Photobucket
Saturday, November 22, 2008,7:46:00 AM
Seberapa dini anak diajar untuk mandiri??
Kemaren waktu ke rumah cici gue, nyokap gue bilang.. si susternya sasha bilang .. kasian amat si ken... mau pee segala apa2 sendiri... ngak dibantuin... Lho? gue bilang ama nyokap gue.. kenapa mesti kasian? anak klo bisa mandiri di usia dini kan bagus? daripada udah gede tapi apa2 masih mesti ngandalin orang lain..

Patokan gue siy ya.... sejauh apa yg dia kerjakan itu tidak melebihi kemampuan fisik dia, berarti dia emang bisa dan mampu.. tidak diforsir. Gitu aja siy... Dan tidak ada yg terlalu dini jika emang anaknya bisa...

Si ken itu klo mau pee kan emang langsung copot celana sendiri, trus ke kamar mandi.. pee di closet dan flush sendiri. Make celana aja yg dia masih suka salah hehehe... tapi belakangan udah mulai bagus siy make celananya... Dia ngak pernah gue temenin lho... jadi ketika dia lagi maen, trus mau pee... dia pee aja sendiri ke kamar mandi.. abis itu baru lanjut lagi maennya. Tapi udah seminggu ini dia ogah pee ke kamar mandi niy.

Ceritanya kira2 6 hari yg lalu, abis pee dari kamar mandi... dia langsung meluk gue sampe gemeteran.. sembari bilang akutt... akutt... kepalanya disrudukin ke paha gue yg lagi duduk di depan kompie. Nah.. semenjak itu... dia ngak berani pee ke kamar mandi lagi, meskipun siang hari.

Gue ngak tau dia ngeliat apa sampe ketakutan kae gitu, karena waktu kejadian malam hari siy.. emang kamar mandi kan lampu selalu mati tapi dia bisa nyalain sendiri kok ketika dia mau masuk, dan waktu itu lampunya udah nyala.. jadi gue nga jelas juga dia ngeliat apa sampe takut kae gitu. Mungkin pantulan bayangan di tangga 'kali yaa... secara kamar mandi gue kan letaknya di bawah tangga.. dan tangga itu keramiknya warna item.

Trus kejadian yg sama keulang lagi... setelah traumanya agak lepas... kira2 selang 2-3 hari gitu... dia masuk lagi dan jerit2 dari kamar mandi.. tergopoh2 gue samperin dan gendong dia. Abis itu kapok lagi deh dia ke kamar mandi sendiri :(

Jadi dia sampe bela2in bawa pot buat maenan di pasir dia buat nadah pee dia :p. Klo ada kececeran di lantai, sebelum gue omelin... dia dah ambil kain sendiri trus dilap deh bekas cecerannya hahaha. Kadang ada aja tuh akalnya.. dia bilang mau pup .. nah pasti gue temenin kan.. secara untuk duduk di closet gue masih takut dia kepeleset atau apa, jadi selalu gue yg angkat dan dudukin dia di closet. Awalnya siy dia selalu suruh gue keluar... ya gue turutin.. tar abis dia flush dan cebok baru gue masuk cebokin dia lagi. Eh.. lama2 kok rada mencurigakan ya.. masa sehari bisa beberapa kali minta pup. Terakhir gue ikut masuk dan gue tongkrongin... ternyata dia cuman pee doang... gue tanya.. mana pupnya? "tuh..." dia nunjuk ke bawah hihihi.. nga ada! gue bilang... trus dia langsung pura2 ngeden deh... abis itu baru bilang.. nga eek... halah... ternyata cuman minta ditemenin aja... :D

Anak umur segitu emang lucu2nya siy.. apalagi kadang klo lagi ngakalin kita hehehe... suka gemes gue klo liat dia lagi bobo. Lucu lho.. dia klo lagi bobo pipinya tembem.. mirip banget ama anak cici gue yg gede si marco.. percis deh.. tapi klo dah bangun facenya berubah lagi kekeke

Oya, 3 hari yg lalu ketika tidurin dia.. gue ikut ketiduran tanpa sempat makein dia diaper malam. Eh.. sampe pagi dia ngak ngompol lho. Sejak itu gue biasain deh ngak pake diaper... udah jalan 3 hari siy, dan smuanya sukses lho tanpa ngompol.

Klo tau segampang ini mah.. mungkin dah gue mulai dari dulu yak hehehe. Tapi thanks GOD juga siy.. ternyata lepas diaper malam tuh gampang banget, ngak perlu bersusah payah... Dan thanks GOD juga ngak ada waktu gue yg terbuang buat usaha lepas diaper ini, karena tanpa gue perlu bersusah payah ternyata dia udah bisa nahan sendiri. Sepertinya emang ketika tiba saatnya anak udah bisa control peenya... berarti itu udah saatnya untuk dilepas diapernya. Selama ini gue ngak pernah berani mulai karena malas mikirin bolak balik bangunnya, secara gue orangnya klo dah tidur trus kebangun .. bisa ngak tidur2 lagi :D. Dan dia tuh waktu make diaper, pagi2 bangun pasti penuh punya diapernya... makanya gimana ngak was2 duluan guenya??
 
posted by l3l1 | Permalink |


10 Comments:


  • At Sat Nov 22, 08:45:00 AM 2008, Blogger Arman

    iya intinya kalo anak udah siap ya gpp dilatih mandiri ya lel...

    btw lu gak tanya kenapa dia takut di kamar mandi?

     
  • At Sat Nov 22, 10:07:00 AM 2008, Blogger Yulian

    Kenapa yah Lel si Ken bisa takut di kamar mandi?
    Ada nanya gak ke Ken kenapa? Mungkin ga dia liat cacing/kecoa misalnya? :P

    Setuju Lel, lepas diapers juga ternyata ga sesusah yang gw bayangin. Jeslyn dulu juga modelnya gitu, kalo pake diapers pasti bangun2 suka penuh.
    Bisa saving lagi di diapers deh hehe lumayan

     
  • At Sat Nov 22, 10:41:00 AM 2008, Blogger Amey

    Lel, itu pampersnya penuh bukan pas tidur dia pipis tapi pipis sebelum tidur..kan iasanya kita uda pakein sebelum tidur kadang masi maen2 gitu..
    nah kalo ga pake pampers biasanya sebelum tidur kan mi nta pipis dulu makanya ga ngompol lagi ehehe

     
  • At Sat Nov 22, 08:49:00 PM 2008, Blogger Caroline Sutrisno

    anak2 gw juga mandiri di usia dini kok, lel. secara gw dulu ga punya pembantu, jadi dari kecil apa yang ud bisa mereka kerjain sendiri ya gw lepas.

    btw, mungkin sebaenya lo tanyain si ken kenapa dia sampe ketakutan di kamar mandi. biar lo bisa kasih pengertian ke dia, kan? jadi besok2 dia ga takuta lagi. :)

    membanggakan banget yah si kenneth ud bisa mandiri begitu.

     
  • At Sat Nov 22, 09:24:00 PM 2008, Blogger Ariany

    hebat euy si ken... :)
    Marv sampe skarang sih gak pernah mo ngomong kalo dia pee ato pup ya.. padahal tempo hari gak gua pakein diaper... , cuma pake diaper kain doang lel..udah basah2 gitu ya dia asik maen2 aja tuh gak ribut2 amat...
    tapi gua dah memantapkan hati ntar bulan januari keknya mulai gua taturin pis dan pup deh... :) doakan gua berhasil yaahh.. hehehe.. :)

     
  • At Sun Nov 23, 02:58:00 PM 2008, Blogger Pucca

    iya, anak bule aja setaon udah mandiri kok. ngapain kasian ya..susternya ada2 aja..
    justru bagus dari kecil udah gak ngerepotin orang tuanya.. mamanya kan sibuk hihihi :P

     
  • At Sun Nov 23, 04:35:00 PM 2008, Anonymous Anonymous

    good job lel, klo anaknya mampu diajar mandiri kenapa ga, ya toh..si C disini semua diajarin sendiri, pake celana, kaos kaki,sepatu, ke toilet..klo ga bisa baru dibantu, klo dilayan2in mulu weleh gw bisa ga ngepain2 deehh..ada apakah di toilet?iya coba tanya ken..eh sama gw pikir pampers malem tuh mesti di training jg, ternyata ga usah..

    MC

     
  • At Sun Nov 23, 04:35:00 PM 2008, Anonymous Anonymous

    good job lel, klo anaknya mampu diajar mandiri kenapa ga, ya toh..si C disini semua diajarin sendiri, pake celana, kaos kaki,sepatu, ke toilet..klo ga bisa baru dibantu, klo dilayan2in mulu weleh gw bisa ga ngepain2 deehh..ada apakah di toilet?iya coba tanya ken..eh sama gw pikir pampers malem tuh mesti di training jg, ternyata ga usah..

    MC

     
  • At Mon Nov 24, 12:51:00 PM 2008, Blogger Limmy Mama Dhika

    wow salut utk ken. hebat bisa pee sendiri.

    gmn tu ajarinnya lel?
    dhika skrg malah balik pake pampers malam lagi. gara2nya sejak lepas dari ASI, minum susu formulanya kencang bgt. jadi tiap malam pasti ngompol.

     
  • At Tue Nov 25, 05:13:00 PM 2008, Blogger Michelle Angelee

    Hebat bener Ken sudah bisa lepas diapers. Memang klo udah waktunya anak tuh gak usah dipaksa2 pasti bisa sendiri kali ya Lel.
    Btw tentang takut ke kamar mandi musti ditanyain tuh lel kenapa kog dia takut, barangkali Ken mau curhat jadinya kita bisa kasi wejang2. kasian juga ya klo trauma gitu.