Photobucket
Monday, March 12, 2007,8:28:00 PM
Bagaimana bayi anda berkembang?
Berlawanan dengan ketakutan orangtua yg memperhatikan tabel berat badan dan tinggi bayi dengan cemas, takut akan menemukan tanda bahwa bayinya tidak normal, umumnya perkembangan bayi berada di dalam pola normal baginya sendiri.

Tinggi dan berat bayi di masa yg akan datang telah banyak ditentukan sejak ia dikandung. Bila kondisi pralahir cukup memadai, dan setelah lahir bayi tidak kekurangan cinta maupun nutrisi, maka umumnya berat dan tinggi bayi akan mengikuti gen keturunannya

Penentuan tinggi tubuhnya terutama berdasarkan pada titik tengah dari tinggi ibu dan ayahnya. Penelitian menunjukkan bahwa umumnya anak laki2 tumbuh lebih tinggi dari titik tengah ini, sedangkan anak perempuan tumbuh lebih rendah dari titik ini.

Berat tubuh juga sudah ditentukan sebelumnya. Seorang bayi lahir dengan gen kurus, gemuk atau sedang. Tetapi kebiasaan makan yg ia pelajari sejak bayi akan mempengaruhi apakah ia akan sesuai atau jauh dari gennya

Tabel pertumbuhan tidak boleh menjadi sumber kecemasan orang tua – akan sangat mudah terjadi salah baca atau salah penilaian. Guna tabel ini bagi orangtua dan dokter adalah untuk melihat apakah pertumbuhan bayi selaras atau membelok dari pola normal, dan ketika diperlukan penilaian pertumbuhan bayi, dengan turut mempertimbangkan ukuran orangtua, keadaan nutrisi, dan kesehatan umumnya. Karena pertumbuhan sering mengalami percepatan pada tahun pertama,maka satu kali pengukuran yg hasilnya menunjukkan pertumbuhan yg terlalu sedikit atau terlalu banyak, tidak akan cukup berarti. Meskipun perlu diperhatikan sebagai ‘lampu merah’. Pertambahan berat yg berhenti pada usia dua bulan mungkin hanya menunjukkan bahwa pertumbuhan sedang melambat karena secara genetic ia ditakdirkan untuk bertubuh kecil (terutama jika pertumbuhan tinggi tubuhnya juga melambat), tetapi juga dapat menunjukkan bahwa bayi kurang makan atau sakit. Kenaikan berat tubuh yg berlipat ganda dari angka normal pada dua bulan yg sama (bila tidak disertai dengan kenaikan tinggi tubuh yg selaras) mungkin hanya merupakan cara bayi mengejar ketinggalan karena berat lahirnya rendah atau selama ini kenaikan beratnya berjalan dengan lambat, tetapi ini juga dapat menandakan bahwa bayi sedang menuju ke arah terlalu gemuk.

Sumber : what to expect the first year

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: