Photobucket
Tuesday, November 27, 2007,7:36:00 PM
Asi vs sufor
2 tahun belakangan ini gema pemberian asi untuk baby bener2 bergaung ya, secara selebriti juga pada rame2 ngasi asi ke babynya.

Dari awal ketika hamil Kenneth, tekad gue adalah lahir secara normal dan memberi asi full ke Kenneth sampe sesukanya dia, secara gue juga asi sampe umur 3 taon! Tapi ternyata leher Kenneth kelilit tali puser 2 kali, udah gitu kepalanya nggak turun panggul dan juga kelewat gede untuk ukuran panggul gue, ujung2nya gue kudu Caesar. Yaaa jadi bengkak lagi deh budget lahirannya, tapi abis itu rada bersyukur juga secara denger story yg lahiran normal pada aneh2… hihihi….serem banget….

Trus soal asi, setelah dipikir2 sepertinya kesalahan utama gue ada di waktu masih usia sebulan , gue kan dibantu ama a-ie2 tuh… nah.. mungkin karena itulah juga yg bikin gue kurang maksimal ngasi asi ke Kenneth, karena kadang2 ketika lagi capek gue bilang kasi aja sufor. Penyebab kedua adalah, gue kurang disupport ama si jeff. Kolostrum gue baru keluar pada hari ke-5. kebetulan di hermina sunter ketika melahirkan, kita ditanya mau sufor atau asi exclusive. Kalo exclusive, bayinya nggak dikasi apa2. itu suster udah pada bete2 ke gue, secara si Kenneth suka nangis tapi asi gue nggak keluar2 juga. Jadinya pada nanya terus berulang2 ke gue. Akhirnya hari ke-4 nyerah juga gue, pake sufor.

Sampe di rumah, gue masih cukup ngotot… tapi si jeff karena takut anaknya kelaparan, selalu nguberin gue ngasi sufor aja. Lama kelamaan, akhrinya banyakan sufornya.. karena gue jadi keenakan mungkin….

Tapi di luar itu semua, sepertinya kondisi tiap orang tidak sama dan tidak bisa disamakan. Ada yg biar anak pertama, pada hari pertama atau kedua udah keluar asinya… nah.. yg kaya gue ini… hari kelima baru nongol, apa bisa tetep pede?

Gue siy berasa sebelum lahiran, bekal pengetahuan gue mengenai asi ini udah cukup banyak. Tapi emang dalam prakteknya, dibutuhkan usaha yg lebih gigih lagi. Mungkin juga karena makannya gue yg kurang juga, secara abis sebulan ngak ada a-ie itu… makan gue jadi nggak ada yg masakin, jadinya kadang2 nggak menggugah selera juga.

Gue salut banget ama ibu2 yg bekerja, tapi tetep ngasi asi exclusive ke anaknya. Kebayang capeknya meras asi di sela2 jam kantor. Belum lagi buat yg asinya banyak, kadang2 suka jadi bengkak payudaranya sampe pada basah…. Tapi gue nggak pernah tuh ngalamin yg namanya bengkak payudara… waktu diurut ama nenek yg biasanya ngurut Kenneth, emang saluran asi gue kecil katanya. Jadinya ya kudu sering2 banget bayi disusuin.

Di luar salutnya itu, kadang2 gue rada nggak suka juga siy kalo ada ibu2 yg ngasi asi exclusive ke anaknya.. trus merasa jadi ibu yg lebih baik dari ibu yg ngasi sufor ke babynya. Nurut gue, mau ngasi asi atau sufor itu adalah pilihan setiap orang. Kita tidak bisa mengukur baik tidaknya seorang ibu hanya dari satu sisi itu saja. Setiap orang punya masalahnya sendiri… bersyukurlah buat yg tidak menghadapi banyak masalah dalam pemberian asi ini. kondisi tiap orang tidak sama, ada yg mungkin butuh usaha 5x lebih keras dibandingkan dengan orang laen, ada yg 3x lebih keras, etc. dan kalo sampe akhirnya dia nyerah, itu adalah pilihan dia

Btw, selama ini gue berpikir untuk anak kedua, harusnya asi bakal lebih banyak dan bakal lebih cepet keluarnya. Tapi ternyata mamanya sassy yg baru ngasi dedek lagi bilang ngak juga. Katanya karena anak kedua, jadi lebih capek karena ada 2 anak yg harus diperhatikan. Hm… masuk akal juga ya, secara maminya sam juga gitu. Waktu sam katanya asinya banyak banget, tapi giliran si Sebastian.. asinya malah nggak gitu banyak. Mungkin karena kecapekan ‘kali yaaa.. karena capek kita kan stress juga.nah.. kalo dah stress… asi biasanya kan menurun produksinya…..

Tapi kalo gue mungkin malah terbalik nanti kondisinya, karena ketika kita udah pindah lippo nanti.. bonyok jeff bakal serumah ama kita. Jadi rasanya gue harus lebih gigih lagi ngasi asi ke anak kedua gue nanti, secara urusan makan gue udah nggak perlu pusing… urusan Kenneth juga bakal ada orang yg bisa dipercaya yg akan ngeliatin. Jadi mestinya nggak banyak hal yg bisa bikin gue capek dan stress hehehe

Alasan utama gue ngasi asi nanti siy lebih ke pertimbangan ekonomisnya, secara sufor sekarang harganya aujubile hehehe. Kalo orang bilang anak asi lebih sehat dan jarang sakit dibandingkan dengan anak sufor, siapa bilang? kenneth cuman asi 2 1/2 bulan tapi jarang sakit kok. Gue lebih percaya pola asuh lebih ngaruh ke masalah kesehatan anak ini deh daripada konsumsi susunya, walopun emang asi lebih memberi sistem imun yg lebih tinggi ke anak, tapi kalo pola asuhnya salah.. .. apa itu bisa menjamin ??

Gue emang dilemma banget mengenai pengaturan anak kedua ini, mau ditunda agak lama.. takut usia udah garis merah. Rasa2nya emang perlu memulai produksi awal taon ini deh hehehe.. itupun kalo langsung dikasi, siapa tau.. nggak bisa langsung sukses hehehe…..

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


2 Comments:


  • At Thu Nov 29, 09:37:00 AM 2007, Blogger - manda ayah buat toriq -

    Mom, usia garis merah tu usia berapa ya? gue liat elu baru 20an ya?...kalo gue mah taun depan udah 30....deg2an niy gue kapan memulai lagi....hehehhehe.....

    tenang, gue ga mikir elu enggak sebaek ibu2 yg kasi ASI kok, secara abis lahiran Toriq ASI bisa keluar di hari ke-2 itupun enggak ada 10ml, sampe disindir2 suster2 segala...gue mah cuek bebek, mo tuh suster ngomentarin apa juga, namanya ibu baru ya?....

    lo jadi curhat....

    sabar ya mom....moga2 Kenneth makin pinter kalo diasuh mommynya sendiri......ngiri gue sama lu Lel, bisa asuh Kenneth sendirian di rumah....

     
  • At Tue Dec 04, 11:53:00 AM 2007, Blogger Michelle Angelee

    Lel, senasib nih sama diriku, cerita mirip bener, cecar juga akhirnya, dan asi hanya 4 bulan, itu juga gak asi ekslusif, dan untungnya Mici sehat2 juga kog, pola asuh memang yang paling penting menurutku.
    Nah, ntar anak kedua jangan dibuat beban supaya asinya ntar bisa keluar banyak. Klo dari sekarang aja udah kepikiran gimana nanti tuh klo pas udah dikasi momongan kedua. Okay. Ngomong gampang sih, yang jalaninnya susah...hehehe...saling support aja yach.
    Oya, skr kamu di Modern Line yach, belum jadi terjual ya Lel ? Pindah ke Lippo deket juga donk sama rumahku, yuk kapan2 ketemuan yach.