Photobucket
Thursday, April 05, 2007,12:53:00 PM
Nggak terasa ya udah 2 bulan lebih gue jalanin prudential… mungkin karena peruntungan shio kelinci emang lagi bagus di taon babi ini ‘kali yaa… sehingga hasilnya lumayan banget deh buat orang yg cuman kerja satu hari dalam seminggu doang hehehe. Abisnya si jeff kan bakal training terus ampe oktober, jadinya waktu gue cuman ada di hari minggu doang. Pusing juga ngatur waktunya buat prospek orang, jadinya gue nggak berani prospek dulu kalo emang waktu gue belum ada. Udah beres yg satu, baru prospek lagi yg lain. Takutnya kalo sambar sana sini, guenya nggak bisa handle … jadi berabe :D. Seperti kemaren, gue sampe pontang panting sana sini ketika ipar jeff ngambil 4 polis ke gue, tapi dianya dah mau ke china seminggu lagi. Kebayang nggak siy pusingnya…..? untung nggak kena medical check up sehingga masih keuber… tapi gue belum lega bener karena baru 1 polis yg ketaun udah issued, yg 3 lagi masih blum ada kabarnya. Takut banget gue kalo ada yg kurang n kudu tanda tangan dia, sedangkan orangnya udah beranat kehina senin kemaren.

Dari pengalaman gue nawarin ke orang, mostly yg punya kesadaran tinggi akan manfaat insurance ini adalah dari kalangan kantoran. Kalo yg wiraswasta kebanyakan selalu menilai dari segi business profitnya. Padahal insurance itu dibeli karena ada beberapa orang yg tetap harus hidup, ketika sang pencari nafkah sudah dipanggil duluan ama yang DiAtas. Yang dilindungi adalah nilai ekonomi keluarga. Jadi, ibarat sedia payung sebelum hujan, bila seseorang telah divonis menderita suatu penyakit tertentu, berarti ia telah terlambat untuk memberikan manfaat insurance kepada keluarganya karena nggak mungkin dong perusahaan asuransi mau terima kita kalo udah ketaun ada penyakit kritisnya. Secara gamblangnya insurance bukanlah uang yg dikeluarkan melainkan uang yg akan kita berikan kepada orang2 yg kita kasihi suatu hari nanti. Kalopun kita sehat2 saja selama masa kontrak tersebut, toh kita nggak rugi karena uang yg kita bayarkan tetap ada nilai tunainya, bahkan jika iklim investasinya bagus… turn overnya bisa jauh lebih tinggi dari suku bunga di bank..

Ada sodara dari ipar jeff yg mau ngambil pru ke gue, trus dia bilang.. mendingan nggak usah pake nama suaminya karena kesehatan suaminya kurang oke sehingga takutnya ntar jadi ribet urusannya. Trus gue bilang… justru di situlah letak manfaat insurance ini, jika terjadi apa2 sama suaminya dia ngak akan kelimbungan. Emang siy lebih enak buat gue pribadi karena urusannya jadi gampang, tapi gue merasa harus membuka pikiran dia akan hal ini. Jika emang dia merasa lebih baik seperti itu, ya itu hak dia…. Jangan sampai sebagai agen kita maunya terima untung aja… padahal proteksi yg dia dapat belum maksimal.

Mungkin itulah sebabnya kadang2 ada image insurance itu masuknya gampang, ntar giliran mau claim ribet dan berbelit2. Padahal sebenarnya tidak sulit jika waktu masuknya kita jujur dan apa adanya dengan semua data yg kita berikan. Misalnya ketika kita ditanya pernah rawat inap nggak? Kita jawab nggak pernah, padahal 3 bulan lalu kita baru nginap di RS selama 1 bulan karena penyakit typus. Nah… seandainya setelah permohonan insurance kita diterima trus kita masuk RS lagi n kudu dirawat inap… ketika kita claim ke pihak insurance, mereka akan check dulu dong…. Jika mereka find out kalo kita pernah rawat inap sebelumnya, jangan harap mereka bakal bayar claim kita karena kita udah nggak jujur dengan data kita. Malahan bisa2 kontrak kita bisa dibatalin ama mereka karena kita nggak punya good will waktu masuknya.

Gue pikir siy wajar2 aja kalo pihak insurance selektif ketika kita mengajukan permohonan untuk masuk karena manfaat yg akan mereka bayarkan ke kita emang besar sekali. Misalnya crisis cover, jika seandainya setelah 90 hari insurance berjalan kita kena salah satu penyakit kritis.. mereka akan mengambil alih kewajiban kita untuk membayar premi sampai umur kita 65 tahun. Kebayang kan jumlahnya? Jadi yaa worth it lah gue bilang.

Koko ipar gue kan kemaren masukin 1 buat dio, n kebetulan dia emang pengidap thalessamia minor. Jadi kemaren dia sampe lama banget dah lewatin prosedur2nya, sampe check darah 2 kali. Terakhir keluar hasil, akhirnya kena sub standar… artinya… manfaat insurance yg dia terima dibawah standar normal. Misalnya jika orang laen dengan kondisi dan premi yg sama bisa dapat UP sekian, dia cuman dapat 60%nya. Sub standar ini beda2 perhitungannya, tergantung resiko yg ada.

Kemaren siy cici gue mau masukin 2 lagi buat marco dan sasha , padahal sasha itu udah ada pru cash yg di spore dan tabungan pendidikan di danamon, begitu juga dengan marco… tapi tetap aja dia berasa kurang. Gara2nya dia baca di salah satu tabloid mengenai curhatnya istri chrisye yg bilang kalo smua harta benda mereka udah ludes buat biaya pengobatan kankernya, tapi untungnya meraka punya asuransi pendidikan buat semua anak2nya sehingga dia masih tidak terlalu kuatir dengan biaya pendidikan anaknya.

Ada juga orang yg berpikir sekarang dia belum butuh insurance karena kondisi kesehatannya mash prima dan umur masih muda. Lah…. Yang namanya accident, penyakit … nggak pernah ngetok2 dulu lho waktu datang… coba deh Tanya sodara2 yg ditinggal pergi ama korban Adam Air , kelintas nggak dalam pikiran mereka bakal ditinggal pergi ama keluarganya? Pasti nggak kan?? namanya juga proteksi, yaa kudu ada sebelum kejadian dong… bener nggak?

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


1 Comments: