Photobucket
Monday, March 05, 2007,9:58:00 PM
Tidak tidur sepanjang malam
Bayi adalah makhluk kebiasaan, ciptakan kebiasaan baginya, maka mereka akan melekat padanya. Terutama kebiasaan yg menyangkut soal makanan dan perhatian

Pada bayi yg masih kecil, kebiasaan memberi susu dengan sering di tengah malam seringkali memang diperlukan dari segi nutrisi. Meskipun beberapa bayi tidak lagi minum susu pada malam hari ketika ia berusia tiga bulan, tetapi kebanyakan bayi berusia dua atau tiga bulan, terutama yg menyusui asi, masih membutuhkan satu atau dua kali minum susu selama malam hari. Tetapi, jika kebiasaan minum di malam hari ini masih berlanjut sampai bulan kelima atau bulan keenam, anda boleh mulai menduga bahwa bayi anda terbangun bukan karena ia butuh minum di malam hari, tetapi karena ia terbiasa untuk minum di malam hari ; lambung yg terbiasa diisi dalam jangka waktu tertentu di sepanjang hari, akan merasa kosong bahkan ketika ia sudah dipenuhi dan sebenarnya bisa bertahan lebih lama.

Walaupun bayi anda masih berhak untuk mendapatkan satu kali minum susu di malam hari, tetapi ia tidak lagi membutuhkan susu setiap tiga atau empat jam sekali. Secara bertahap, anda perlu mengurangi jumlah minum susu di malam hari sebagai persiapan baginya untuk tidur di sepanjang malam.

Berikut ini adalah beberapa cara melakukannya :

• Tambahkan jumlah susu yg anda berikan di malam hari sebelum tidur. Banyak bayi yg tertidur sehingga berhenti minum sebelum mereka betul2 kenyang dan dapat bertahan untuk tidak minum sepanjang malam; berikan kembali susu setelah anda membuatnya bersendawa, menggoyang2kannya atau melakukan tindakan lain untuk membangunkannya, dan lanjutkan sampai anda piker dia sudah mendapatkan cukup susu. Satu atau dua bulan lagi, ketika ia sudah mendapatkan makanan padat, anda dapat memberikan sereal atau makanan lainnya pada waktu makan malam sebelum tidur – meskipun belum dibuktikan secara ilmiah bahwa hal ini membantu bayi tidur lebih nyenyak sepanjang malam, namun seringkali hal inilah yg terjadi.

• Bangunkan bayi dan beri ia minum susu sebelum anda sendiri tidur malam; ini mungkin akan membuat ia cukup kenyang untuk bertahan selama enam atau delapan jam tidur anda. Sayangnya, beberapa bayi terlalu mengantuk ketika mereka dibangunkan sehingga tidak dapat minum banyak, namun demikian, minum yg sedikitpun dapat membantu ia untuk bertahan satu atau dua jam lebih lama daripada sama sekali tidak minum susu di saat tersebut. (tentu saja hentikan usaha ini jika bayi anda malah makin sering terbangun. Bisa saja usaha anda untuk membangunkannya membuat ia lebih sering terbangun sendiri)

• Pastikan bahwa bayi anda mendapatkan cukup makanan di sepanjang siang. Jika tidak, maka ia menggunakan waktu makan di malam hari untuk mengejar ketinggalan masukan kalorinya. Jika anda piker bahwa hal inilah yg terjadi, pertimbangkan untuk lebih sering menyusui di siang hari untuk merangsang produksi susu. Jika bayi anda mendapatkan susu botol, tambahkan jumlah forula yg anda berikan setiap kali minum. Tetapi berhati2lah karena bagi beberapa bayi yg diberi susu setiap dua jam sekali, terbentuk pola makan dua jam sekali, dan pola ini berlanjut selama 24 jam

• Bila ia terbangun dan minta makan setiap dua jam (mungkin perlu bagi bayi yg baru lahir, tetapi tidak perlu bagi bayi berusia dua atau tiga bulan yg pertumbuhannya pesat), usahakan untuk memperpanjang waktu di antara waktu makan, setiap malam atau dua malam sekali tambahkan setengah jam lebih lama. Saat bayi anda mulai menangis, janganlah cepat2 anda memberinya minum, tetapi berilah ia kesempatan untuk tertidur kembali dengan sendirinya – ia mungkin akan mengejutkan anda. Jika ia tidak tertidur kembali, dan mulai menjerit, cobalah untuk menenangkannya dengan tidak mengangkatnya dari tempat tidur – menepuk atau menggosok punggungnya, nyanyikan lagu lembut pengantar tidur atau nyalakan mainan musik yg ada di tempat tidurnya. Jika setelah cukup lama tangisannya tidak juga berhenti (pada tahap ini berikan waktu selama lima belas menit), barulah angkat dia dan tenangkan dia di lengan anda, dengan mengayun2, memeluk atau meyanyikan lagu. Jika anda menyusui, taktik menenangkan ini akan lebih baik jika dilakukan oleh ayah bayi – bayi yg disusui asi akan sulit dialihkan perhatiannya dari keinginannya untuk menyusu jika ia dapat mencium “sumber makanannya”. Biarkan ruangan tetap gelap dan hindari percakapan atau hal lain yg dapat merangsang keaktifannya

Bila setelah semua usaha ini bayi tidak juga dapat tidur kembali dan tetap minta minum, maka berilah ia minum – tetapi pada saat ini anda telah memperpanjang waktu sedikitnya setengah jam lebih lama daripada sebelumnya. Diharapkan bayi anda akan mencapai pola barunya dalam beberapa malam dan tidur setengah jam lebih lama pada setiap waktu di antara waktu2 minum susu. Secara bertahap, usahakan untuk memperpanjang waktu sampai bayi hanya mendapatkan satu kali minum susu di malam hari, yg mungkin tetap ia butuhkan sampai dua atau tiga bulan mendatang

• Kurangi jumlah susu pada saat minum yg ingin anda hilangkan. Kurangi jumlah cc susu formula yg ada dalam botol atau jumlah menit selama bayi menyusui (setiap kali kurangi dua menit). Teruskan kurangi pada setiap malam atau dua malam sekali. Pada bayi yg menerima susu formula, bisa juga formulanya lebih dicairkan, secara bertahap tambahkan jumlah air atau persedikit jumlah formula setiap malam sampai hanya tinggal air pada waktu2 minum yg ingin anda hilangkan. Pada saat itu, beberapa bayi akan memutuskan bahwa sia2 saja untuk bangun jika hanya mendapatkan botol berisi air dan lebih memilih untuk terus tidur. Tetapi banyak pula bayi yg akan memilih botol berisi air daripada tidak mendapatkan botol sama sekali, dan akan terus terbangun untuk mendapatkannya. Tetapi karena laparnya bayi tidak akan terpuaskan dengan air, pada akhirnya anda akan dapat menghentikan siklus minum ini (bicarakan dengan dokter sebelum anda mengencerkan formula untuk memastikan bahwa anda tidak mengurangi jumlah kalori yg dibutuhkan)

• Tambahkan jumlah susu yg anda berikan pada saat minum malam hari yg tetap akan anda lanjutkan. Misalnya, jika bayi anda bangun pada tengah malam,pukul dua atau pukul empat, mungkin anda ingin menghapuskan waktu minum yg pertama atau yg terakhir. Ini akan lebih mudah dilakukan bila anda menambahkan, jumlah susu pada waktu minum yg di tengah malam, baik susu dari payudara ibu maupun susu dari botol. Jika bayi hanya minum sedikit, maka jumlah tersebut tidak akan bertahan lama.

• Jangan mengganti popok bayi di tengah malam, kecuali jika sungguh2 diperlukan

• Jika anda tidur satu kamar dengan bayi, maka sekarang adalah saat yg tepat untuk mempertimbangkan berpisah kamar dengannya. Keberadaan anda di dekatnya mungkin menjadi penyebab seringnya ia terbangun, dan seringnya anda mengangkatnya dari tempat tidur.

Sumber : what to expect the first year

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: