Photobucket
Wednesday, April 14, 2004,12:04:00 AM
Relationship antar manusia
Dari blog-nya ipone

Kemaren ini si Nona Nita ada cerita bagaimana kalo temen kita A misalnya ngga suka kita main sama si B, padahal kita sama si B biasa2 aja. Si Nita ini ceritanya lagi bingung gitu, karena dia sendiri ada di posisi yang susah........

Misalnya si A + B udah berteman, dan si A ngga suka sama gua, si A bisa aja kasih tau si B, "Eh jangan bertemen sama Yvonne, Yvonne orangnya gini gini gini." Alhasil, pas gua kenalan sama si B...si B udah SEPA sama gue, udah....hih JUDES deh elo tuh ya. Ya no matter how nice I am to B and gua ngga ada salah sama si B, si B tetep aja ngga suka sama gua, and ada aja lah alasan2 dia yang visa validate kenapa dia ngga suka sama gue.


Dalam kehidupan nyata hal2 seperti ini sering terjadi yaa :). Tapi berhubung gue orangnya masa bodo, jadi biar Si A musuhan ama Si B (yg merupakan temen gue), gue nggak akan serta merta langsung ikutan musuhan ama si A apalagi kalo doi nggak punya masalah apapun ama gue. Urusan dia ama si B bukan masalah gue. Tapi kalo si B mengharuskan gue juga nggak bertemen ama si A, rasanya gue jadi mikir2 juga... orang seperti apa dia ini? kenapa mesti menyeret2 orang lain dalam perseteruannya?

Gue jadi inget kejadian tadi sore :D Intrik2 seperti ini gue alami juga di lingkungan sekitar toko gue. Ceritanya ada 2 penjual di dekat toko gue, yg satu tukang buah dan satunya lagi warteg. Ke-dua2nya suka saling menjelek2kan dan mempengaruhi gue untuk "jangan terlalu baek" ama lawan mereka masing2. Tapi biasanya gue berusaha netral dan hanya jadi pendengar aja ketika ada salah satu "pihak" yg sedang mengadu :D. Tapi berhubung gue emang nggak pernah berpihak kepada salah satu di antara mereka dan nggak pernah memberi komentar apapun soal "berita/gossip" yg dibawa, maka posisi gue tetep netral sampe saat ini :D. Bayangkan apa yg terjadi kalo semua omongan tersebut gue sampaikan kepada "pihak lawan" masing2.. bisa perang dunia antar ibu2 hehehe.

Kadang2 gue pikir nggak fair banget kalo kita langsung menilai seseorang itu seperti apa hanya berdasarkan "cerita/pengaduan" dari orang lain saja. Nggak segampang itu untuk kenal pribadi orang yg sebenarnya kok. Ada orang yang munafik : di depan kita . dia bisa baek banget, terkesan care dan perhatian ama kita, tapi di belakang kita... entah gossip apa yg ditebar. Ada juga orang yg sebenernya nggak suka ama kita (kalo nggak mau dibilang benci), tapi di depan kita, doi baek banget, sama sekali nggak ada kesan kalo doi nggak suka ama kita. Dua jenis manusia seperti inilah yg paling gue takuti......

Sebaliknya, ada juga orang yg nggak suka ama kita.. tapi reaksinya hanya nggak terlalu nanggepin kita, juga nggak musuhin kita, bukan musuh bukan temen, kalo ketemu yaaa basa basilah... Trus ada juga orang yang nggak suka ama kita dan hal itu terang2an diperlihatkan ama kita, bahwa dia nggak suka ama kita, tapi doi masa bodo kalo ada temennya yg jadi temen kita juga. Yang terakhir, dia nggak suka dengan kita, diperlihatkan ke kita dan kita dijelek2an ke semua orang yg dia kenal. Fiuuuhh.... mengerikan sekali orang seperti ini hehehe :D

Gue sendiri mungkin masuk kategori yg ke-3, kalo gue nggak suka ama orang (tapi jarang banget terjadi) biasanya reaksi gue adalah biasa2 aja kalo ketemu orang tersebut. Basa basi seadanya dan masa bodo dia mau bersikap atau berpikir apa tentang gue. Kalo pun gue sampe bisa bersikap kasar ama orang, biasanya itu karena tindakan orang tersebut yg juga kasar ama gue. Gue nggak akan mempengaruhi orang lain untuk nggak suka juga dengan orang tersebut, konyol aja rasanya :p. Kalo pun ada orang yang menceritakan sesuatu hal yg negatif tentang orang tersebut, paling gue hanya mendengarkan aja dengan komentar2? : oya?, ohh.. masa sih? dan laen2.

Ama orang yg bersikap terang2an gue menaruh respek, even kalo orang yg dia nggak suka itu gue.. paling nggak gue ngerti posisi gue di mata dia. Beda ama orang yg keliatannya oke2 aja ama kita, tapi ternyata menyimpan dendem di hati atau rasa benci atau nggak suka ke kita. Makanya gue pernah "aware" ama orang karena gue merasa dia tuh baek ama si anu, tapi kok ama gue ceritanya rada2 "miring?" tentang temen dia tersebut?.

Mungkin inilah yg dinamakan asam garam kehidupan yaa. Semakin jauh dan lama perjalanan kita, semakin kita kenal semua rasa yg ada dan semakin terbiasa juga kita dengan rasa yg ada. Manusia itu emang makhluk yg paling complicated, nggak pernah ada yg sama karakternya.. even kembar identik sekalipun. Tergantung kita menyikapin perbedaan2 tersebutlah.

Hehehe di usia gue yg udah lewat seperempat abad ini, gue berusaha keras untuk lebih bisa menerima orang dengan segala macam "keanehan" nya, berusaha untuk tidak cepet menghakimi tindakan orang lain dan berusaha untuk lebih berhati2 dalam bersikap :).

Mudah2an gue bisa lebih dewasa deh dengan sikap2 dan pemikiran2 baru ini :)
 
posted by l3l1 | Permalink |