Photobucket
Tuesday, March 30, 2004,10:48:00 PM
anda seorang pendendam?

Kalo gue menilai diri gue sendiri sih sepertinya nggak :)>-, kalo pun gue sampe bisa dendem-an ama orang.. itu nggak pernah bertahan lebih dari satu taon :">.

Gue orang yang cenderung cuek dan masa bodo, jadi gue nggak terlalu mikir macem2. Kalo ada yang nggak suka ama gue, tapi gue-nya nggak ada feeling apa2 ama dia, and dianya juga nggak macam2 ama gue, yaa gue akan masa bodo aja. Gue akan tetep memperlakukan dia seperti orang2 dan teman2 gue yg laen, nggak kurang .. nggak lebih.. standar aja....

Gue punya prinsip, gue nggak harus disukai oleh setiap orang.. namanya juga idup .. pasti ada yang suka ada yang nggak.. selama masih sama2 saling menghormati.. pusing amatlah :)

Tapi biasanya sih, kalo gue udah mulai diusik2... dan gue merasa keusik x-(
(kadang2 gue cuek bebek aja sih, jadi nggak selalu merasa keusik), gue akan ikut membalas dengan porsi 2x b-( dari yg gue rasakan. Jelek ya? 8-}
Tapi biasanya sih gue nggak pernah lama2 memendam perasaan2 negatif seperti ini, karena menurut gue kalo nggak dibuang .. perasaan2 ini bakal jadi sampah di hati gue.. dan seperti layaknya sampah.. lama2 dia akan membusuk dan mencemari lingkungan di sekitarnya dengan bau busuknya dan bakteri2 perusaknya. So.. buat apa wasting semua waktu dan perasaan kita untuk sesuatu yg jelas2 ketaun hanya bersifat destruktif saja?

Beberapa waktu yg lalu dalam salah satu obrolan gue ama temen, tercetus flash back masa lalu seseorang. Kok bisa lama gitu sih marah ama orang? buktinya gue aja.. udah biasa2 aja ama si X, kata gue. Trus dijawab, itu karena lu orangnya emang nggak pendendam.. makanya bisa dengan cepet ngelupa-in rasa sakit hati lu. Unik sih nurut gue.... karena terluka oleh satu dan laen hal, orang bisa memutuskan untuk keluar dari lingkungan yg sebelumnya telah dia akrabi dengan memendam luka di hati yg dibawa selama bertaon2. Dan dalam lukanya tersebut.. dia ikut menebarkan pengaruhnya ke temen2 lain. Entahlah sampai sekarang apa masih begitu... tapi sepertinya sih udah nggak...

Dulu gue sempet komen : kok.. seperti itu ya? gue berasanya muna aja orang kaya gitu, banyak bicara soal kebajikan dan hidup kristiani.. tapi secara sadar melakukan hal yg dia tau.. itu jelas2 suatu dosa. Trus dijawab ama temen gue, eh.. setiap orang kan punya kelemahan, mungkin itulah kelemahan dia yg dia sendiri tidak berdaya untuk mengontrolnya. *-:) jreng.. pikiran gue langsung kebuka, kenapa gue jadi ikut2an ngejudge orang seperti itu? :">.

Mungkin kadang tanpa kita sadari, kita punya tuntutan lebih terhadap orang2 yg kita anggap lebih religius dibandingkan kita atau orang2 lain yg biasa2 aja kehidupan rohaninya, padahal mereka itu kan manusia juga yang nggak luput dari dosa, mereka bukan malaikat!. Aduh.. maafin gue yg sempet berpikir seperti itu...

Terkadang kita memang cenderung menganggap sepele dan nggak masuk akal terhadap tindakan2 dan peristiwa2 yg belom pernah kita alami. Pada saat itu, kita merasa kita pasti tidak akan bereaksi seperti itu atau melakukan hal2 yg nggak masuk akal tersebut. Tapiiiii... terkadang TUHAN mengajar kita untuk lebih bisa menyelami perasaan orang lain dengan cara memberi kita masalah yg sama atau kadang2 masalah yg sama dengan posisi yg berlawanan. And then.. akhirnya kita jadi lebih nyadar... kenapa orang bisa bereaksi atau bertindak seperti itu... karena ternyata kita pun bisa melakukan hal yg sama dengan orang yg dulunya sempet kita anggap nggak masuk akal tersebut:D

Gue sendiri percaya banget dengan apa yang namanya hukum tabur tuai itu. Dalam kehidupan gue pribadi dan keluarga gue secara umum, gue udah cukup banyak melihat dan merasakan. Betapa amazing kuasa Tuhan itu.. hal2 yg nggak pernah kebayang ama kita bisa terjadi, akhirnya bisa terjadi. Ada satu pepatah chinese yg sering gue denger dari orang2 tua : Jika umur lu belum nginjek angka 70.. jangan pernah berkata yg tidak2 mengenai orang lain. Satu contoh nyata cici gue, dulu dia sempet diomongin macam2.. tapi dia nggak pernah peduli. Akhirnya setelah 10 taon lewat... satu persatu.. orang2 yg pernah ngomongin dia.. mulai kejatohan tula dari kata2 mereka. Anak2 mereka maupun mereka sendiri mulai mengalami hal2 yg dulu pernah mereka katakan tentang cici gue, tapi gue salut banget ama cici gue... dia tidak pernah peduli dan menaruh dendam dengan orang2 tersebut. Akhirnya sekarang.. orang2 tersebut mulai sadar dan terbuka mata hatinya.. karena ketika mereka susah.. cici guelah yg datang menawarkan bantuan.. dia tidak pernah mencibir balik untuk membalas perbuatan mereka. Gue salut banget ama dia.. mungkin karena itulah.. dia diberkahi kehidupan yg baik ya saat ini =d>
 
posted by l3l1 | Permalink |