Photobucket
Wednesday, March 07, 2007,10:25:00 AM
Gue sering denger komen beberapa temen ato sodara yg bilang gue beruntung dapat hubby yg sabar dan pengertian banget ama gue yg rada emosional ini. Ya… gue bilang emang udah jodohnya ‘kaliii, karena orang itu kan kecenderungannya kalo nyari pasangan yaaa yg bisa nambal kekurangan dia. Seperti gue yg orangnya kurang sabaran, ngeliat orang yg sabar kan merasanya dia ada poin lebih thus gue jadi tertarik gitu…..

Tapi yg namanya kehidupan rumah tangga ama masa2 waktu pacaran itu kan pastilah ada bedanya … walopun tipis (ada yg sampe jomplang, itu namanya ketepu hehehe). Kalo kita pacaran kan nggak ketemu 7 hari dalam seminggu, palingan 1-3 hari doang dalam seminggu, tentunya kadar kesabaran akan berbeda dengan jika kita ketemu tiap hari.

Ada masa2nya kok si jeff juga jadi orang yg nggak sabar, gue juga liat2 sikonlah… kalo emang gue yg salah… ya gue ngalahlah. Kalo sama2 keras… mau gimana dong? Tapi kadang2 si nartih suka lucu ‘kali liat kita berdua, soalnya kadang2 suka kaya anak kecil gitu. Seperti kemaren, saling ledek2an.. trus maen silat2an n nggak ada yg mau ngalah gitu hehehe. Kadang kalo lagi dateng isengnya, suka sengaja saling bikin kesel…kalo yg satunya kepancing trus jadi sewot.. baru deh keluar “hehehe”….. kadang gue liat si nartih curi2 nyengir liat kita berdua kalo lagi begitu…

Gue sempet ato bahkan sering banget liat atau denger curhat seorang cewe tentang calon suami dia atau pacar dia yg emosioal. Nurut gue… kalo waktu pacaran aja dia udah nggak segen2 untuk nunjukkin sifat2 emosional dia, gimana setelah merit nanti? Kekerasan itu kan nggak dalam bentuk fisik aja, kekerasan emosional juga bisa mengikis harga diri dan rasa percaya diri kita lho. Beberapa orang memilih bertahan dengan pertimbangan, masih sayang…. Udah lama pacaran n mau merit… ato mungkin di dasar hati sang cewe… dia takut nggak dapat pasangan lagi karena udah masuk usia kritis untuk merit. Sekarang yg harus jadi pemikiran adalah…. “lu mau gara2 takut nggak dapat pasangan lagi, trus nantinya kehidupan perkawinan lu kaya dalam neraka?”. Merit itu kan untuk seumur idup…. Jadi jika emang ada indicator kita bakal nggak bahagia dalam kehidupan yg harus kita jalani seumur hidup itu, apa kita mau tetep nyemplung di dalamnya? Jangan pernah merit dengan harapan kita bisa merubah pasangan kita setelah merit nanti. What you see is what you get…. Kalo emang setelah merit dia bisa berubah ke arah yg lebih baik, anggaplah itu sebagai bonus. Tapi seandainya emang dia tetep dengan kekurangan dia yg sudah kita ketahui (dan kita terima), paling ngak kita nggak terlalu kaget atau merasa tertipu gitu. Tapi jika calon pasangan jelas2 menunjukkan sifat2 emosional yg mengarah ke kekerasan fisik, apa masih tetep mau diterima juga? Waktu pacaran aja udah berani teriak2 n marah2 ke kita (atau bahkan ada yg kasusnya parah : sampe mukul), apa nggak bakal lebih parah kalo udah merit nanti? Seyem deh ngebayanginnya….. dampaknya bukan hanya ke kita sebagai pasangan dia aja lho, tapi jika ada anak2 yg lahir dalam perkawinan tersebut…. Otomatis anak2nya akan terpengaruh dong? Sering ngeliat kekerasan dalam rumah tangga, sang anak bisa jadi punya kecendrungan untuk bertingkah dan bersifat yg sama karena mencontoh dari orang tuanya.

Balik lagi ke gue n jeff, setelah merit ama dia… ada beberapa sifat yg gue udah tau waktu pacaran n bisa gue toleransi dengan gampang, tapi ternyata setelah merit… kadar toleransi ternyata bisa berubah. Mungkin karena dampak dari kekurangan yg gue liat waktu pacaran dengan setelah merit ikut berubah juga ‘kali ya. Seperti sifat nggak enak hati dia, yg kadang nurut gue nggak pada tempatnya.

Ceritanya selama ini kan dia selalu jemput temen kantor dia dan istrinya yg tinggal di cinere. Emang siy jadi simbiosis mutualisme karena sama2 diuntungkan, si jeff jadi nggak usah terlalu pagi ke kantor (bisa 3 in 1) trus kadang bisa gantian nyetir, sedangkan buat temannya mereka jadi irit di bensin. Nah… kemaren mobil jeff kan kesenggol bajaj tuh (temennya yg nyetir), so itu mobil dimasukin ke bengkel… n untuk kasus yg parah gitu, sepertinya butuh waktu seminggu-an deh untuk reparasi karena pintunya rada penyok. Gue bilang dong ama jeff, biar temennya untuk sementara bawa mobil dia n tiap pagi n malam antar jemput jeff di rumah. Tapi si jeff bilang kasian dianya kena macet, jadi si jeff minjam motor temennya. Tiap malam mereka drop dia di rumah mereka di cinere, trus si jeff pake motor pulang ke pondok cabe. Paginya juga begitu, jeff pergi pake motor ke cinere, abis itu baru bareng2 berangkat kerja pake mobil mereka. Ya jelas gue marahlah… karena lagi musim hujan begini, udah gitu repotnya.. itu motor nggak berani ditaroh di car port karena takut kemalingan, terpaksa didorong masuk ke rumah yg dorongnya tuh nggak gampang, karena tangga masuk ke rumah gue kan bentuknya ngelingkar. Bikin kerjaan kan??? Lagian apa bedanya siy dengan si jeff yg tiap hari ngejemput mereka di cinere (yg kadang kena macet) trus pulangnya ngedrop mereka di cinere lagi baru balik ke rumah? Gue kesel banget, sampe gue bilang.. lu dorong sendiri aja motornya, gue nggak mau bantuin.

Kadang2 gue kasian liat orang2 yg suka nggak enak hati dan kurang asertif. Seperti sepupu gue yg orangnya emang baek banget n cenderung ngak bisa berterus terang untuk nolak atau bantah walopun dia nggak suka atau nggak mau. Dia tinggal serumah ama mertuanya yg kalo denger cerita dia siy rada bikin gondok n jengkel, kadang saking keselnya dia bilang ketika lagi mandi, dalam pikiran dia sampe berkecamuk berbagai dialog dia membantah mertuanya saking nggak terlampiaskannya emosi dia. Dia suka bilang, gue kok nggak bisa seperti lu ya?. Hehehe gue emang terkenal cuek siy orangnya, kalo emang gue nggak suka atau marah yaa bakal gue ungkapin. Pernah nyokap jeff bilang sesuatu tentang perawatan Kenneth ngomongnya ke jeff langsung nggak ke gue, karena katanya gue suka nggak dengerin kalo dibilangin. YA… IYA LAH, kalo emang nggak make sense buat gue… ya nggak gue turutin, orang mau input soal apapun tentang perawatan anak ke gue bakal gue terima, tapi masalah gue ikutin atau nggak yaa gue pertimbangin lagi dong… inputnya bener atau nggak. Kalo bener kan nggak ada salahnya diikutin, tapi klo nggak.. masa gue turutin juga?

Gue udah tekanin berkali2 ke jeff, pokoknya kalo masalah kesehatan, gue nggak akan pake pola asuh dari keluarga lu, karena emang nggak bener pola asuhnya. Dikit2 anak dicekokin obat. Bener2 bertolak belakang deh dengan prinsip gue yg nggak akan ngasi obat ke anak kalo nggak bener2 urgen dan perlu banget. Selama ini kalo Kenneth batuk pilek gue jarang banget kasi obat, palingan gue bikin madu, air jeruk nipis dan air putih dikukus trus dikasi ke dia aja. Batuk pilek kan emang penyakit yg paling sering mendera anak kecil n itu lumrahlah, dibiarin juga sembuh sendiri kok. Kemaren kan Kenneth batuk pilek tuh, palingan ac aja yg gue matiin… 3-4 hari udah sembuh sendiri, ngak perlu pake obat. Dulu siy si jeff masih sering ngedesak gue kasi obat ke kenneth karena merasa kasian ama dia, tapi belakangan setelah ngeliat sendiri kalo nggak dikasi obat juga sembuh sendiri akhirnya dia nggak pernah ngomong apa2 soal obat lagi. Beneren lho… dikasi obat juga sembuh dalam 3-4 hari, nggak dikasi obat segitu juga masa penyembuhannya, jadi bertanya2 kan? Anaknya sembuh karena obat atau emang udah waktunya dia sembuh?

Yg namanya virus flu itu kan ratusan variannya, kalo kita biarin system imun tubuhnya yg bekerja untuk melawan virus tsb, jika virus yg sama menyerang dia lagi, maka dia udah kebal. Tapi jika kita membiarkan obat yg bekerja untuk melawan virus tsb, maka ketika virus yg sama menyerang lagi .. sang anak akan tetap terkena, karena system imun tubuh dia belum terlatih untuk melawan virus tsb. Coba deh perhatiin, anak yg dikit2 dikasi obat, bakalan lebih sering sakit dibanding dengan anak yg jarang dikasi obat. Tapi kita kudu ngeliat sikon juga lho.. kalo emang parah ya kudu ke dokter atuh… jangan dicuekin.

Ngomong2 kok gue bicaranya ngelantur kemana2 ya? Hehehe intinya siy yg namanya keidupan perkawinan itu take n give n proses saling menerima kekurangan masing2lah. Lucky me lah karena dapat anak dan suami yg bisa membuat idup gue lebih berwarna warni….

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: