Photobucket
Tuesday, August 15, 2006,12:33:00 PM
Keliling komplek
Udah 3 hari ini si kenneth tiap pagi dibawa jalan keliling komplek ama mbak rima. Biasanya kan dia bangun jam 6 kadang2 jam 5.30… begitu bangun biasanya dia celingak celinguk… mandang ini itu… maen sendirilah gituu… nah.. kalo udah bangun gitu si jeff pasti deketin n maen ama dia sebelum berangkat ke kantor… begitu si jeff pergi dia udah ogah tuh kalo ditinggal sendiri… ngoceh2…. Kadang gue kan masih ngantuk maka gue biarin aja ngoceh2… tapi kalo kelamaan bisa kesel juga dia.. nangislah .. jadi mau nggak mau kudu bangun juga. Nah mulai 3 hari yg lalu karena nggak tahan mesti maen ama dia pagi2.. maka gue suruh mbak rima bawa dia jalan2…. Wah.. lumayan membantu juga.. biasanya dia jalan sebelum jam 7, karena jam minumnya 7.30 maka dia pulang sebelum itu. Kata mbaknya… biasanya begitu dibawa jalan.. belum sampe ujung jalan dia udah ketiduran…. Selalu begitu…. Pulangnya gue bangunin lagi buat disusuin, abis itu mandi pagi.. kadang2 dia pup juga.. abis itu baru deh dibobo-in…

Oya, buat alice thanks ya buat info2nya… untungnya kenneth jarang ada nappy nashnya. Abis ini gue mau latih dia nggak usah pake diapers siy… anak sepupu gue nggak dipakein diapers walopun malam hari, gue sempet nanya apa nggak masuk angin kena pipisnya.. katanya kalo pipisnya bayi nggak bakal bikin dia masuk angin. Gue mau coba ah.. dulu siy nggak bisa karena kalo basah pasti dia kebangun, tapi mungkin sekarang kan udah lebih gede… mungkin udah berubah sedikit.

Kemaren dia tidurnya panjang banget.. gue sampe heran, sempet nanya jeff waktu minum susu jam 11 malam sebelumnya dia kebangun nggak? Kata jeff siy nggak (gue ketiduran, jadi si jeff yg ngasi susu ke dia hehehe). Soalnya dari jam 4 sore dia bobo sampe jam 6 pagi, terpaksa gue minumin pake dot semampunya dia… sempet kebangun sebentar pas jam 17.30 (jam minum dia).. buru2 gue bikin susu… eh begitu susu gue selese… dia udah tidur aja lagi di perlak yg gue taroh di tempat tidur… padahal bedongnya udah gue copot dan nggak pake bantal ato alas apapun… gileee saking ngantuknya ‘kali ye… gue tunggu2 sampe jam 10 kagak bangun2 akhirnya gue ganti bajunya trus kasi diapers.. udah deh bobo sampe pagi dianya.. cuman nangis sebentar2 doang.. kadang2 karena empengnya copot kadang karena pengen nyusu sedikit. Untuk yg jam 01.00, 03.30 dan 05.00 biasanya minumnya nggak pernah banyak. Kadang2 malah terlewatkan karena tidurnya bablas, makanya untuk yg siang gue kudu paksain minum banyak karena malam hari dia jarang minum. Untuk yg jam 20.00 dan jam 22.30 biasanya dia mau nyedot agak banyakan.

Mulai 2 minggu ini gue emang pake jadwal yg tetap buat dia. Kalo dulu kan gue selalu nyesuai-in dengan jumlah susu yg dia minum. Misalnya dia minum 60 cc jam 6 maka jam 8 gue udah kasi, kalo 90 cc maka gue coba kasi jam 8 kalo dia nggak mau ½ - 1 jam lagi gue coba. Jadinya jam minum dia bergeser2 terus sesuai kemampuan minum dia, maklum… kalo dia minum dikit mau nggak mau gue kan usaha terus agar dia mau minum. Maklum ibu2 takut anaknya kurang minum. Dipikir2 cara begini kurang efisien dan nguras waktu serta tenaga. So, gue pake jadwal rutin yg lebih pasti jamnya (kadang2 bergeser sedikit.. paling telat ½ jam). Jam minum awal dia yg tetap adalah 7.30 setelah itu tiap 2.5 jam sekali gue kasi minum. Untuk minum paling lama 1 jam, lebih dari itu nggak gue kasi. Kalo lagi cepet bisa ½ jam siy.. karena tiap 5 menit sekali gue kudu sendawain. Jam tidur dia secara rutin kadang2 bisa 1-1.5 jam, tergantung seberapa cepet minum susu dan kegiatannya selesai. Cara ini ternyata lebih enak karena gue jadi lebih bisa ngatur waktu buat gue sendiri, selain itu buat dia sendiri juga lebih bagus karena ritme tubuh dia jadi lebih teratur.

Jadi seorang ibu baru tuh banyak banget ya kekhawatiranya. Dulu ada2 aja hal yg bikin gue rada worried tentang si kenneth, dari tangannya yg selalu dingin.. sampe matanya yg belekan. Untung belekannya udah ilang, kalo tangannya kadang2 masih siy.. tapi udah nggak kaya dulu lagi… yg bisa sampe biru2 gitu… (yaa jelas takutlah… kalo udah gitu). Pernah lho saking takutnya gue cubit2 tangan dia dengan keras untuk liat ada reaksi apa nggak? Gue takut ada yg “salah” gitu… trus matanya juga… gue sengaja senter-in dalam keadaan gelap..untung dia mengerjap2 hehehe… kalo telinga emang ketauan karena kalo ada bunyi kencang dia langsung kaget.

Hm… kalo makin gede makin susah makannya siap2 pusing dah seperti yg dibilang alice… liat nanti aja lahh….

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |