Photobucket
Friday, March 09, 2007,9:55:00 AM
Daftar periksa untuk penunggu bayi
Penunggu bayi yg terbaik sekalipun akan memerlukan instruksi. Sebelum anda meninggalkan bayi anda kepada siapapun, pastikan bahwa penunggu tersebut mengenal hal2 berikut :

• Bagaimana biasanya cara yg termudah untuk menenangkan bayi anda (mengayun2, sebuah lagu khusus, mainan kesayangannya, digendong dalam keranjang bayi)
• Apa mainan kesayangan bayi anda
• Bagaimana posisi tidur yg disukai bayi anda
• Bagaimana cara terbaik untuk membuat bayi anda bersendawa
• Bagaimana mengganti popok dan membersihkan bayi dan dimana popok dan perlengkapannya disimpan
• Di mana pakaian bayi disimpan, jika pakaiannya perlu diganti
• Bila bayi anda menyusu dari botol atau mendapatkan tambahan asi atau susu formula di dalam botol; bagaimana caranya memberikan botol kepada bayi
• Apa yg dapat dan tidak dapat dimakan atau diminum oleh bayi anda (pastikan bahwa tidak ada makanan, minuman atau obat yg diberikan kepada bayi tanpa persetujuan anda atau dokter)
• Susunan dapur anda, kamar bayi dan sebagainya, dan semua hal penting lainnya tentang rumah anda (misalnya tanda bahaya yg dapat menyala / bunyi dan dimana letak alat pemadam api)
• Semua kebiasaan atau ciri khas bayi anda yg mungkin tidak diduga oleh penunggu bayi (banyak muntah, banyak buang air besar, menangis jika basah, hanya bisa tidur jika lampu menyala, dapat berguling dari meja ganti)
• Peraturan keselamatan bayi, mungkin anda ingin membuat salinan dari peraturan keselamatan bayi tersebut dan menempelkannya pada tempat yg mudah terlihat oleh penunggu bayi
• Di mana letak alat2 pertolongan pertama pada kecelakaan atau alat2 pribadi
• Di mana letak lampu senter atau lilin
• Apa yg harus dilakukan jika tanda bahaya kebakaran berbunyi atau jika terlihat ada asap atau api, atau jika ada seseorang yg belum anda perkenalkan atau ijinkan mengetuk pintu
• Siapa yg anda ijinkan untuk berkunjung ketika anda tidak ada di rumah, dan apa kebijaksanaan anda tentang tamu bagi penunggu bayi


Untuk penunggu bayi, anda juga perlu meninggalkan hal2 berikut :
• Nomor2 telepon yg penting (dokter bayi, di mana anda dapat dihubungi, tetangga yg akan berada di rumahnya, orang tua anda, bagian gawat darurat rumah sakit terdekat, pusat pengendalian keracunan, penjaga keamanan, tukang perbaikan rumah) juga buku kecil dan pencil untuk mencatat pesan
• Alamat pelayanan gawat darurat setempat dan cara terbaik untuk pergi ke sana
• Persediaan uang taksi jika diperlukan untuk keadaan gawat darurat dan nomor telepon taksi
• Surat pemberian wewenang untuk menjalankan tindakan medis dalam batas tertentu yg sudah anda tanda tangani, jika anda tidak dapat dihubungi (ini harus dibicarakan lebih dahulu dengan dokter bayi anda)

Mungkin akan menolong jika anda mengumpulkan semua informasi yg perlu dalam pengurusan bayi, di dalam satu map khusus (nomor2 telepon, anjuran tentang keselamatan dan kesehatan, atau apapun yg anda anggap perlu) jika diperlukan, informasi ini dapat mudah diubah atau ditambahkan, dan semua diletakkan di tempat yg mudah dijangkau oleh penunggu bayi, dan uang cadangan dapat dimasukkan di dalam amplop yg direkatkan pada map tersebut

Mencari pengasuh bayi
Sebelum anda memanggil seseorang, sebaiknya anda membuat dulu daftar tugas yg rinci. Mungkin termasuk dalam daftar tugas ini hal2 semacam : tanggung jawab belanja dan mencuci pakaian, tetapi berhati2lah untuk tidak memberikan terlalu banyak pekerjaan yg dapat mengalihkan perhatian penunggu / pengasuh bayi ini dari bayi anda. Dalam wawancara pertama (melalui telepon) tanyakan : nama, alamat, nomor telepon, umur, pendidikan, pengalaman kerja, permintaan gaji dan mengapa ia menginginkan pekerjaan ini. Jelaskan tugas pekerjaannya dan lihatlah apakah ia masih berminat.

Selama wawancara, bacalah tanda2 yg menunjukkan seperti apa dia sebenarnya melalui pertanyaan dan komentar yg diajukan oleh calon (pertanyaan apakah bayi banyak menangis? Dapat menunjukkan ketidaksabaran akan tingkah laku bayi yg biasa), begitu pula diamnya (seorang perempuan yg tidak pernah mengatakan apapun tentang kesukaannya terhadap anak2 dan tidak pernah berkomentar tentang bayi anda, mungkin menceritakan sesuatu hal kepada anda). Untuk mempelajari lebih jauh lagi, ajukan pertanyaan sebagai berikut dan susun kalimat sedemikian rupa sehingga membutuhkan jawaban yg lebih lengkap daripada hanya “ya” dan “tidak” (misalnya : tidak banyak artinya jika anda mendapatkan jawaban “ya” terhadap pertanyaan “apakah anda suka pada bayi?”)

• Mengapa anda menginginkan pekerjaan ini?
• Apakah pekerjaan terakhir anda, dan mengapa anda berhenti?
• Menurut anda apakah yg paling dibutuhkan oleh bayi seusia bayi saya?
• Bagaimana anda akan menjalani hari bersama bayi seusia ini?
• Bagaimana anda melihat peran anda dalam hidup bayi saya?
• Apa pendapat anda tentang menyusui asi (tentu saja ini hanya perlu jika anda menyusui bayi anda dan ingin tetap melanjutkannya – dan akan membutuhkan dukungannya)
• Ketika bayi saya mulai lebih aktif dan lebih sulit, bagaimana anda akan menanganinya? Bagaimana anda mendisiplinkan anak kecil?
• Bagaimana anda akan berangkat kerja pada cuacu yg buruk?
• Apakah anda memiliki SIM dan dapat mengemudi dengan baik (jika pekerjaan ini akan melibatkan mengemudikan kendaraan)
• Berapa lama anda piker anda akan bekerja di sini? (pengasuh bayi yg segera pergi setelah bayi anda menyesuaikan diri dengannya, dapat menimbulkan banyak masalah untuk seluruh keluarga)
• Apakah anda sendiri mempunyai anak? Apakah kebutuhan anak anda akan mengganggu pekerjaan anda? (mengijinkan pengasuh bayi anda membawa anaknya sendiri ke rumah anda, akan memberikan beberapa kelebihan dan juga beberapa kekurangan. Di satu sisi, ini memberikan kesempatan pada anak anda untuk mempunyai teman setiap hari. Di sisi lain, hal ini juga memberi kesempatan pada bayi anda untuk berkontak dengan bakteri yg dibawa oleh anak lain setiap hari ; juga dengan adanya keharusan pengasuh merawat anak lain, maka kualitas dan kuantitas perhatian yg ia berikan pada bayi anda bisa berkurang)
• Apakah anda memasak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga? (adanya orang lain yg dapat melakukan hal2 ini akan memberikan anda lebih banyak waktu bersama bayi anda ketika anda berada di rumah. Tetapi jika pengasuh bayi anda terlalu banyak mengerjakan hal2 seperti ini, maka bayi anda akan terabaikan
• Apakah kesehatan anda baik? Mintalah surat keterangan sehat dari dokter atau hasil pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan tuberculosis yg terakhir, begitu pula tentang kebiasaan merokok (seharusnya ia bukan perokok), alcohol dan penggunaan obat terlarang. Pengakuan yg terakhir ini mungkin tidak akan muncul dari penyalah guna obat, tetapi perhatikan tanda2nya, seperti kegelisahan, banyak bicara, kegugupan, cepat tersinggung, pupil melebar, kuranngnya nafsu makan (pada pengguna perangsang, seperti amphetamine atau kokain), pembicaraan yg tidak jelas, sempoyongan, tidak tahu arah dengan jelas, kurangnya konsentrasi dan tanda2 lain dari mabuk dengan atau tanpa bau alcohol, pupil yg mengecil dan banyak makan manis (kecanduan heroin tahap dini); seperti melamun, terhambat, bertambahnya nafsu makan, hilangnya ingatan, kemungkinan pelebaran pupil dan mata memerah, bahkan paranoia (pengguna marijuana). Seseorang yg berusaha tidak menggunakan alcohol atau obat2an menunjukkan tanda2 dari penghentian penyalahgunaan obat atau bahan tersebut, seperti misalnya, mata yg berair, menguap, cepat marah, kecemasan, gemetar, kedinginan dan berkeringat. Tentu saja gejala tersebut dapat menunjukkan adanya penyakit (mental maupun fisik) selain penyalahgunaan obat atau alcohol. Apapun alasannya, jika gejala ini muncul pada pengasuh bayi anda, maka anda harus khawatir. Anda juga tidak menginginkan seseorang yg karena kondisi medisnya akan sering tidak masuk kerja.
• Apakah anda akhir2 ini mendapatkan atau bersedia mengikuti pelatihan pernafasan buatan dan pertolongan pertama bagi bayi?

Walaupun pertanyaan2 di atas akan anda ajukan pada calonp pengasuh bayi, tanyakan juga pertanyaan2 berikut pada diri anda sendiri, berdasarkan pengamatan anda pada setiap calon dan jawablah dengan jujur :
• Apakah calon tiba untuk wawancara dengan rapih dan bersih? Meskipun anda tidak membutuhkan seragam perawat yg dikanji dengan rapih, tetapi baju yg bernoda kotor, rambut yg tidak dicuci, dan kuku tangan yg kotor, adalah tanda2 yg buruk
• Apakah ia tampaknya memiliki semacam keteraturan yg cocok dengan keteraturan anda? Jika ia harus mengaduk2 isi tasnya selama 5 menit untuk mencari surat referensinya sedangkan anda adalah orang yg teratur dengan rapih, maka anda berdua tidak cocok. Sebaliknya, jika ia terlalu rapih dan anda biasa berantakan, anda juga tidak akan cocok.
• Apakah ia tampaknya dapat diandalkan? Jika ia terlambat untuk wawancara, berhati2lah. Ia mungkin akan terlambat datang setiap hari. Periksa hal ini dengan yg mempekerjakan dia sebelumnya
• Apakah secara fisik ia akan mampu menangani pekerjaan ini? Seorang perempuan berusia lanjut yg rapuh tidak akan mampu menggendong bayi anda sepanjang hari, sekarang ini maupun ketika bayi sudah bertambah besar.
• Apakah kelihatannya ia baik untuk anak2 wawancara ini tidak lengkap dan belum selesai sampai calon menghabiskan beberapa waktu dengan bayi anda, sehingga anda dapat mengamati interaksi di antara mereka. Apakah tampaknya ia sabar, ramah, berminat, peka dan berespons terhadap kebutuhan bayi anda? Tanyakan sikapnya terhadap anak pada pihak yg mempekerjakan ia sebelumnya.
• Apakah ia tampak pintar? Anda tentu menginginkan seseorang yg dapat mengajar dan menghibur bayi anda seperti yg akan dilakukan oleh anda sendiri, dan yg dapat mengambil keputusan yg benar dalam situasi yg sulit.
• Apakah anda merasa nyaman dengannya? Kemungkinan kecocokan calon dengan anda sediri hampir sama pentingnya dengan kemungkinan kecocokan calon dengan bayi anda. Untuk kebaikan bayi, harus selalu ada komunikasi yg terbuka dan baik antara pengasuh bayi dengan anda; pastikan bahwa hal ini bukan saja mungkin untuk dilakukan, tetapi harus mudah dilakukan.

Masa percobaan

Anda harus selalu mempekerjakan pengasuh bayi melalui masa percobaan sehingga anda dapat menilai pekerjaannya sebelum anda memutuskan apakah anda ingin mempekerjakannya untuk jangka panjang. Cukup adil bagi anda dan baginya jika anda menjelaskan terlebih dahulu bahwa dua minggu atau satu bulan adalah masa percobaan. Selama masa ini, amati bayi anda. Apakah ia gembira, bersih, bangun dan gesit ketika anda pulang ke rumah? Atau lebih lelah dari biasanya, dan lebih cepat marah? Apakah popoknya kelihatan baru diganti? Juga yg penting apakah keadaan pengasuh pada akhir hari. Apakah ia tampak santai dan nyaman? Atau tegang dan mudah marah, jelas senang bahwa tugasnya berakhir? Apakah ia tampak bersemangat ingin menceritakan pengalamannya dalam hari itu, melaporkan kemajuan yg dialami bayi, juga masalah yg ia catat, atau apakah ia secara rutin melaporkan berapa lama bayi tidur dan berapa banyak susu yg diminum – atau lebih buruk lagi, berapa lama bayi anda menangis? Apakah ia masih mengingat bahwa bayi itu adalah bayi anda dan menerima kenyataan bahwa andalah yg harus mengambil keputusan2 yg penting tentang perawatannya? Atau apakah ia tampaknya sekarang yg berkuasa?

Bila penilaian anda menunjukkan bahwa ia bukanlah pengasuh yg terbaik, mulailah mencari pengasuh baru. Bila anda tidak yakin, anda mungkin dapat mencoba pulang ke rumah lebih awal dan melihat sendiri apa yg terjadi selama anda tidak ada. Atau anda dapat bertanya kepada teman atau tetangga yg kebetulan melihat pengasuh di taman, di took atau berjalan2 dengan bayi. Jika tetangga anda melaporkan bahwa bayi anda yg biasanya gembira sekarang banyak menangis ketika anda tidak di rumah, maka anda harus waspada.

Jika, menurut pendapat anda, pengasuh bayi yg tepat belum muncul juga, mungkin anda perlu mempertimbangkan kembali keputusan anda untuk kembali bekerja daripada menjadikan bayi anda objek percobaan dari calon pengasuh yg tidak kompeten.

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: