Photobucket
Wednesday, February 04, 2004,9:20:00 PM
serumah ama mertua?

Hari ini di milis cosmo lagi ada member yang curhat mengenai mertua dia yang rada "nyentrik". Gue jadi inget ama temen gue , rumah tangga dia boleh dibilang jadi rada berantakan karena mertuanya yang sangat dominan. Kebetulan suaminya merupakan anak lelaki satu2nya yang selama ini merupakan tulang punggung keluarga, tetapi karena satu dan lain hal semenjak merit dengan teman gue mereka tidak bisa terlalu mensupport mertuanya lagi. Terkadang gue suka kasian juga melihat dia yang stress dengan sikap2 dan perkataan2 mertuanya. Masalahnya emang complicated banget sih...

Kalo sudah begini , ada benernya juga apa yang dbilang ama orang2 bahwa ketika kita menikah dengan seseorang... kita bukan hanya menikah dengan dia saja, tetapi juga dengan keluarganya. Terkadang hal ini luput dari perhatian kita karena memang kita belum mikir sampai ke sana. Bisa saja waktu pacaran hal2 seperti itu nggak keliatan, tapi setelah merit... baru deh kita ngeh. Ada yang mertuanya galaklah, suka interfere kehidupan rumah tangga anaknyalah, suka ngaturlah dan laen2.

Mungkin kalo nggak tinggal serumah , potensi untuk konflik lebih kecil kali yaa..... Paling nggak pasti jauh berkuranglah dibanding jika kita serumah ama mertua. Ya.. namanya aja manusia kan... ketemu 24 jam dalam jangka waktu lama pasti akan ada perbedaan pendapat yang timbul.

Tapi tentu aja nggak semua orang yang tinggal serumah ama mertua suka terlibat konflik, tergantung gimana cara sang mantu menanggapinya. Terkadang suatu kejadian itu ada sebab akibatnya. Bisa jadi karena menantunya kurang menghargai pendapat2 mertuanya, sang mertua jadi nggak senang ama sang mantu atau sebaliknya. Tapi gue rasa, pihak yang kudu banyak mengalah adalah menantu karena biar bagaimana pun orang tua pasangan adalah orang tuanya juga.

Gue berharap, kalo gue merit nanti , gue bisa mandiri... lepas dari orang tua gue maupun orang tua pasangan gue. Jadi kami benar2 memulai dari awal secara bersama2. Punya rumah yang walaupun kecil tapi merupakan hasil keringat kami sendiri. Ah.... enaknya ...... hehehehe jadi ngebayangin nih :))
 
posted by l3l1 | Permalink |