Photobucket
Tuesday, January 30, 2007,10:11:00 PM
Bahan pangan dalam makanan bayi
Zat besi sangat penting untuk perkembangan fisik dan mental bayi, oleh karena itu dalam makanan bayi sebaiknya ada kandungan zat besinya. Misalnya daging sapi, hati ayam, sayuran hijau, kombinasikan dengan bahan yg banyak mengandung vitamin C untuk membantu penyerapannya seperti jeruk, jambu biji, tomat dan stroberi.

Karbohidrat juga sangat berperan untuk perkembangan otak, terutama karbohidrat kompleks, misalnya kentang dan ubi jalar merah. Sedangkan besarnya kadar protein pembentukan neurotransmitter yaitu senyawa asam amino yg berperan dalam proses pengolahan informasi di otak amat berpengaruh terhadap seberapa banyak protein yg ada dalam makanan yg dikonsumsi sehari2. kebutuhan ini bisa didapat dari ikan, daging, keju, yogurt dan kacang2an.

Ikan merupakan jenis daging putih yg banyak mengandung protein, rendah kandungan lemak, mudah dihaluskan sehingga lebih diterima oleh alat pencernaan bayi. Jenis ikan laut dapat diberikan secara bergantian, seperti ikan kakap putih, kakap merah, tuna, tenggiri, salmon dan ikan sarden. Tetapi hindari berbagai olahan ikan, seperti ikan asap, ikan asin atau ikan dalam kalengan.

Daging ayam dan daging sapi merupakan sumber protein utama. Daging ayam yg berwarna putih mempunyai serat yg lebih halus sehingga mudah dicerna oleh bayi dibanding dengan daging sapi yg berwarna merah. Namun daging sapi atau hati ayam (sapi) yg berwarna merah juga mutlak diperlukan oleh bayi karena mengandung mineral terutama zat besi.

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: