Photobucket
Monday, August 23, 2004,6:33:00 PM
Andai gue jadi hakim....
Tadi pagi gue dapat berita dari salah satu customer yg belanja di toko gue, katanya tadi subuh jam 4 lewat ada orang yg dirampok motornya (jupiter yg baru dibeli 1 bulan lalu) trus ditembak di kepala, akibatnya orang tersebut tewas seketika.

Kalo kita mau compare antara zaman dulu dan sekarang... kayanya penjahat2 zaman dulu nggak sesadis sekarang deh. Kalo ngerampok atau ngerampas paling cuman ditodong trus motornya diambil aja, tapi perampok sekarang karena nggak mau nempuh resiko diteriakin maling dan dikeroyok rame2.. makanya korbannya langsung dihabisin. Serem nggak sih??

Makanya gue siy setuju aja ada hukuman mati buat orang2 yg kesalahannya berat, seperti pengedar narkoba, pemerkosa dan perampok sadis. Perangkat hukum kita emang masih payah, kebanyakan masih berpihak kepada "uang". So, biarpun kita ketangkep.. tapi kalo kita bisa nyediain dana sekian rupiah buat oknum2 polisi atau whateverlah itu namanya, kita bisa lepas lagi. Atau walaupun kita masuk penjara tapi kalo duit kita banyak, fasilitas dan perlakuan dari sipir penjara akan lebih istimewa buat kita. Kadang kesal juga sih denger berita di tivi si pejabat anu tiba2 sakit ini itu karena mau diperiksa kejaksaan. Giliran pencuri2 kelas teri dimasukin penjara dengan cepat dan gampang, kapan hukum kita bisa berlaku adil dan merata buat semua orang ya??

Nggak heran deh kalo sekarang banyak masyarakat yg suka maen hakim sendiri kalo berhasil nangkap pelaku kejahatan. Kadang ada yg dibakar hidup2, serem sihh... tapi gue pikir kondisilah yg membentuk prilaku seperti itu. Masyarakat udah nggak percaya ama perangkat hukum kita sehingga mereka memilih untuk menghakiminya sendiri.

Andai aja gue hidup di negeri antah berantah yg hakimnya punya kuasa penuh untuk mutusin segala perkara hukum, gue mau kaya judge bao ahhhh. Ada pemerkosa gue hukum kebiri di alun2 kota. Ada pencuri *kalo dikit* gue potong jari kelingkingnya. Ada perampok gue hukum cambuk dan potong jari2nya lebih dari satu. Ada yg korupsi gue suruh bugil di alun2 kota trus seluruh anggota masyarakat boleh hukum dia sesuka hati asal jangan dimati-in. Pokoknya ada hukuman fisiknya deh biyar kapok dan membuat orang lain takut untuk melakukan kesalahan serupa. Setelah itu mereka dimasukin ke penjara yg ketat sistem penjagaannya. Hihihi sadis yaa gueeee :D

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |