Photobucket
Friday, October 05, 2007,8:47:00 PM
Sepertinya postingan terakhir sebelum lebaran niy
3 hari lagi kenneth dah 17 bulan niy umurnya, perkembangan bahasa kayanya rada telat… tapi kalo dibandingkan dengan sepupunya justin, ya dia masih mendingan. Secara Justin itu sampe umur 20 bulan belum ngomong apa2, mau ngomong pa aja katanya susah banget. Kaya lidahnya ada yg nahan gitu. Tapi sekarang menjelang mau masuk 2 tahun, katanya udah mendingan banget.. udah lumayan ada kosa kata yg keluar, berdasarkan sharing di milis2 siy, katanya anak yg telat ngomong seperti dia ini.. ketika bisa ngomong biasanya dah kayak kran bocor aja…

Kalo menilik tumbuh kembang berdasarkan buku what to expect siy gue nggak terlalu khawatir, karena kemampuan yg seharusnya sudah dimiliki oleh anak usia 17 bulan (sampai akhir bulan) adalah menggunakan 2 kata dan minum dari cangkir. Kedua hal ini sudah bisa dilakukan Kenneth dari beberapa bulan yg lalu

Dari semua deskripsi di situ yg belum bisa dia lakukan cuman menggabungkan kata dan berbicara & separuh pembicaraannya dapat dimengerti. Hehehe kayanya kok masih jauh banget yaaa… secara dia itu kalo ngomong masih bahasa planet gituu….

Pernah dia lagi berdiri di dekat meja rias, sedangkan gue dan jeff duduk di tempat tidur. Dia ngoceh2, karena berasa lucu dengar ocehannya kita ketawa2 aja sembari nanggapin. Tapi sepertinya tanggapan kita nggak sesuai dengan yg dia harap, terakhir2 dia rada kesel.. kakinya dihentak2in. akhirnya gue baru nyadar kalo dia tuh lagi nyuruh salah satu dari kita untuk nyamperin dia ke sana. Akhirnya gue bilang ama jeff.. maksudnya dia dengan “ini” tuh.. suruh lu ke sana. Bener aja, ketika jeff ke sana, dia langsung nunjuk2 barang yg ada di laci meja rias.. maksudnya suruh si jeff ambilin hehehe….

Baru umur segini aja, isengnya dah keliatan banget niy anak. Kemaren waktu mandi ama gue… dia ambil selang cebok (yg krannya harus ditekan baru airnya keluar), trus dia tembakan ke gue airnya. Gue pura2 kaget dan ketakutan… trus berusaha hindar ke sana sini. Wah… senengnya dia nggak ketulungan deh, berasanya hebat banget bisa ngerjain gue… ngekeh2 nggak berenti2… tiap airnya kena badan gue. Bener2 badung niy anak gue….

Mengenai kran yg harus ditekan ini, dia baru bisa pake kran ini 2 minggu yg lalu. Ketaunnya juga kebetulan karena gue emang ngak mau ajarin dia, takutnya dia bakal maen2 air terus nantinya. Biasanya kran ini kalo nggak ditaroh persis di gantungannya, bakal ditaroh ama dia di tempatnya lagi. Gue ngak pernah ajarin dia buat naroh2 kran ini, tapi mungkin karena dia emang sering liat tuh kran bertengker deket closet, jadi dia tau letak kran tersebut. Dan lucunya dia ngak bisa liat tuh kran ditaroh tidak pada tempatnya, selalu dibenerin ama dia hehehe. So, ketika abis naroh kran itu.. dia pencet2.. trus liat air keluar… udah deh… abis itu.. biar kata krannya nggak digantung di tembok, dia udah ngerti hukumnya.. dimana tangannya harus nahan sisi kran yg satunya lagi biar bisa nekan airnya keluar. Kemaren2 dulu kan dia suka banting krannya karena airnya nggak keluar2.. n gue sengaja ngak mau ajarin dia. Ternyata bisa ngerti sendiri….. ya sudahlah….

Apa2 kalo ngak dipenuhi bakal nangis sejadi2nya sembari melentingkan badan ke belakang, kalo lagi capek bisa nggak kuat juga.. soalnya dia lumayan ulet juga tenaganya.

Sekarang lagi hobby ngomong “atu..” maksudnya ada yg jatuh.. kadang2 dia sengaja lempar barang, trus bilang atuu…

Kalo liat gue lagi makan di meja makan, pasti dia bakal langsung manjat kursi trus minta gue pangku dia. Jadi dia bisa ngambil2 makanan di piring gue. Seringnya siy dia mau nyendok makanan dari piring gue dengan menggunakan sendok makan gue. Gue pernah coba kasi dia makan dari piring dewasa dan make sendok gede juga, trus suruh dia sendok sendiri.. sembari gue juga makan… tapi ternyata dia emang demennya makan dari piring orang laen … ada kalanya dia mau siy sendok sendiri… kalo berhasil masuk dengan selamat di mulut dia, selalu gue kasi tepukan tangan yg meriah… tapi biasanya siy nggak bertahan lama, karena setelah itu tangannya bakal ngacak2 isi piringnya. Tsah….

Kalo liat sepatu daddynya, suka dipake ama dia… dua2nya lho, trus dia jalan deh.. dengan langkah yg tertatih2 karena sepatu jeff kan lumayan gede. Kemaren dia sempet make sendiri sandal gunung dia yg biasa dipake buat jalan pagi atau jalan sore, tapi cuman sebelah aja siy… trus makenya juga kebalik hehehe. Tapi lumayan jugalah, udah bisa sukses masuk ke kaki dia… trus waktu masukinnya juga dia yg buka sendiri, nggak ada yg bukain karena nggak ada yg liatin dia waktu make. Gue dan mbak rina lagi sibuk di dapur soalnya. Yaa biar kata sibuk, gue suka noleh2 ke depan siy, liat dia ada nggak, hehehe takut dia naek tangga atau manjat2 tanpa sepengetahaun gue. Makanya sofa putih yg ada di ruang tamu depan, 3 minggu lalu gue kasi ke tukang sapu komplek sini.. ada 3 set siy… soalnya tuh sofa dipake buat manjat2 ama dia. Lagian gue pikir kita juga ngak butuh2 banget, malahan jadi sesek ngeliatnya….

Kadang ngeliat pertumbuhan anak kecil emang ngak berasa banget ya, yg awalnya suka cari tahu dari trial dan error.. sekarang udah lebih bisa berpikir logis. Kadang2 suka amazing juga dengan perkembangan kecerdasan anak2 ini. Yg sederhana aja seperti make kursi buat injekan ke tempat yg lebih tinggi, walopun kursinya jauh letaknya dari tempat yg dia tuju.. dia bisa dorong kursinya ke arah yg dia inginkan. Ini berarti dia emang udah bisa mikir, bukan hanya sekedar trial dan error lagi.

Tahun2 ke depan ketika dia udah lebih bisa berkomunikasi 2 arah, pasti bakal lebih amazing lagi. Ah… nggak sabar deh rasanya….

Tapi kalo disuruh ngulang lagi masa2 awal dari hamil sampe anak sebelum 1 tahun, gue kok rada males yeee heheheh. Kalo langsung segede ini siy bolehlah hehehe….

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


1 Comments: