Photobucket
Friday, December 22, 2006,7:35:00 PM
solid food
Setelah dilanda dilema sekian lama antara mau ngajarin kenneth makan solid food dengan upaya memenuhi kebutuhan gizi dia. Akhirnya gue memutuskan untuk mengutamakan kebutuhan gizi dia dulu deh. Golden period dia kan cuman 2 taon, kalo sampe kelewat n dia kurang gizi… gue nggak mungkin balik lagi ke masa2 itu. So, dengan amat terpaksa gue korbankan “segi mendidik” dia deh demi menuhin kebutuhan nutrisi dia buat perkembangan fisik dan otak dia dulu. Kalo sekarang dia minum susunya 220 – 250 ml sekali minum, mungkin gue nggak akan terlalu pusingin masalah makannya… tapi ini… udahlah susunya sedikit… masa makannya juga kurang??

Selama ini kan buat makan pagi gue berikan dalam bentuk botol, sedangkan buah dan makan sore, gue berikan lewat suapan. N setelah berjuang sekian lama tapi nggak ada hasilnya… akhirnya gue nyerah juga deh. Semua makanan padat dia, terpaksa gue berikan dalam bentuk cair n dimasukin ke botol buat dia isep. N know what? Dia mau isep!! Berarti dia cuman malas ato ogah disuruh nelan aja, padahal kemaren dulu dia mau lho makan lewat sendok. Apa karena gue yg mulai ngasi lewat botol itu ya, yg bikin dia jadi ogah nelan sama sekali sekarang?? Antara nyesel n nggak niy jadinya….. (pusing mode on)

Sebelum batuk kemaren dia udah bisa minum 180 ml, tapi beberapa hari terakhir langsung nurun drastis lagi. Baru mulai 2 hari ini rada mendingan dikit… udah bisa menuhin jadwal n minum 120 – 140 ml. Untuk susu yg jam 12 siang gue campur dengan jagung manis. Caranya gue blender 1 batang sisiran jagung manis yg dicampur air trus gue masak n saring ampasnya, air jagung ini kira2 buat 1 botol susu… jadi skitar 120 ml trus gue campur dengan 2 sendok takar promil. Jadi air rebusan jagungnya menjadi pengganti air gitu….

Untuk makan pagi dan sore tetap diberikan bubur yg agak cair… biasanya bisa habis antara 120 – 150 ml, kadang lumayan kental juga. 3 hari ini menunya kuning telur, tomat dan wortel. Nanti setelah lambungnya terbiasa dengan jadwal makan ini, mudah2an dia mau makan lewat sendok karena merasa lapar (dengan jadwal yg tetap, otomatis dia akan merasa lapar sesuai jadwal juga). Capek juga gue buang2 makanan mulu tiap hari…

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: