Photobucket
Thursday, November 15, 2007,7:21:00 PM
pola asuh
Sepertinya trend pemberian susu UHT agak meningkat ya setaon belakangan ini, mungkin karena pengaruh milis2 juga ya. Gue perhatiin di milis2 kalo ada pembahasan perbandingan antara susu formula dan UHT, lebih banyak yg pro daripada kontra nya. Tapi untuk memberikan susu UHT ke anak sendiri, sepertinya tidak semua orang bisa pede yaa hehehe secara sepertinya kok kere banget ngasi anak minum susu UHT hehehe

Kemaren dulu nyokap jeff sering berulang2 nanya ama gue, apakah boleh anak seumur Kenneth dikasi UHT? Kira2 ada 4 kali. Terakhir dia cerita, klo dia bilang ke anak pertama dia yaitu kokonya jeff yg anaknya setaon lebih tua dari Kenneth bahwa susu Kenneth sekrang praktis sekali, nggak repot bawa termos segala. Trus ama kokonya jeff dibilangin, MANA ADA GIZINYA ITU SUSU??

Yaa daripada timbul kekhawatiran di pikiran omanya Kenneth, akhirnya gue print beberapa article hasil search di internet ke dia. gue nggak tau siy dikasi ke kokonya atau iparnya jeff nggak buat dibaca, yang jelas gue print buat dia baca aja, supaya nggak terlalu kepikiran lagi gituu

Gue sendiri malas deh disuruh kampanye2 ke sodara2 mengenai UHT ini … karena ya rata2.. masih berpikiran, susu yg paling mahal, pasti yg paling bagus mutunya…. Palingan kalo ditanya gue bilang aja si Kenneth sekarang minumnya UHT, gituu…..

Anak kokonya jeff ini minumnya nutrilon royal, minum susunya lumayan banyak dan sehari masih dikasi pediasure 2-3 kali kalo gue nggak salah. Nggak heran kalo tuh anak suka menolak untuk makan karena udah kenyang ama susu formula dan pediasure… kalo makan bisa diemut selama 2 jam kala pengasuhnya yg suapin. Tapi kalo mamanya, dia lebih nggak berani ngemut karena bakal dicubit. Yaaa gue siy heran aja, apa yg mamanya harapin dari anaknya, kalo tuh anak udah dicekokin ama pediasure dan susu trus harus makan yg banyak gitu…. Kalo menolak bakal dipukul….. tsahh…..

Kalo anak cici gue laen lagi si sasha, sehari bisa 6-7 botol susu promise gold, makan buah segelas trus makan nasi 3 kali sehari. Sama juga tuh anak, pake acara ngemut. Tapi berhubung BSnya sabar, jadi bisa habis. Nah yg jadi perkara kalo BSnya lagi cuti, huaaa… mana sabar emaknya nyuapin dia, udah gitu dia juga nggak mau ama orang laen maunya ama BSnya doang. Untungnya belakangan udah mau ama emaknya, tapi yaa gituu nggak boleh pake acara emut2 terlalu lama kalo nggak mau dicubit hehehe. Emak2 emang lebih nggak sabar sepertinya dibandingkan ama pengasuh…. Tapi badannya gedeee bangettt, perutnya sampe gendut banget. Si jeff sampe nggak kuat gendong dia. bayangin aja, susu yg eneg gitu sebotol bisa habis 240 ml! dan sehari bisa 6 – 7 kali! Kalo lagi berantem ama dio abangnya yg nomor 2, sekali dorong aja, abangnya langsung kepental hihihi……

Anak cici gue yg cowo dua2nya nggak susah makannya, malahan kalo si marco itu makannya harus direm, karena dia nggak kenal kata stop. Dari pagi ampe malam, mulutnya mangap ..makan mulu huehehe. Si Dio juga, kalo makan cepet banget.

Cumannn… celakanya.. anak2 cici gue ini, kalo abis makan banyak pantangannya. Kalo nangis, muntah, kalo loncat2 kelewat seru, muntah. Pokoknya rentan ama muntah deh.

Kalo gue amatin siy, sepertinya karena dari kecil dia selalu maksain anaknya harus makan sesuai porsi yg dia sediakan. Dan maklum aja, semua anak dia selalu diasuh ama BS (dengan pengawasan dia), yg namanya pengasuh yaa denger apa kata nyonyanya.. kudu habis, ya kudu habis.. padahal anak udah kenyang. Akibatnya , lama2 anak nggak bisa ngenalin bahasa tubuh sendiri, kapan dia udah kenyang dan harus berenti karena udah terlalu sering dipaksain masuk padahal udah penuh. Akbiatnya ya rentan muntah. Gue ngga percaya kalo itu genetic, karena 2 orang tuanya nggak begitu. Mestinya siy karena pola asuh yg salah

Makanya biar kata Kenneth susah makan, gue nggak mau sampe pake acara mukul2 maksa dia makan. Biarlah dia kurus, yg sepertinya emang genetic dari bapaknya hehehe. Lagian tiap bulan dia selalu naek berat badannya kok, jadi ngapain gue stress soal makannya dia yg susah. Yang penting anak gue sehat, nggak sering sakit. Itu yg paling penting nurut gue.

Dalam mengasuh Kenneth gue emang nggak mau memperlakukan dia seperti layaknya porselen yg rapuh dan gampang pecah. Gue mau dia terbiasa dengan lingkungan yg tough, makanya gue nggak banyak pantangan ini itu. Awalnya bokap jeff paling sering ribut karena sifat cuek gue. Misalnya mandi yg kelewat sore, mandi yg airnya dingin, baju yg agak basah dan tidak segera diganti, buka2 baju, habis mandi harus pake minyak talon, dll … semuanya dengan alasan takut masuk angin. Gue siy berasa, ketika gue kecil dulu.. gue jarang sakit, sering maen hujan2an.. kadang2 telanjang dada mandi di sungai hihihi (ketika masih kecil) dan sepertinya oke2 aja. Dan gue melihat, si jeff itu gampang banget sakit dan masuk angin dan gue nggak mau Kenneth seperti itu. Hasilnya? Bukan nyombong, dari lahir sampai sekarang.. si Kenneth itu sakit batuk pilek nggak sampe 5 kali. Yg dua kali itu juga karena kondisi tubuh yg drop gara2 jatoh dari box dan tempat tidur gue. Dia emang lebih sering ke dokter karena kecelakaan bukan karena sakit.

Kemaren bokap jeff sempet ngomong, bahwa dari ke-4 cucunya ini.. si Kenneth ini yg paling tahan banting, jalan2 di komplek kagak pake baju aja.. nggak masalah.. (selama ini kan dia selalu takut masuk angin).

So, nurut gue…. Yg penting kia pede dengan prinsip kita… ngak usah takut melawan arus. Gimana bisa pede? Yaa bekali diri dengan info sebanyak2nya….. sebagai seorang ibu yg mengandung anak kita selama 9 bulan, masa kita mau nyelakain anak sendiri? nggak mungkin kan? pasti kita akan beri yg terbaik buat anak kita…. Katakana itu pada sodara2 atau temen yg memberi info berlawanan ke kita.

Cuman mungkin kalo anak kita adalah cucu pertama dari 2 belah pihak, trus masing2 keluarga menganut paham dan filosofi yg berbeda2 dalam pengasuhan anak…. Pusinglahhh kita yg berada di tengah2. karena mereka juga berpikir mereka mau yg terbaik untuk cucu mereka hehehe. Thanks God bonyok gue termasuk orang yg nggak pernah interfere gimana cara gue ngasuh dan didik anak gue, jadi paling nggak gue nggak bakal pusing ada pertentangan di antara 2 keluarga. Mungkin karena Kenneth udah cucu yg kesekian ‘kali yaa, jadi udah pada bosen huehehehe

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


3 Comments:


  • At Fri Nov 16, 10:03:00 AM 2007, Anonymous Yulian

    waah si sasha kuat banget ya nyusu-nya.. promise pulak gitu loh hehe. itu susu pekat bgt.

    jeslyn nyusu cuma 3x sehari. makan sih ga diemut, cuma kudu depan tv sembari nonton.

    btw, gw demen liat muka kenneth. nyenengin gitu apa ya. tiociu-nya HAK NANG SIOK lah hehe biarpun baca blog lo, si kenneth ada ada aja ulahnya, dan anaknya iseng bgt.

     
  • At Fri Nov 16, 11:05:00 AM 2007, Anonymous febby

    Waaaah, gue suka sama anak yang doyan makan, Tim juga gitu soale ... de2nya susah makan, nafsu makannya diambil ko2nya semua :)
    Tapi sama sekali ga setuju sama kebiasaan paksa anak makan, apalagi dalam porsi gede.
    Kata nyokap, lama2 lambungnya jadi gede dan ntar2 kalo dah gede dia bisa kecenderungan obesitas ...

    Anak2 yang kegendutan juga kesian, susah gerak dan ga lincah. Dulu pernah ketemu anak umur 6 bulan beratnya 10 kg, waaaah, cewek lagi, kesian kaan, ga bisa ngapa2in, bangun aja susah ...

    Trus, soal pola asuh, gue termasuk yang cuek, anak mandi malem dan ga pake kaos dalem gpp, asal emang anaknya kebal dingin ... Pulang main jam 10 malem pun akan gue mandiin (pake air anget) ;)

    Mungkin kita sepaham kali yee, Ga terlalu memperlakukan anak kayak poselen biar ga gampang pecah ;)
    (komen yang sungguh panjaaaaaang!!)

     
  • At Fri Apr 08, 08:19:00 PM 2016, Anonymous #walidin.net

    Kalau anak ga bisa distop makannya seperti anak saya itu bagimana caranya,.bunda?