Photobucket
Friday, August 24, 2007,10:37:00 AM
Pengaruh buruk tivi pada anak
Ngomongin soal dvd, kayanya dvd baby koleksi gue dah cukup lengkap deh. Dari baby Einstein ampe brainy baby lengkap semua. Brightening mind juga ada semua. Baby babble dari talking child juga ada. Little Einstein cuman yg seri our huge adventure aja yg Kenneth suka. Kalo barney, teletubbies, Thomas, strawberry shortcake, dora, Winnie the pooh.. semuanya dia nggak suka. Untungnya gue cuman beli satu2 doang, liat dia tertarik apa nggak.. kalo nggak suka yaa gue nggak beli lagi. Kemaren dulu ketemu blue’s clue ternyata dia lumayan suka, tapi cuman yg seri alphabet power doang…3 seri laennya dia ogah nonton.

Kenneth itu suka semua yg berhubungan dengan alphabet dan angka2, tapi sampe sekarang gue belum ngeliat siy dia itu udah tau abjad dan angka apa belum?? Nggak ada indikasi ke arah sana. Pemikiran gue siy, masa saban hari nonton kagak ada satupun yg nyantol? Mungkin nanti ketika dia udah gede-an… semua baru pada keluar ‘kali yaaa.

Nahhhh….. ternyata, ama dokter irawan kemaren… katanya baby yg sering nonton tivi itu nggak bagus, karena tivi itu searah dan pasif sifatnya, padahal tiap nonton selalu gue dampingi dan jelasin lho, tapi tetep aja kagak boleh katanya. Trus gue bilang tivinya cuman waktu minum susu dan makan doang dok, tetep aja ngak boleh katanya. Alhasil, sekarang no tivi lagi hehehe.

Karena ngak ada tivi, jadi efek ke minum susunya deh. Soalnya tiap pagi sekitar jam 6 gitu dia kan baru bangun tidur, biasanya langsung gue kasi susu 140 ml (kadang habis, kadang sisa sekitar 20 ml) sembari nonton dvd kesukaan dia. Jadi gue baringin di bantal trus dia pegang sendiri botolnya sampe susunya habis atau sampe dia udah nggak mau minum lagi. Nah… gara2 nggak ada tivi ini, susunya suka sisa banyakkk…. Kemaren cuman nyedot 10 ml doang, sisanya terpaksa dibuang. Sehari jadi minum 2 botol susu doang, padahal biasanya bisa 4-5 botol !!!!!! Walo susunya sedikit, makannya cuman nambah dikit doang… teorinya karena lapar, harusnya dia makan jauh lebih banyak dari biasanya…. Tapi tetep aja kagak efek hiks…

Kemaren waktu imunisasi beratnya 11.9 kg, tingginya tetep 83 cm.. tapi gue ngak yakin soalnya patokan gue, lemari rias gue dulunya barang yg ditaroh di bagian paling atas masih belum bisa kejangkau ama dia, tapi sekarang udah kejangkau ama dia (yg bagian tepinya doang siy). emang susah buat ngukur tinggi badan dia skarang, karena dia ogah dibaringin… kalo kita rada maksa buat dia diem di posisinya, maka dia bakal ngeronta2… dikira mau diapain ‘kali yaaa….


Mengenai masalah efek nonton tivi ini gue juga nggak gitu yakin siy, berdasarkan artikel yg gue baca kata steven camarata yg ahli late talker, katanya tivi nggak banyak hubungan dengan late talker… karena di rumah dia nggak ada tivi, tapi tetep aja anaknya late talker juga. Kalo di buku what to expect emang dibilang kalo tivi itu ngak baik karma sifatnya yg searah itu dan itu gue juga udah aware dari awal, tapi gue berasa kalo gue dampingi dan jelasin… mestinya siy nggak jadi pasif gituuu…. Udah gitu gue merasa Kenneth tau apel, bebek, bola dan balon itu dari tivi karena ke-4 barang itu emang sering muncul di dvd2 favorit dia. Tapi ya sudahlah… nggak ada salahnya coba terapin apa kata dokternya.

Tadi pagi gue ajak jalan2 di taman yg banyak tanjakannya. Biar dia nanjak2 dan habis energinya, itung2 gue juga ikutan olahraga karena nanjak sana sini ngikutin dia. Gue udah lebih pede ngelepas dia nanjak2 atau turun dari bukit2 kecil di taman ini, soalnya gue liat keseimbangan tubuh dia udah bagus (sepertinya karena sering berdiri di tiang tengah hanger handuk itu deh). Dia bisa naik ke bukit2 kecil ini dengan berjalan biasa, bukan merangkak. Kalo turunannya agak terjal dia jalannya agak2 merunduk sedikit… kalo nggak terlalu terjal, dia pede aja jalan seperti biasa dengan tempo yg lebih lambat ..mungkin dia bisa merasakan gaya tarik ke bawahnya. Niy anak emang seneng kegiatan outdoor sehingga bukannya gue yg ngarahin dia mau jalan kemana, malahan gue yg ngikutin dia jalan kemana. Waktu nyampe di trotoar jalan utama, di sepanjang jalannya kan banyak buah yg mirip mangga tuh jatoh dari pohonnya (ngak tau deh pohon apa namanya), nah.. tuh buah dipungutin ama dia. Dipegang sepanjang jalan…. Karena udah pada mau busuk, cepet2 gue angkat dia dari situ… trus bawa ke tengah taman… eh.. dia mogok jalan, tiap dilepas langsung lari ke arah trotoarnya terus.. dia bisa ngenalin jalannya walopun gue udah pindahin dia ke tempat yg beda arahnya, akhirnya terpaksa gue gotong pulang deh…. Sembari dia jerit2 kesel karena masih mau maen di sana…

Satu hal yg masih jadi misteri buat gue, kenapa kalo tiap dibawa jalan ama opanya.. dia ogah jalan sendiri, maunya digendong! Tiap diturunin dia ngotot minta gendong, alhasil.. tiap pulang dari jogging, tangan opanya jadi pegel2. Tapi kalo ama gue, dia malahan nggak mau digendong, maunya jalan sendiri. Tadi gue mikir2 sepertinya karena kalo dia jalan ama gue… gue nggak terlalu ngekang dia, artinya dia kesana kemari gue cuman liatin aja… mungkin ama opanya, suka dilarang megang ini itu (karena kalo lagi jalan dia suka mungutin batu atau barang2 nggak penting laennya… yg taulah.. rada kotor gituuu). Kalo ama gue, selama nggak jorok2 banget dan nggak masuk ke mulut, biasanya gue biarin aja… ntar nanti di rumah tangannya baru gue cuci. Jadi mungkin di pikiran dia, daripada capek jalan tapi nggak boleh ini itu, mendingan gue digendong aja deh hihiii gitu ‘kali yaaa…..

Kemaren selama 2 hari, tiap pagi dan sore tiba2 kebangun trus manggil2 di depan pintu pa… papa.. paaaa… apo… soalnya ketika opanya nginap di sini, tiap dia manggil2 opanya langsung datang dan bawa dia jalan2…. Sekarang siy udah nggak lagi. Emang cara paling gampang ngambil hati anak kecil yaa sering2 bawa dia jalan hehehe
a

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


3 Comments:


  • At Fri Aug 24, 11:35:00 AM 2007, Blogger Vera

    lel..ga juga kayake, kt dr agus sehari stgh jam gitu msh ok..dulu gw pernah nanya ke dia..emang ktnya efek tv buat ke anak ga bagus spt yg lu ngmg itu jd ga boleh terlalu sering. gw skrg udh jarang ksh ntn einstein lg (punyanya cuman itu hehe) tp ksh denger lagu or cerita2 gitu yg pk 2 bhs, mandarin dan inggris diksh istri bos gw 1 kotak 4cd. gw pengen copy ke lu tp ken ga bs mandarin yah takut nanti malah ngacauin pola ajar lu ke dia...gw copy ke jovan, anaknya temen gw. jd sambil susu bs sambil dengerin..ada musiknya jg..

    udh itu gw liat wilbert bs tiru suara2 yg dlm cerita itu kdg ada suara binatang...skrg kl kita ngmg jg dia sering ikutin yg gampang2 kayak oke, hatchi, gih ma lai2 yg da jelas.

    kasian jg ken kl ga diksh ntn tv lg :( bukannya dia bljr dr sana jg tau apel bebek dll hehe..btw, ken da hebat yah bs jalan kesana kemari lancar gitu..rambutnya da tumbuh tuh..da rata :-)

    hv a nice weekend..

     
  • At Fri Aug 24, 01:04:00 PM 2007, Anonymous Yulian

    lel, jeslyn dari umur 1thn-an tiap hari pasti nonton dvd. dulu dia senengnya barney + dvd lagu anak2 versi english + mandarin.
    kasian deh kalo ken ampe bener2 ga nonton hehe. gw setuju ama yg elo bilang, nonton tapi didampingi.

    hehe ga pernah test, lel.
    kayaknya biasa aja sih.
    ada loh tmn blog yg anaknya lebih tua 1bln dari jeslyn, uda bisa baca! jadi maminya tinggal diktein, dia bisa nulis sendiri apa yg maminya sebut.
    itu baru diatas rata2 kali ya :D

     
  • At Fri Aug 24, 11:26:00 PM 2007, Anonymous Anonymous

    iya katanya sih tipi jelek, anak kaya dicekokin gambar² gitulah keotaknya,jd ga punya daya imaginasi, tp teteup ajaaa..gw pasang tipi buat C,hahaha..biz hiburannya dia sih,cuma pagi aja jadwalnya..byk kartun kesukaan.

    Juju