Kelinci,Gemini,ENTJ
Kholeris,Sanguinis
Jakarta,Indonesia
Buku,musik,film
Coklat,es krim,salad buah
Gone with the wind,
Topeng Kaca, Shogun, Taiko,
Chicken Soup For The Soul
Legenda Naga
BPA Free seller
(Kelas reguler yang mengutamakan keunikan & keragaman murid)
Seminar membicarakan pola tumbuh kembang anak cerdas istimewa (gifted), cara-cara mutahir deteksi dini dan diagnosa, pendekatan pendidikan anak cerdas istimewa dalam sekolah umum/reguler dengan murid beragam (inklusi), serta bagaimana mengatasi berbagai masalah yang umum terjadi pada anak-anak cerdas istimewa.
Sabtu, 24 November 2007 08.00 – 16.00 wib Ruang Podium Depan, Gedung Indosat Lt.4 PT. Indosat Tbk Jl. Merdeka Barat 21 Jakarta
Tujuan Umum •Memberikan pemahaman kepada masyarakat luas tentang pendidikan anak cerdas istimewa dalam kelas inklusi. •Memberikan pendampingan dari fihak professional kepada pihak sekolah dan orang tua agar tercapai pola pengasuhan dan pendidikan anak cerdas istimewa yang paling optimal
Tujuan Khusus Memberikan pemahaman tentang: •Apa yang disebut sebagai kelas inklusi dan bagaimana sistem pendidikan kelas inklusi •Cerdas Istimewa dalam teori •Pola tumbuh kembang anak-anak pada umumnya, dan pola tumbuh kembang khusus anak cerdas istimewa •Deteksi dini dan diagnosa anak cerdas istimewa •Berbagai permasalahan yang mungkin dapat terjadi dalam tumbuh kembang, sosial-emosional, dan kesulitan serta gangguan belajar pada anak cerdas istimewa •Metoda pendidikan anak cerdas istimewa dan layanan keberbakatan
Seminar ini ditujukan kepada: •Orang tua •Professional/praktisi yang terlibat dalam pendidikan dan persiapan bersekolah (guru, dokter, psikolog, pedagog, dll) •Pemerhati pendidikan •Mahasiswa yang berminat
Manfaat lanjut dari seminar ini. Terjadinya percepatan perubahan sistem pendidikan dari sistem pendidikan yang : •klasikal konvensional yang tidak memperhatikan keragaman murid ke arah bentuk kelas inklusi yang memperhatikan kebutuhan dan keragaman murid; •berorientasi pada pencapaian tujuan pendidikan kepada pendidikan yang berorientasi pada kondisi murid •berbasis konten ke arah pendidikan berbasis kompetensi anak serta ke arah pendidikan yang adaptif di mana tawaran pendidikan lebih sesuai dengan keunikan setiap anak .
Pembicara : Drg Ekodjatmiko Sukarso, MM, M.Kom. Direktur PSLB Mandikdasmen Depdiknas. Materi: Kebijakan pemerintah tentang pendidikan anak cerdas istimewa
Endang Widyorini, PHD, psikolog perkembangan dan pakar gifted and talented children lulusan Katholieke Universiteit van Nijmegen - Nederland, dosen Fakultas Psikologi dan kepala Pusat Pengembangan Bakat dan Kreativitas Universitas Soegyapranata Semarang. Materi: Perkembangan mutakhir teori giftedness, deteksi dini dan diagnosa cerdas istimewa.
Prof. Mulyono, ahli pendidikan khusus Universitas Negeri Jakarta. Materi: Pendekatan pendidikan anak cerdas istimewa dalam kelas inklusi.
Dr. S. Faisa Abiratno Sp.THT, ahli THT yang mendalami neuro-ontologi. Materi: Deteksi dan diagnosa keterlambatan bicara pada anak dengan inteligensia baik.
DR. Julia Maria van Tiel, orang tua anak cerdas istimewa, menetap di Belanda, pembina komunitas mailinglist orang tua anakberbakat@yahoogroups.com dan penulis buku: “Anakku terlambat Bicara”. Materi: Tumbuh kembang anak cerdas istimewa dan mendampinginya dalam pendidikan
Diskusi Interaktif dipandu oleh Dr Bayu Prawira Hie Biaya: Rp. 150.000,- Pembayaran: Rekening BCA KCP Warung Buncit Norek.5520 203 615 an.Ines Wuri Handayani
Pendaftaran: Wulan – 0818994802; Ines - 0813 1115 9898 Tel. 99439404; Fax.7919 6862, selambatnya 22 November 2007.
Penyelenggara: Yayasan Adhi Purusa (paguyuban orang tua Gifted & Talented Children) bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa Mandikdasmen Depdiknas