Photobucket
Sunday, March 16, 2008,11:45:00 PM
केबन्यकन teori
Baca komen pucca jadi lucu niy... emang tuh, kadang2 kita ngak boleh terlalu banyak berteori dulu sebelum menjalani praktek hahaha

Gue dulu sering banget kasi input ke cici gue sehubungan dengan anak2nya. Apalagi si marco yg agak2 manja dan harus diturutin semua kemauan dia. Ternyata huhuhuu setelah punya anak, anak gue kae gituuuuu. Padahal tuh, gue ngak pernah manjain dia lhoo... Makanya gue diketawain abis ama cici gue, lu siy.. sering ngatain anak orang.. makanya sekarang berasa sendiri lo...

Dulu waktu bakal serumah ama bonyok jeff, gue dah takut aja dia bakal dimanja ama opanya.. secara opanya tuh model orang yg sayang banget ama cucu dan selalu ngebelain klo anak lagi diomelin atau dipukul oleh orang tuanya (berkaca ama jojo anak ipar gue). Tapi ternyata kekhawatiran gue ngak terjadi tuh... mungkin mereka ngeliat sendiri gimana pembangkangnya si kenneth. Gue heran deh, tuh anak belum 2 taon aja dah berani melawan kita.... tsahh....

Jadinya sekarang gue emang agak kepikiran.. secara EQ itu penting banget buat masa depan dia dan gue liat EQnya dia tuh ngak gitu bagus. Masalah IQ gue ngak terlalu pikiran lah... secara dia tuh gue yakin bukan anak yg di bawah rata2 .. klo pun IQ nya masuk rata2.. gue juga ngak takut... secara abis baca di laskar pelangi, ternyata ironis banget.. anak yg genius malah berakhir jadi sopir truk dan anak yg dulunya dianggap paling "belakang" ternyata malah punya dua gelar di namanya. Yg paling penting tuh emang semangat pejuang... keinginan untuk maju.. itu yg paling penting deh. Tentu aja bukan hanya gara2 laskar pelangi gue jadi punya pendapat begitu hehehe... dalam keidupan nyata juga bisa diliat kan bukti nyatanya... IQ yg tinggi, tanpa ditopang dengan EQ yg bagus.. tidak menjamin seseorang bakal sukses di dunia kerja maupun di lingkungan sosialnya...

Kenneth itu agak kurang gigih dalam berusaha menurut gue, kadang2 klo mobilnya nyangkut dikit aja.. dia dah teriak2 kesel minta dibantuin, padahal hanya butuh sedikit usaha sebenernya untuk menarik mobilnya keluar. Makanya gue selalu wanti2.. klo persoalannya sepele, biarin aja.. biar dia berusaha sedikit, jangan dikit2 dibantuin. Ketika dia lagi bersosialisasi dengan anak2 seusia dia gue juga berusaha nerapin hal yg sama, misalnya ketika dia terlibat rebutan maenan ama anak yg lebih kuat atau lebih gede dari dia, gue hanya mengamati aja.. tidak langsung ngebantuin. Maksud gue siy biar dia belajar problem solving dari kecil, jangan selalu ngandalin bantuan kita. Kalo udah skul nanti ngak mungkin kan kita protek anak kita terus, makanya kudu dibiasain dari kecil nyelesein masalah sendiri.

Tapi pernah siy ada kejadian lucu, di skul dia ada anak yg suka banget mukul anak laen. Nah.. kemaren kan dia rebutan maenan ama kenneth, yaaa pikiran gue pasti kenneth berada di pihak yg rugi *alias bakal diserang atau dipukul gitu*, so gue bilang ke bs-nya, biarin aja sus.. ngak apa2 kok. ternyata.. ternyata maenannya berhasil ditarik ama kenneth, trus tuh anak nangis hahaha. Pantesan tuh bs-nya... ngeliatin gue dengan pandangan aneh ketika gue bilang biarin aja sus hihihi....

Kemaren dulu cici gue sempet bawa si marco untuk test iq ke psikolog sekalian mungkin nanya 'kali perihal penanganan anak ini. Ama psikolognya dibilangin, anak ngak boleh dipukul.. karena lama2 bisa kebal. Bagusnya tuh dicuekin aja.. ntar dia bakal berasa sendiri. Klo dia nanya kita, baru kita jelasin.. kenapa kita ngak suka dia berbuat hal tersebut. Ya.. klo marco kan dah SD.. nah kenneth? gue dah nerapin cara yg agak keras *dicubit klo ilang kesabaran* dan setelah denger cerita cici gue, gue banting setir.. kagak pernah keras ama dia.. tapi sepertinya malah jadi ngelunjak hiks. Si marco sendiri IQ-nya lumayan tinggi, di atas 130 klo gue ngak salah.. masuk golongan superior.. tapi ya itu... egois banget... ngak ada mau ngalahnya ama adiknya Dio.. sering banget deh si Dio ditendang ama dia, padahal badannya segede gaban dibanding ama Dio yg tipis badannya. Tsah... pusing deh klo kenneth sampe kae gituuu....

Beneren.. dia itu klo misalnya minta es niy, trus kita bilang no no.. masih pagi, ntar aja abis makan baru mommy kasi. Dia bakal banting kaki, trus mukanya tuh yg muka marah gitu.. sembari ngomong ahh dengan marah dan kalo ada barang di deket dia, bakal dia lempar. Kadang2 mobilnya dilempar, kadang dia ambil kursi yg gue pake buat duduk depan kompie, trus dilempar dengan emosi. Bener2 kae kita orang dewasa lagi marah ngebanting2 barang gituu.... tsaah... padahal tuh, dia ngak pernah gue kasi tontonan yg semacam itu.. (film2 kekerasan atau sinetron ngak mutu). Tontonan dia ya tontonan baby semua... gue ama jeff kalo argumen juga berusaha ngak depan dia. huhuhuu kenapa jadi begini yak....

Tapi untungnya (dasar orang indo) dia tau limit siy, klo gue dah ninggiin suara dan pasang tampang sangar ke dia karena tingkahnya yg ngelawan dah keterlaluan.. dia bakal pura2 manggil gue... mii... trus deket2 gue.. entah meluk gue lah.. entah cium gue lah.... ahhhh klo dah gitu .. entah nguap kemana deh keselnya gue hehehe. Palingan gue cuman bilang, laen kali jangan begitu ya... bla bla bla... Tapi ya gitu, masuk telinga kiri keluar telinga kanan.... kaenya gue kudu hunting buku parenting lagi niy

Huhuhu berasa jadi orangtua yg ngak becus niy ... gagal ngedidik anak berperilaku baik.... huhuhu

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


5 Comments:


  • At Mon Mar 17, 06:44:00 AM 2008, Anonymous Anonymous

    waduh keras bgt ya kenneth klo gi marah, takutnya keterusan sampe udah gede. Kadang gw jg frustasi klo C ngambek, ga tau mesti diapain..pukul takut kebiasaan, ngomel ya ga didenger jg..Capee deee!!C takutnya klo dah gw reject aja, gi ngambek gitu gw suruh dia jauh-jauh, lsg deh manis lg..

    JuJu

     
  • At Mon Mar 17, 01:11:00 PM 2008, Blogger Arman

    hehe namanya juga sama2 belajar lel... anak nya juga belajar karena dia baru sekali ini jadi anak, kita nya juga belajar soalnya ktia juga baru sekali ini jadi ortu dia. even kalo punya anak kedua pun kita tetep belajar lagi, karena watak anak kan beda2 ya... :)

    enjoy aja lah... emang sifat anak beda2. ya kita pasti usahain ngajarin yang terbaik buat anak, tapi jangan sampe berasa gak becus dong lel... :)

    inget2 deh... you're the best parents for your own kid! itu udah pasti! :)

     
  • At Mon Mar 17, 08:03:00 PM 2008, Anonymous ria

    emang klo jadi komentator most of the times kita suka sok tau..klo jalanin sendiri baru deh ngos"an...

    apa mungkin kenneth perlu dikasih adek lel?...hehehehehe...siapa tau...

     
  • At Mon Mar 17, 08:41:00 PM 2008, Blogger Pucca

    haha..kan Tuhan gak pernah mmeberikan cobaan di luar kemampuan lel.. dan mungkin buat kasus lu, di bawah kemampuan juga nggak..haha :D
    jadinya lu dapet yang sesuai ama lu deh, supaya lu tetap merasa tertantang tiap hari hehe :P
    lel..postingan lu yang ini kok semuanya merah ya tulisannya? jadinya kaya bisa diklik gitu?

     
  • At Tue Mar 18, 07:49:00 PM 2008, Blogger Vivie

    emang ya lel punya anak tuh konsekwensinya tinggi......apalagi kalau anak kita tipe anak yg aktif dan sensi udah dech.....emaknya bisa di bikin peningg. Dan kita hanya bisa minta bimbingan Tuhan supaya kita bisa mendidik anak kita dengan baik sampai besar kelak....Good luck lel...GBU