Photobucket
Tuesday, March 06, 2007,12:10:00 PM
Cara bikin blog di blogger
Masuk ke www.blogger.com/start, kemudian klik create your own blog now (panah orange).

1. Create a google account : masukkan email, password, display name dan kode verifikasi yg muncul di layer dan jangan lupa beri tanda centang pada acceptance of termnya
2. Name your blog : isi judul blog dan alamatnya (misalnya “kisah hidupku” ; kisahku.blogspot.com)
3. Choose template : pilih salah satu template yg tersedia

Dari sini udah bisa ngeblog, cuman emang tampilannya sederhana banget… cuman ada komen aja…nggak ada shoutbox , dll.

Klik aja start posting, kemudian akan muncul layar yg terdiri dari 3 sub header : post, setting dan template.

1. Posting : terdiri dari create, edit dan moderate comment. Di bagian paling bawah kiri terdapat post option untuk mengijinkan atau tidak mengijinkan pembaca blog kita untuk memberikan komentar. Di sebelah kanan bawah terdapat kotak untuk mengisi label postingan kita dan tanggal serta waktu yg bisa kita rubah. Setelah selesai ngetik dan ingin langsung muncul diblog, klik publish, tapi jika masih ingin dirubah lagi nantinya klik save as draft.
2. Setting. Gue yakin kalo masalah setting pasti bisa deh… tinggal diklik2 aja, trus terserah kepada pilihan masing2.
3. Template. Klik di page element, nah akan muncul layar yg menampilkan layout blog secara basic. Untuk menambah gambar, teks, link, shoutbox, dll… tinggal klik aja add a page element, akan muncul window baru yg memungkinkan kita untuk menambah elemen baru diblog. Untuk menambah shoutbox, counter hits, flikr, dll , pilih html/javascript trus klik add to blog di layar baru yg muncul akan ditampilkan judul dan content dari javascript tersebut. Misalnya Shoutbox kita ingin dinamakan kotak ngobrol, maka ketik kotak ngobrol di titlenya. Sedangkan untuk contentnya, kita harus mendaftar dulu di web2 gratisan yg menyediakan shoutbox, misalnya www.oggix.com, www.creationcenter.com, etc (yg bisa dibrowse dari google). Terakhir jangan lupa klik save changes. Susunan dari elemen ini bisa di click n drag, jadi kalo mau dirubah2 letaknya tinggal tarik turun naik aja.

Gampang kan?? Kalo ada yg kurang jelas, Tanya aja di shoutbox atau komen blog gue 

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: