Photobucket
Sunday, May 23, 2004,8:14:00 PM
Teganyaa....
Tadi waktu gue nyetrika baju.. *gilee cucian seminggu bo' :p*.. tanpa sadar *ngelamun 'kalii :(* jempol gue menyentuh bagian dasar setrikanya... hikshikshiks... puanasss... :(( maklum lagi puncak hotnya... buru2 deh gue kasi odol biar ademan dikit...

Dari situ gue kepikiran... gimana yaaa rasa sakit yg diderita oleh nirmala waktu badannya disetrika ama majikannya? Duh Gustiii... kok ada yaa orang yang setega itu? Maksud gue.. kadang kita ngebayangin mau iris daging orang dikit ajaa, rasanya nggak bakal bisa, karena takut dan nggak tega. Lha ini?? sampe ada adegan nyetrika badan dan nyiram pake air panas segala :o. Duh.. duh.... kemana yaa belas kasihannya? nggak habis pikir gue..... :(

Seperti banyak kisah2 pilu yg kita denger dan baca mengenai pengalaman penganiyaan yg dialami oleh TKW kita yang bekerja di arab saudi atau negara lainnya, pemicu amarah para majikan tersebut adalah kurang sigap dan trampilnya tenaga2 kerja kita di sana. Mungkin mereka merasa telah membayar mahal, tetapi hasil kerja yg didapat tidak sesuai dengan harapan mereka. Tetapi tetap aja... itu nggak bisa dipakai sebagai alasan untuk menyiksa para tenaga kerja tersebut.

Mungkin kita perlu banyak belajar dengan tetangga kita Filipina. Sebelum diberangkatkan ke luar negeri, tenaga kerja mereka biasanya mendapat pelatihan2 yg cukup. Kendala bahasa juga menjadi salah satu masalah. Gue pikir hal ini bisa disebabkan oleh agen2 tenaga kerja yg hanya mikirin untungnya saja, taunya menyalurkan saja tanpa mau ngurusin tetek bengek lainnya. Belum lagi pemalsuan2 data dan identitas orang2 yg dikirim ke sana agar bisa lolos visa dan sebab2 lainnya. Padahal jika terjadi masalah, orang yg datanya dipalsukan tersebut sangat dirugikan.

Ahh.. kapan yaa ada pembenahan di bidang ini? Mereka kan nyumbang devisa buat negara juga....

Kalo udah gitu... gue suka bersyukur juga... untung idup gue nggak dkondisikan sesusah itu sehingga harus mengadu nasib jadi TKW....

Terima kasih Tuhan atas semua kasih karuniamu :)
 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: