Photobucket
Friday, August 04, 2006,8:46:00 PM
Persiapan sebelum lahiran
Berdasarkan pengalaman gue selama ini, barang2 di bawah inn mendingan dibeli duluan deh sebelum lahiran.. jadinya ntar nggak repot

1. Botol susu
Jika berencana memberi susu formula ke baby, mendingan siapin botol susunya. Saran gue siy cukup satu dulu, karena kadang2 ada baby yg milih2 dot. Jadi kalo misalnya udah terlanjur beli botol keluaran pigeon tau2 babynya kurang suka dotnya n maunya dot keluaran huki yg ortodontik kan sayang tuh kalo udah kebeli banyak. Ntar kalo udah ketaun babynya doyan yg mana baru deh beli lagi, minimal 6 botol deh. Kalo gue siy ada sekitar 13 botol karena kadang2 ribet buat nyuci dan sterilnya, lagian capek juga kalo sekali2 mesti nyuci. Enaknya kalo banyak bisa cukup buat 24 jam

2. Kain bedong dan popok kain
waktu baru lahir, baby itu sering banget pipis dan pup lho... so, minimal stok 2 lusin deh. Apalagi kalo lagi musim ujan... wah bisa nggak keuber nyuci n ngeringannya. Tapi popok ini kepakenya nggak lama siy... palingan sampe 40 hari aja. .mungkin beda2 buat tiap baby siy, kalo kenneth kan rada panjang... jadinya belum 2 bulan aja popok kain yg diikat itu udah nggak muat buat dia. Gue nggak kasi dia gurita karena dari RS melarang pemakaian gurita, katanya baby itu nafasnya lewat perut jadi sebaiknya jangan pake gurita. Pengikatan yg kencang di perut baby bisa bikin dia sering muntah.. gitu katanyaa….

3. Pakaian
Untuk celana pendek beli yg new born 1 lusin aja, nurut gue celana pop merk fluffy lebih bagus. Trus celana panjangnya mendingan yg langsung ama kaos kaki lebih enak. Gue siy pake merk caney, yg lebih mahal merk nova. Untuk celana panjang sepertinya 1/2 lusin juga cukup karena malam hari biasanya dipake-in diapers. Tapi kalo nggak pake diaper kudu 1 lusin 'kali yaaa. Nurut gue siy mendingan dipake-in diapers biar kitanya nggak repot dan dia juga bisa tidur lebih nyenyak. Kasian kalo sampe dia pipis trus kitanya nggak tau, kan basah tuh.. takut masuk angin ntar.. Untuk baju beli 1 lusin campur antara lengan pendek dan lengan panjang. Kalo emang rada pengap kasi aja baju nggak berlengan. Jadi stok 3 macam. Baby kan cepet gede, jadi beli seperlunya aja nurut gue.. karena kalo nggak muat lagi kita kudu beli ukuran yg lebih gede lagi.

4. Sarung tangan & kaki
cukup beli 2 pasang aja nurut gue. Karena kalo udah gede-an dikit sarung tangan udah nggak terlalu perlu soalnya kalo udah bisa masukin tangan ke mulut bisa diisep2 mulu tuh sarung tanganya. Trus untuk sarung kaki biasanya cuman kepake sampe umur 40 hari aja, seterusnya mendingan pake kaos kaki lebih mantap. Gue titip sepupu gue beli di ITC cempaka mas 3 pasang 10 rebu

5. Topi
Minimal ada 1 topi lah buat nutupin kepala dia kalo kita bawa keluar malam

6. Selimut
Ada selimut yg pake restleting bahannya kaen yg dilapis busa, nah.. kalo baru pulang dari RS enak tuh gendong pake itu. Maklum kita ibu2 baru kan biasanya masih rada canggung gendong bayi, apalagi kalo yg berat lahirnya minim sehingga bikin ngeri gendongnya. Sekarang siy kenneth nggak pake selimut karena masih gue bedong kalo tidur

7. Bak mandi
Mending beli yg agak panjang, soalnya bak mandi gue sekarang kurang panjang tuh... kaki si kenneth kadang terjulur keluar makanya dia suka nepak2in airnya sampe bercipratan kemana2. Kalo emang mau lebih enak lagi, beli kaen yg dipasang ke bak mandi supaya bisa nopang babynya , jadi kita nggak takut kegelincir. Kalo tempat mandi yg pake kasa lobang2 itu mesti pake bathup ato kitchen sink, jadi susah. Kalopun mau dipake model siram gitu.. mesti tunggu babynya udah bisa duduk, jadi tulang punggungnya bisa nopang tubuhnya

8..Perlak
Gue ada 3 macam perlak. 1 yg model totol2 lebih lembut buat dijadiin alas tempat tidur biar nggak tembus kalo dia pipis. 1 perlak yg agak kaku buat alas mandi dia. 2 perlak kecil untuk alas pantat dia kalo mau ganti celana. Perlak kecil ini juga buat dibawa kalo kita bepergian karena lebih praktis

9 Kosmetik
- Shampoo dan sabun mending beli dulu yg kecil buat liat cocok apa nggak. Tapi sepertinya siy nggak terlalu masalah ya... yg gue baca siy baby sensitif ama bau, jadi kalo emang udah pake satu merk mendingan jangan ganti2 lagi. Gue dulu siy dibilangin pake sabun batangan lebih praktis, tapi ternyata nurut gue lebih praktis pake yg cair. Jadinya sekarang sabun batangan itu gue pake khusus kalo lagi bepergian aja. Kalo pake yg cair kayanya lebih enak yg ukuran gede/pump biar enak ngambilnya., nggak gampang tumpah kalo babynya aktif Gue siy pake yg johnson bisa langsung tuh shampoo ama sabun.
- Bedak, dulu gue pake bedak cair mothercare tapi nurut gue mendingan yg tabur aja... soalnya kalo pake yg cair kadang suka lengket di tangan. Waktu ngasinya jangan pake puf yg gede itu.. bisa bertebaran dimana2 bikin debu aja.. cukup pake puff kosmetik (yang buat aplikasi bedak di wajah itu lhoo). Ato lebih praktis lagi pake bedak padat pigeon. Gue kemaren dikasi bedak tabur keluaran johnson, lebih bagus nurut gue dibanding pigeon
- Baby Cream untuk sela2 lipatan kulit, kasi aja baby cream keluaran johnson lebih bagus nurut gue dibanding zwitzal yg rada lengket.
- Mnyak telon bagusan merk cap lang... ini gue juga baru coba ternyata bagus.... tiap dikasi, kenneth biasanya langsung buang angin. Tapi cap lang ini susah lho dicarinya... di carrefour aja nggak jual, century juga nggak ada. Gue dapetnya di toko baby deket rumah gue.
- Vaseline buat diolesin di ujung termometer kalo kita mau ukur suhu tubuh baby.
- Baby oil buat pijat ato bisa juga buat kulit kepalanya kalo banyak kerak seperti kenneth
- Baby hari lotion. Dulu gue disuruh beli ama sepupu gue, tapi nggak kepake tuh
- Dettol, ini siy nggak penting… kalo emang mau bisa dicampur di air mandinya. Gue siy masih ada stok yg lactacyd, kemaren gue bisa beli karena kenneth banyak bentol2 di muka trus kepalanya juga banyak ketombe… ternyata nggak efek tuh… ntar juga sembuh sendiri. Jadi nggak gitu perlu deh kayanya
- Alkohol dan kasa steril. Kalo belum puput tali pusatnya, kasa steril ini perlu diganti tiap hari. Trus ntar juga bisa buat bersih-in lidahnya yg putih2 bekas endapan susu formula
- Kapas ato tissue basah. Dulu gue disuruh beli tissue basah, sampe ada 3 pak gue tissue basah keluaran pigeon tapi nggak terlalu kepake tuh. Gue lebih sering pake kapas buat bersih-in pantatnya kalo habis pup. Gue pake kapas kosmetik keluaran carrefour trus gue gunting jadi 2 potong, setelah itu gue taroh di kontainer kecil (pas buat ukuran 1 lembar kapas) trus diseduh pake air panas. Jadi kalo mau pake tinggal ambil aja
- Cutton buds, buat bersih-in hidung, telinga dan mata kalo belekan. Waktu baru lahir kenneth belekan banget karena saluran air matanya tersumbat. Gue bersihinnya pake kapas basah kalo kering belekannya dan cutton buds kalo masih basah belekannya
- Tissue gulung, gue pake buat bersih-in pupnya dia. Setelah bersih baru dilap pake kapas basah.
- Towel, tissue panjang dan lebar buat alas perlak jadi bekas pupnya nggak ngotorin perlak. Biasanya kenneth kalo udah ngeden2 gue langsung taroh towel ini di perlak, trus gue angkat kakinya.. jadinya nggak ngotorin celana… kecuali dia udah terlanjur pup duluan… tapi biasanya siy sebelum keluar pupnya, gue udah siap2 duluan…


10. Peralatan
Sedia-ini :
- Senter bentuk pen buat liat kotoran di telinga dan hidung,
- Thermometer buat ngukur suhu tubuhnya kalo kita berasa badannnya rada hangat.
- Gunting kuku khusus buat baby.. gue siy beli yg model gunting yg ujungnya bulat bukan yg model jepit.
- Sisir rambut, biasanya dijual bentuk paket.. tapi yg kepake cuman yg ujungnya berupa bulu2 halus.
- Termos kecil, gue siy pake sigma harganya cuman 65 rebu , merk tiger lebih mahal.. … Sigma juga bagus kok, diisi pagi sampe sore masih hangat.
- Sikat botol, ini butuh kalo emang pake susu formula
- Kontainer susu, ini butuh juga kalo pake susu formula biar kita nggak terlalu repot bawa2 susu kalo sedang bepergian
- Empeng. Baby itu cara menenangkan dirinya ada 2 yaitu lewat tangisan dan refleks mengisap. Jadi kalo dia pengen ngisep mending kasi empeng aja… karena nggak selalu kalo dia pengen isep itu karena lapar
- Kasa penahan nyamuk. Gue nggak ngerti apa namanya.. gue siy manggilnya tudung saji karena bentuknya yg seperti tudung saji hehehe. Kalo babynya tidur satu ranjang ama orang tuanya, maka alat ini perlu niy… takut demam berdarah euy…
- Waslap, paling nggak sedia-in 2 deh
- Handuk, paling nggak 2 juga. Pake handuk jepang lebih enak.. selain lembut juga le bih nyerap air
- Sapu tangan buat bersih-in muka dia kalo lagi nyusu

11. Obat
- Niu nai liang, kalo baby minum susu formula terutama S-26 biasanya ada kecenderungan pupnya keras.. apalagi kalo dia nggak suka minum air putih. Niu nai liang ini buat ngilangin panas dalam. Dulu kenneth bisa 3 hari sekali pupnya, trus sampe nangis2 saking sakitnya kalo ngeden… sekarang setelah gue kasi minum ini, dia rutin tiap hari pupnya
- Gripe water, bagus buat perut kembung dan masuk angin
- Tempra, siap2 kalo dia demam
- Breathy, kalo pilek bagus juga buat lembabin idung dia yg kering

12. Bantal dan guling. nurut gue bantal yg tengahnya berlubang itu malah nggak enak karena kepala baby jadi kepatok di situ, jadnya pegel 'kali yaaa... kenneth nggak peyang juga uh walopun nggak pake bantal itu

Hm.. apalagi ya?? sementara siy cuman itu yg keinget, tapi sepertinya siy udah mencakup banyak hal yaa. Kalo steril botol, kereta dorong, pemanas susu sepertinya jangan dibeli dulu.. karena kadang2 kita banyak dikasi ama sodara2 ato temen kita. Gue aja ada 3 pemasas, 2 steril, 2 baby bath, 4 selimut, etc deh... jadinya mendingan tunggu setelah orang2 selesai menjenguk baru ketaun barang apa yg belum ada. Kalo yg gue rinci di atas itu kan emang kudu dibeli punya, kalopun ada yg ngasi juga nggak masalah karena bakal habis dipake punya....

Boleh dibilang gue ini enak banget... barang2 gue semuanya dapet hibahan dari oang hehehe... ada yg dari cici gue, ada yg dari ipar gue. Gue cuman beli sedikit aja... irit banget dah gue... bahakan bantal dan guling aja gue nggak beli... :)

Oya, kalo belanja di itc cempaka mas... toko audrey sepertinya paling murah deh....

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |