Photobucket
Tuesday, March 30, 2004,9:43:00 PM
people changed?

Character... Changed as Time Goes By, itu kata montan di blognya kemaren. Bener banget tuh nurut gue.. soalnya gue juga berasa kalo sifat gue rada bergeser beberapa taon belakangan ini.

Beberapa minggu yang lalu gue sempat ngobrol2 ama steve. Doi bilang, gue lebih keliatan sebagai seorang melankolis dibandingkan sanguinis. Heran juga lho.. soalnya melankolis gue dah banyak terkikis sekarang :p. Gue mungkin keliatan melankolis di luar-nya aja, bukan di dalam. Maksudnya dari segi selera berbusana, cara gue menata sesuatu, dll. Tapi kalo dah nyangkut perasaan.. gue lebih ke kholeris, kalo orang melankolis kan cenderung mendayu2 yaaa :D kalo gue nggak..... :p

Dulu, pertama kali gue kenal buku personality plus *kurang lebih 5 taon yg lalu*.. gue adalah kholeris, sanguinis dan melankolis dengan hasil yg hampir berimbang ditambah sedikit unsur phlegmatis. Sayang hasil tes gue udah ilang, hm.. sialex masih nyimpan nggak ya? hehehe kalo masih gue minta dong lex :).

Ketika 2 bulan yg lalu gue tes lagi, ternyata unsur2 melankolis gue telah banyak menghilang diganti dengan kholeris, kalo gue nggak salah inget : kholeris 24, sanguinis 12, phlegmatis 3, melankolis 1 *bener nggak yo? buku gue kan udah dihibah-in ke lu hehehe*.

Mungkin si steve bisa bilang begitu karena sifat2 sanguinis gue yg tersisa kebanyakan adalah kekurangan2nya Hehehe. misalnya slebor dan rada grasa grusu, suka nyasar, cuek, pembosan, rentang perhatian yg pendek, dll. Sifat2 seperti itu kan nggak terlalu keliatan kalo nggak bergaul lebih dekat. Tapi yg nggak pernah salah ditebak orang adalah sifat kholeris gue. Rata2 orang yang ketemu gue, selalu aja menebak kalo gue pasti ada unsur kholerisnya. Jangan2 emang bener di muka gue ada cetakan kata kholerisnya :D

Gue rasa semua ini karena pengaruh lingkungan dan pengalaman idup. Misalnya jika kita kerja di lingkungan yang menuntut kita untuk bertindak mandiri dan tegas, lama2 sifat2 kholeris kita akan bertambah karena bentukan lingkungan kerja tersebut. Atau bisa juga karena seiring dengan bertambahnya usia kita, cara kita memandang dunia dan merespon lingkungan di sekitar kita juga ikut berubah. Misalnya kita yang punya sifat kholeris yg meledak2.. karena sudah lebih dewasa.. sifat meledak2 tersebut sudah bisa lebih kita tekan.

Yang jelas.. manusia itu emang makhluk paling unik deh, nggak ada 2 pribadi yang sama... semua orang punya kekhasan-nya sendiri dengan plus dan minusnya, yaa tergantung kita menyikapinya aja.

btw mon, emang terakhir tes kapan tuh? apa emang melankolisnya sedikit? :)
trus jika lu disuruh menebak PP gue tanpa mengikut sertakan pengetahuan lu tentang gue *selama gaul dan dari milis*, kira2 ketangkapnya apa tuh?
 
posted by l3l1 | Permalink |