Photobucket
Tuesday, June 26, 2007,7:43:00 PM
Kadang2 gue kasian juga ama anak2 yg cuman dijaga ama baby sitter doang tanpa pengawasan pihak keluarga. Kemaren waktu Kenneth dibawa jalan ke taman, ada anak yg lagi ditaroh di stroller ama baby sitternya. Padahal tuh anak pengen banget maen di bawah, tapi diiket di stroller aja ama susternya. Udah gitu dia sibuk ngoceh2, susternya diem aja…nggak diladenin. Mungkin kalo ditaroh di bawah susternya bakal capek jagain dia, karena dia baru belajar jalan. Katanya siy dia udah mau berhenti bulan depan. Kedua orang tua anak ini bekerja, dan di rumah cuman ada baby sitter dan 1 pembantu yg pulang rumah (nggak nginap gitu). Katanya capek soalnya majikannya suka nginap di rumah orangtuanya di kuningan, jadi bolak balik gitu. Udah gitu neneknya anak ini katanya cerewet. Pasangan ini masih muda, anak tersebut adalah anak pertama mereka, sepertinya siy seumuran ama gue dan jeff gitu.

Emang dilemma ibu bekerja ya itu ‘kali yaaa, suka ngga sreg ama kerja baby sitter, tapi kadang2 terpaksa ditahan2 karena belum ada pengganti ato merasa kalo ganti juga belum tentu dapat yg lebih baek. Kalo udah gitu sebenernya yg jadi korban adalah anak. Kemaren dulu sempet ada obrolan di forum anakku soal BS ini. Kasian banget… ada yg anaknya ditabok kalo nggak mau makan, hiii serem banget. Belum lagi… ada yg anaknya nggak mau tidur, digantungin badannya dalam posisi terbalik dari jendela. Bayangin gimana traumanya anak yg disakiti seperti itu. Kalo nggak nanggorin langsung, mana kita bisa tau kalo anak masih kecil dan belum bisa ngadu? Karena secara fisik nggak keliatan bukti kekerasannya ama anak. Ada juga yg anaknya masih baby, waktu tidur pintu dan jendela ditutup rapat… sang pengasuh keluar ngobrol2 ama tetangga. Kasian banget anaknya yg ketika ditemuin ama majikannya udah basah kuyup badannya ama pipis dan kamar yg pengap karena ditutup habis ama pengasuhnya yg lagi keluar. Yg bikin bahaya adalah jika anaknya udah bisa merangkak ke sana kesini, tapi waktu tidur ditinggal gitu aja ama pengasuhnya.. takutnya ketika bangun, dia merangkak ke tempat yg berbahaya tanpa ada yg ngawasin. Duh… kalo ada apa2 palingan pengasuhnya cuman bisa bilang maaf bu…. .. emangnya anak bisa diganti…??

Kadang2 gue berasa siy, gue aja yg orangtua sendiri bisa rada abis ambang batas sabarnya ama anak… apalagi orang yg bukan darah dagingnya sendiri. Mungkin kalo anaknya nggak susah lebih nggak rentan di abuse, tapi klo ketemu anak yg susah dijaga… bisa bahaya banget. Mungkin buat ibu yg ninggalin anak kudu rajin2 mantau perkembangan anak, terutama perkembangan mentalnya. Ada yg berbeda banget nggak dengan kepribadian anak. Anak yg di abuse itu kan kebanyakan nggak bahagia gitu…. Kadang2 malahan kalo ditinggal orangtuanya, dianya jadi ketakutan… mungkin merasa ngak ada orang yg melindungi dia ‘kali yaaaa.

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


3 Comments:


  • At Wed Jun 27, 09:58:00 AM 2007, Blogger Mom & Jeslyn

    kalo dah baca kyk ginian, gw jd pengen beneran di rumah deh. apalagi kmrn 10 harian sama jeslyn terus.
    cuma ga tau juga ya..mungkin krn ada nykp & ade gw, jd gw ga bete. kalo mrk dah pulang, bisa bete juga di rumh aja sementara jeslyn skul.
    kalo program anak...pengennya tetep shio kebo sih, jd bikinnya pertengahan thn dpn hahah

     
  • At Mon Jul 02, 08:21:00 PM 2007, Anonymous Monika Tanu

    Hi Lel,
    Pa kabar? Sekarang blog kita jadi blog ibu-ibu nih... :) Bentar lagi cerita gue juga cerita soal anak dah :D Iya, kayanya emang ibu ngantor di luar tu mau ga mau mesti tutup kuping kali ya soal ginian... abisnya mo gimana lagi, don't have the luxury to work from home...? Semua ada kekurangan kelebihannya kali ya...

     
  • At Tue Jul 03, 04:44:00 PM 2007, Anonymous arman

    emang serem ya ama bs2 yang gak bertanggung jawab itu. heran kok ada orang gak bermoral gitu ya.

    ini juga jadi bahan diskusi kita kok pas sebelum punya anak. dan kalo buat kita sih, gak ada 1 pun BS di dunia ini yang bisa kita percaya. jadi selama anak belum bisa ngomong, sebaiknya diurus sendiri (dibantu bs sih ok tapi harus diawasi sendiri). nanti kalo anak udah bisa ngomong dan udah sekolah, baru dah ok ok aja kalo ditinggal kerja, tapi tetep harus diawasi keluarga (ortu/mertua). sampe kapanpun bs gak bakalan bisa dipercaya 100%.

    yang jadi dilema tuh emang balik2 masalah duit ya. makanya kudunya suami istri mesti kerja. tapi gimana ya.. daripada anak kenapa2.. mendingan duit dikorbankan. kan anak itu priceless lho.. gak bisa dibeli pake uang... bener gak lel.. :D