Photobucket
Wednesday, November 21, 2007,8:31:00 PM
DPT 4 dan Polio
Senin kemaren bawa kenneth imunisasi DPT ama polio, ketika ditanya mau yg ngak demam atau yg demam… gue bilang yg biasa aja. Hu abis itu nyesel banget, secara si Kenneth jadi rewel banget karena demam. Selisih harganya 260 rebu-an… gue pikir dia kan udah gede, jadi rasanya kasi yg demam juga nggak terlalu masalah… klo dulu gue emang selalu kasi yg import buat dia, karena males nanganin rewelnya dia.

Pulangnya dia langsung dikasi panadol, huaa ngeliat pipetnya aja dia udah ngeronta2… terpaksa dipegangin kedua tangannya. Ampe malam beberapa kali kebangun. Sampe hari selasa kemaren masih rada2 demam. Sorenya karena udah nggak demam… dia gue ajak mandi, ehh… hari ini jadi flu…. Huhuhu kapok banget dah……

Tidurnya yg udah balik lagi ke jadwal semula seminggu kemaren, gara2 imunisasi kemaren jadi kacau balau lagi. Tidur siang nggak sampe sejam udah kebangun. Mana sekarang kalo tidur malam, dia selalu minta gue temanin…. Kadang ketika dia udah jatuh tertidur, dengan berjingkat2 gue keluar kamar… ehhh dia bisa tau.. padahal udah pelan banget dan matanya juga lagi merem!! Terpaksa deh tiduran lagi. Tidurnya jadi mesti gue kelonin gitu… kadang2 adap2an ama gue trus tangannya dilingkarin di leher gue. Hehehe si jeff suka jealous kalo dia udah gitu. Emang si Kenneth itu kalo masalah tidur emang lengket dan addicted ama gue. Tengah malam, kadang dia suka manjat naek ke atas kasur kita, trus ngadap ke muka gue n ngerangkul leher gue… mungkin dia berasa lebih comfort dan aman ‘kali yaaaaa. Makanya kadang2 si jeff tiap kebangun suka kaget entah karena kaki si Kenneth yg tiba2 ada di kepala dia, atau karena tiba2 ada kepala yg ngalangin kaki dia hehehe. Emang ketika tidur, si Kenneth itu suka kemana2… kadang2 sampe ke bawah kaki kita segala. Pernah sekali, si jeff sampe terkaget2 karena nggak liat Kenneth dimana2 ketika dia bangun. Ternyata tuh anak tidurnya ngumpet di kaki gue trus ketiban selimut.. jadinya nggak gitu keliatan

Waktu diperiksa ama dokter irawan, katanya ubun2nya masih belum nutup….batasnya sampe usia 2 tahun. Kalo belum nutup juga, kudu aware ada masalah apa katanya. Mudah2an 6 bulan lagi udah nutup deh ubun2nya. Tapi dia bilang Kenneth pinter, jadi ngak ada masalah sekarang ini. Hu Thanks God, secara yg ngomong dokter syaraf gitu hehehe….. trus gue diomelin karena nerapin 2 bahasa ke Kenneth, dimana percakapan pake bahasa Indonesia, tapi kosa katanya banyakan inggrisnya. Hihihi apalagi kalo dia tau bahwa kosa kata itu kebanyakan datangnya dari tipi, bisa tambah diomelin lagi dah guenya. Abis buku2 yg dikasi ke Kenneth emang banyakan gambar2 dalam bahasa inggris, jadinya dia lebih tau kosa kata dari bahasa inggris. Makanya kemaren disuruh salaman ama dokternya dia seperti agak mikir, tapi ketika gue bilang shake hand, dia langsung ulurin tangannya. Tapi kadang2 kebiasaan jeleknya suka keluar, dimana dia nyodorin tangannya buat salaman, tapi mukanya ngadap ke tempat laen dimana ada sesuatu yg menarik buat dia. Kalo orang dewasa mah.. udah dianggap nggak sopan yaa hehehe

Ada kejadian lucu sebelum nama dia dipanggil. Sempet 2 kali ketika pintu ruang prakteknya dibuka, si Kenneth langsung lari2 ke dalam ruangan dokternya.. karena di sana ada maenan puzzle2 dari kayu gitu… tiap masuk ke sana dia langsung menuju ke sana. Dokternya sampe ketawa2 ngeliat dia yg bisa langsung lari secepat kilat masuk ke sana. Waktu disuntik, ketika dibaringin di kasur dia udah langsung berontak pengen turun aja… sepertinya dia emang ngeh bakal disuntik. Makanya terpaksa tangan dan kakinya dipegangin waktu suntiknya. Nangis deh sejadi2nya dia …. Hu masa2 ketika dia nggak sadar disuntik sepertinya emang udah lewat yaa…. Untung deh udah nggak banyak imunisasi lagi setelah ini. palingan nanti ketika dia udah 2 tahun lebih suntik Hep A, abis itu udah bakal jarang2….

Kemaren kan gue berangkat duluan pake taxi, abis itu baru si jeff nyusul ke klinik. Huhuhu lumayan capek juga. Manggul satu tas ransel kecil berisi 1 kain bedong, 1 pull up pant, 2 baju dan 1 celana plus 1 botol penuh air putih isi 240 ml dan 2 botol kosong berikut 2 kotak UHT 200 ml. Kemudian gue pake gendongan kain yg udah jadi buat gendong Kenneth. Ketika dia lari sana lari sini, trus waktu gue angkat paksa dari kolam bola dia teriak sejadi2nya. Terpaksa gue turunin lagi. Ketika gue muter badan, gue liat satu ibu2 lagi ketawa, tapi langsung ditahan begitu ngeliat gue lagi menatap dia. huhuhu…

Oya, ketika diukur tingginya 85 cm.. tapi mungkin nggak terlalu akurat karena dia melintir kesana kemari ketika diukur. Yg bikin heran adalah beratnya nggak nambah dari terakhir dia ditimbang. Saking herannya gue sampe suruh nimbang 2 kali n emang bener. Apa yg terakhir itu salah nimbang ya? Secara gue berasa banget bedannya gendong dia sekarang ama dulu, trus dari dadanya juga berasa banget.. dulunya tipis banget suka keliatan tulang2nya, sekarang udah nggak keliatan tulang lagi. Padahal kan dia nambah tingginya, jadi mestinya ada penambahan berat badan dong ya

Tadi pagi gue sampe terkaget2 ketika dia dorong gantungan handuk sampe mentok di tembok trus dirubuhin ama dia, abis itu besi yg ada di tengah gantungan itu dia pake buat injekan untuk ngambil barang2 yg ada di meja rias gue! Surprise juga gue dia sampe bisa mikir ke situ. Kadang2 ada gagang sapu juga suka dibikin sebagai alat buat nyodok2 barang yg letaknya tinggi dari jangkauan dia. Dari kecil gue berasa logika analisis Kenneth emang bagus, secara banyak hal dia temuin dari hasil experiment dia sendiri. nggak ada yg ngajarin. Anak2 emang pengamat yg tajam sepertinya, ada kalanya kita bisa surprise sendiri dengan kemampuan yg tiba2 dia tunjukan. Pernah sekali ketika kita semobil ama oma opanya, Kenneth maen2 di kursi depan. Trus pemantik api yg selalu dicabut jeff trus ditaroh di deket dashboard kanan diambil ama Kenneth, tau2 dimasukin aja ke lobangnya. Padahal selama ini tuh pemantik kagak pernah dipasang di lubang, selalu dicabut karena takut dia maenin. Tapi herannya, begitu megang itu alat… dia langsung tau lubangnya di situ. Bokap jeff sampe heran jadinya..

Kemaren ada anak umur 16 bulan tapi belum bisa jalan.. katanya lagi ditherapi setiap minggu. Ketika ditanya Kenneth jalan umur berapa bulan, gue bilang sekitar 11 bulan lebih . Dia bilang cepet…. gue langsung bilang, tiap anak laen2.. kita ngak bisa banding2kan. tapi sepertinya itu anak emang sedikit bermasalah… berhubung yg ngobrol ama gue neneknya, jadi gue nggak tau juga masalahnya apa. Katanya siy kelebihan hormone gitu. Facenya rada2 kaya sindrom mongol. Jarak kelahiran dengan anak sebelumnya 14 tahun, jadi kakak2nya udah sma, dia baru lahir! Dan usia ibunya ketika mengandung udah masuk 40 tahun, emang usia yg beresiko siy. Makanya gue sepertinya awal tahun depan ketika udah pindah ke lippo bakal planning ngasi adik ke Kenneth niy, takut ketuaan juga… lagian takut yg nongol cowo lagi. Paling nggak kalo beneren co, umur gue masih mencukupi untuk mencoba hamil satu kali lagi, demi anak cewe huehehe. Kalo yg ketiga cowo lagi gimana? Kata jeff usaha lagi sampe dapat hahaha… enak ajaa…. Yg hamil dan ngebesarin anak tiap hari siapa???

Waktu pesta ulang taon Brandon kemaren, sempet ada satu engko yg lagi nitah anaknya juga. Tuh anak umur 16 bulan juga dan belum jalan. Ketika tau usia Kenneth 18 bulan dan lagi lari2 ke arah escalator, dia langsung nanya gue Kenneth jalan umur berapa bulan. Ketika mendengar jawaban gue, raut wajah cemas langsung terpancar di mukanya. Gue langsung bilang, tiap anak beda2 kok, umur segitu masih dalam rentang waktu yg lumrah untuk anak belajar jalan. Katanya anaknya nggak berani jalan, bisanya dititah aja, dipaksa jalan malah nangis. Gue bilang jangan dipaksa, ntar juga belajar sendiri.

Entahlah… buat gue semua perkembangan motorik Kenneth emang berjalan apa adanya, nggak pernah diuber2 mesti bisa begini atau begitu. Dari kecil dia selalu dibiarin bebas berkeliaran di lantai siy, jadi ketika dia udah bisa merayap pake perutnya yaa dia bebas kemana2, nggak pernah gue taroh di kasur atau di box. Jadi semua memang terjadi secara alami aja, karena gue percaya.. cepat atau lambat dia pasti akan mencapai semua ketrampilan motorik itu. Selama masih dalam rentang waktu yg normal, yaa ngak usah kelewat khawatir ‘kali yaaa

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: