg lagi sale di metro, pas banget deh buat naroh2 buah yg udah dijus trus di freezer-in. Kadang2 kalo nggak cukup gue taroh dalam pembeku es batu, yg kalo ditakar kira2 ada 30 ml 1 buahnya. Pertengahan september lalu ketika lagi jalan2 di cinere mall ada yg lagi jualan tupperware, pas banget ada pembeku es batu yg ada tutupnya… gue beli deh.. katanya tinggal satu2nya tuh karena spesial edition. Gue emang udah nyari2 ketika gue mulai membekukan makanan si kenneth tapi jarang ada tuh pembeku es batu yg ada tutupnya. Kalo keluaran lock&lock bentuknya biasa, ada 3 pembeku trus semua pembeku itu ditaroh ke dalam kontainer lagi. Isinya yg ada 3 trus wadahnya yg gede bikin nggak praktis, makan tempat dan mubazir karena satu jenis makanan biasanya cuman butuh 1 papan pembeku. Makanan2 yg udah jadi, gue taroh dalam kontainer lock& lock karena lebih kedap. Rubbermaid juga bagus siy, tapi harganya mahal bener siy…. Kalo tupperware gue kurang suka karena buka tutupnya kurang enak… kecuali produk2 yg agak jarang di pasaran baru deh gue pake tupperware. Ehh dia ada parutan keju yg mungil banget lho bentuknya, jadinya nggak banyak keju yg kebuang.. ntar kenneth kalo dah boleh mamam keju baru gue pake deh. Murah kok.. cuman 10 rebu harganya kalo gue nggak salah inget…

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: