Photobucket
Tuesday, February 10, 2004,9:52:00 PM
Ketika anda merasa salah memilih pasangan

Ada yang udah pernah membaca buku ini belum? kalo belum.. gue rekomendasi-in banget deh! Udah lama sih gue belinya, sekitar 3 taon lalu. Pengarangnya Tim Lahaye, dia-lah yang pertama kali mempopulerkan 4 temperamen dasar manusia *setelah socrates tentunya*. Mirip ama personality plus-nya florence littauer, tapi tetap banyak hal baru yang bisa kita pelajari dari buku ini kok.

Setelah gue pikir2 mungkin ada benarnya juga ya bahwa temperamen yang berlawanan cenderung saling tertarik. Misalnya gue yang kholeris sanguinis cenderung tertarik dengan orang2 melankolis kholeris. Seperti gue ma jeff deh. Mungkin karena gue kholeris dan dia melankolis ya. Jadinya ada beberapa pemikiran dan reaksi yang berbeda di antara kami.

Dengan mengetahui kecenderungan2 tertentu dari sifat melankolis dia, gue jadi bisa maklum ketika gue menemui hal2 yang menurut gue "berbeda" ama gue. bahkan terkadang rada aneh hehehe.

Misalnya nih :
Pernah ketika kami abis makan, doi minta tolong gue buat nyusun isi dompet dia. Dan AHA, know what? ketika gue mulai menyusun uang yg belum sempat ditaroh di dompet dia, doi udah langsung pesen duluan : "li, mulai dari yg paling gede dulu, trus mukanya ngadapnya sama semua, trus yg jelek2 tarohnya di depan!. Huahaha... kalo buat gue masa bodoh deh, mau jelek atau baru yg penting duitnya masih laku, mau ngadap muka atau belakang nggak ngaruh karena toh keliatan angkanya, and bla bla bla. Untungnya gue maklum semaklum2nya ama sifat orang melankolis yg metodis ini, jadinya gue hanya tertawa aja. coba kalo nggak? gue pasti akan beranggapan dia terlalu mengada2.

Trus ...
Jeff orang yang ekspresif di perbuatan dan gue orang yang ekspresif di bahasa tulisan. Sebagai seorang kholeris gue lebih memandang segala sesuatu dari sisi positif dan dia sebaliknya. Dia juga cenderung kritis, so.. nggak heran ketika ada ucapan gue yang salah secara otomatis akan langsung dia koreksi. Dan biasanya reaksi gue adalah tetap mengulangi ucapan gue yang salah tersebut, untuk menggoda dia dan mungkin di bawah sadar gue.. itu adalah reaksi umum orang kholeris yg cenderung nggak mau ngalah :p.

Dengan memahami perbedaan2 karakter dari setiap orang, kita jadi bisa melihat tindakan dia dari sudut pandang dia, bukan kita. Oleh karena itu menurut gue, pemahaman temperamen ini sangat berguna sekali dalam membina suatu relationship dengan pasangan maupun dengan lingkungan sekitar kita.
 
posted by l3l1 | Permalink |