Photobucket
Saturday, August 19, 2006,1:55:00 PM
Pola tidur baby
Tadi gue coba browse di internet ternyata masalah susah minum susu pada bayi tuh jarang terjadi… kalo balita siy iya… kebanyakan udah nginjak usia 5 bulan ke atas baru susah minum…

Nyari buku2 tentang susah makan ini juga nggak ada, kalo buku tentang susah tidur banyak banget. Sekarang gue jadi dilema banget soalnya kenneth tidurnya udah bagus, tapi jadi rada kaco lagi gara2 gue ambil jam tidur dia buat minum susu. Soalnya sepupu gue dulu ngakalin anaknya susah minum yaa pake jam tidur dia gitu… jadi nyusuinnya sambil tidur… akibatnya tidur siang anaknya cuman ½ jam aja yaitu waktu dia nyusu itu. Kemaren gue cobain.. jadi jam tidur dia yg biasa gue undurin biar ntar pada waktu jam makan dia masih tidur gitu … ternyata ujung2nya dia tetap bangun juga tuh pada waktu jam makan dia, mungkin karena udah terbiasa bangun jam segitu kali yaaa… akibatnya jadi kacau deh jam tidurnya hari itu… trus hari ini jadi rada susah tidur, sebentar2 kebangun. Udah gitu gue kan dibilanginnya sambil gendong aja nyusuinnya, jadi gue coba pake cukin (gendongan kain) gendong dia sambil disusuin… nggak gitu efek siy… yg ada malah sekarang kenneth maunya digendong sebentar kalo tidur… arrrghhh…..

Untuk masalah tidur kenneth udah gue tatar dari umur 40 hari lewat… gue ogah kalo tiap tidur gue kudu ayun2 dia… akhirnya emang dia bisa siy tidur tanpa perlu diayun2… kadang2 aja ada masanya dia perlu digendong sebentar .. tapi itu biasanya nggak lebih dari 5 menit dia udah tertidur. Gue pikir karena usia, semua bayi lama2 jadi bisa tidur sendiri, ternyata nggak juga lho… gue liat di gramed banyak banget buku2 tentang cara membuat bayi bisa tertidur sendiri. Trus sepupu gue anaknya sebelum tidur itu kudu dibawa lari2 keliling rumah (sampe mandi keringet!) pake chukin baru bisa ketiduran lho. Makanya kemaren begitu denger kenneth kalo tidur cukup gue bedong kasi empeng trus taroh langsung di tempat tidur dia sampe takjub… hikshikshiks… abis ngobrol itu kenneth langsung jadi rada rewel.

Gue heran deh… anak gue itu nggak boleh dipuji… biasanya tiap abis gue puji dia akan suatu hal, pasti ntar langsung jadi nggak bener lagi. Dulu kan dia jago banget minum susunya… karena dipuji langsung deh susah.. sekarang masalah tidur juga gitu… hari ini dia sebentar2 kebangun nangis… nggak tau mengapa… apa karena badannya pegel2 yaaa karena belakangan dia aktif belajar tengkurap?? Kadang kalo lagi nggak bisa, marah2 sendiri… kemaren sampe diketawain ama si jeff. Iya lho… keliatannya kenneth mewarisi sifat nggak sabaran gue…. Kalo kita telat merespon bisa teriak2 dia… yup bener.. teriak2… kadang gue sampe lucu ngeliatnya…

Ngebentuk pola tidur bayi tuh lebih gampang waktu dia masih kecil, semakin gede kayanya semakin susah ngerubahnya. Bukannya nggak bisa siy… lebih butuh waktu aja. N jeleknya lagi…. Pola tidur dia lebih gampang berubah kalo kita kasi yg enak2.. misal diayun ato digendong.. yg biasanya cukup ditaroh aja udah bisa tidur, begitu sekali kita gendong ato ayun.. udah deh… itu langsung ditangkap ama dia sebagai pola tidur baru. Jadinya mesti meluangkan waktu untuk merubah kembali pola tidur baru yg kebentuk. Emang mesti ditega2in dikit siy… biasanya gue biarin nangis… mungkin karena gue nggak selalu langsung merespon kalo dia nangis, kenneth itu jarang nangis kalo nggak bener2 kesel. Mungkin dia tau dengan menangis bargaining powernya nggak selalu gede buat mommynya. Dulu waktu masih kecil banget siy jeff suka marah kalo gue lagi tatar dia, tapi belakangan dia udah biasa tuh… malahan dia juga jadi tega kalo gue lagi natar kenneth. Sebenarnya tangis bayi itu nggak selama yg kita rasakan lho… mungkin karena kita nggak biasa denger tangisan bayi, makanya berasa berpuluh2 menit padahal biasanya nggak sampe 5 menit lho….

Mudah2an tidurnya bisa beres kembali setelah 2 hari ini jadi rada kurang bener… biasanya tidur siang dia itu minimal 45 menit sampe 1.5 jam tapi sekarang paling ½ jam. Tadi siy dia tidur dari jam 12.30 n sampe sekarang belum bener2 bangun siy, cuman nangis 3 kali doang…. Mungkin bentar lagi dia bangun….

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: