Photobucket
Thursday, April 17, 2008,2:12:00 PM
Tiap anak itu unik
Buat yg baru punya satu anak mungkin ngak terlalu berasa 'kali yaa secara ngak ada bahan perbandingan gitu...

Tetangga sebelah rumah gue punya anak cewe, panggilannya cleo. Papinya suka ngeluh kalo anaknya sampe sekarang tiap tidur masih suka nangis2 ngak jelas.. trus ngak pernah tenang gitu.. udah gitu langganan batuk pilek .. saban bulan pasti ada ajaaa sakitnya...

Makanya dulu gue pernah nanya ama maminya, kapan mau nambah adik lagi? katanya papinya bilang cukup satu anak aja hehehe. Yaa gue bisa maklum siy dengan dia.. soalnya dari baby sampe sekarang... yg udah 3 taon lebih masih aja susah perawatannya gimana kagak trauma coba??

Anaknya siy klo diliat dari luar (secara fisik maksudnya) tidak ada masalah... tinggi dan berat badan termasuk normallah. Untuk sosialisasi juga normal (di luar sifat dia yg ogah minjamin maenan dia itu... hehehe lumrahlah yaa lagi egois umur segitu mah), untuk kemampuan berbahasa dan berkomunikasi juga bagus. Lumayan cerdas juga... tapi ya itu... suka nangis2 tiap malam, teriak2 ngak jelas katanya... makanya sejak dia lahir sampe sekarang kedua orangtuanya kagak pernah tidur tenang. Waktu baby lebih parah lagi... kudu digendong ayun sampe pagi secara gantian antara mami ama papinya. Gilee....

Dia juga udah ke banyak dokter dan ahli buat periksa dan sampai sekarang ngak ketaun masalahnya di mana tuh. Gue pernah bilang... ipar gue pernah cerita mengenai anak temannya, yg sehat dan lucu dan normal aja, tapi suka nangis2 tiap tidur... akhirnya dicek ke spore ternyata tuh anak alergi ama susu sapi... distop susunya (ganti yg HA) baru berhenti nangis2nya. Tapi ketika gue ceritain mereka diem aja, alias apatis aja.. ya sudahlah... dia ngak percaya.. padahal dalam kasus dia, benernya nothing to lose yaa buat dicoba.. toh anaknya kuat makan... diganti susunya harusnya ngak masalah ya. Btw,anaknya minum susu keluaran wyeth dan secara materi dia lebih dari cukup... maminya ftm kae gue.. selisih umur 10 taon ama papinya...

Trus ada lagi anak cici gue yg kedua... termasuk agak beda... dulu waktu baby gue sempet agak worry2 dikit liat dia.. takut autis.. secara suka cuek bebek ajaa.. (belum merit guenya).. nonton tipi kagak berkedip.. dipanggil cuek aja... jarang menatap mata kita. Belakangan masuk umur 2 taonan ketika lagi tren mengenai indigo child ada banyak ciri2nya di dia.. masuk 4 tahun ngomong masih belum lancar.. menjelang hampir 6 taon belum bisa baca..... emaknya sempet bingung secara sekarang klo sd dah kudu bisa baca (padahal waktu kita dulu mah normal aja sd belum bisa baca).. ternyata menjelang masuk SD dah bisa baca.

Anak cici gue yg kedua ini mirip ama kenneth, dari postur tubuh... sifat... profil muka (tapi gantengan dia siy) .. waktu itu gue diliatin foto dia waktu masih kecil .. aduhh mirip banget ama kenneth. Ampe ketika ditanya ke dia itu foto siapa.. dia bilang dedek kenneth hehehe saking miripnya tuh foto ama face kenneth yg sekarang. Gue juga heran kok bisa mirip gitu padahal klo di compare langsung ya ngak mirip, karena dia itu ganteng.. waktu kecil kae anak bule.. cakep.. dengan kulit putih halus dan mata yg belo banget, bibir merah dan rambut item tebel.. alisnya juga bagus. hahaha bukannya ngak bangga ama anak sendiri, tapi ya emang secara bawaan fisik tuh beda, tapi klo diliat ya mirip gituu...
udah gitu burungnya sama2 gede hihihi... badannya juga kurus2 tinggi gitu.. sifatnya juga banyak yg mirip. Telat ngomong... ngak bisa diem...

Tapi kata cici gue kemaren dulu ... kenneth ngak sama lah ama anak dia yg kedua ini, secara kenneth di umur yg mau 2 taon ini dah bisa nyebut nama binatang2 yg gue tunjukin lewat gambar.. karena anak dia waktu umur segitu belum bisa yg ginian. Jadi legaan dikit deh. Dulu tuh anak sempet di therapi di klinik anakku, sempet dibawa ke dokter Hardiono juga.. kata dokter hardiono siy .. ini anak cerdas, cuman terlambat aja. Dulu di forum dokter hardiono sempet komen juga siy tentang kenneth, katanya cerdas banget tapi emang cuek hehehe. Gue mah aminnn ajaa dahhh... mudah2an emang benerrr...

Yang jadi pikiran gue sekarang adalah, apakah sekolah yg gue pilih itu kurang tepat ya? maksudnya ruang kelasnya ada tempat playgroundnya gitu.. jadinya dia maunya maen mulu... ketika gurunya lagi dikelilingi ama murid2 laen, dia asyik sendiri kagak mau join. Yang dia mau join cuman acara bubble, tiduran di bawah parasut, joget2 ama maen yg ngelibatin fisik. Seperti kemaren waktu tiap anak dikasi corn es cream yg terbuat dari kertas, trus disuruh ngambil bola pake corn itu.. n then masukin bolanya ke tempat yg telah ditetapkan sesuai dengan warnanya. Dia mau tuh lari2 ngambil bola, trus masukin ke kotaknya.

Tadi gue telfon sepupu gue katanya apa ngak usah di sekolahin.. ajarin aja sendiri di rumah... karena dia berasa kenneth punya kemampuan di atas anak dia malahan... secara kenneth dah tau angka, warna dan bentuk.. tapi anaknya masih ngak ngerti warna padahal lebih tua setengah taon dari kenneth. Ketika gue bilang kenneth belajar ini semua dari rumah, bukan dari sekolahnya.. makanya dia saranin gue ngak usah sekolah aja...

Kemaren sempet nyari info tentang homeshcooling siy... tapi kok rasanya ngak pede ya mau terapin HS ke kenneth... secara rasanya gue ngak ada kapasitas seorang guru gitu... padahal sempet liat web-nya bu lala yg dua anaknya HS. wah.. hebat banget deh.. anak umur segitu udah menjangkau jauh banget ...

Jadinya keputusannya... dia gue ajarin di rumah, di sekolah biarin deh maunya dia apa.. mungkin emang belum masanya dia tertarik untuk belajar2 ama gurunya hehehe...

Trus masalah belajar di rumah, hehehe jangan ngebayangin gue rutin ajarin dia yaa.. karena semua tuh tergantung moodnya dia. Benernya umur segitu kegiatan mengajar lewat nempel2 tuh bagus, tapi dia sepertinya tidak terlalu berminat. Kemaren dulu setelah beberapa kali ngelem.. lem-nya dia colok2 pake pensil... gue singkirin lemnya.. trus gue godok lem sendiri dari tepung sagu.. eh... giliran udah ada lem yg ini... disuruh lem, dia maen2in lem-nya.. udah gitu kadang2 lengket di tangan.. dia bilang ihhh ... geli gituuu....

Jadinya ya.. biar udah nyiapin banyak worksheet buat dia belajar.. banyakan disimpen dulu deh.. ntar2 tunggu dia berminat... karena anak emang ngak bagus klo dipaksa2...

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: