Photobucket
Friday, June 08, 2007,10:12:00 AM
varisela

Waduh sampe sekarang kenneth belum gue bawa ke klinik anakku untuk varisela niy, abisnya nggak sempet mulu siy. Jeff pulang malam mulu. Udah gitu sekarang hari sabtu kan dia nggak bisa nganterin karena kudu belajar pajak. Selain itu gue emang rada sedikit ragu juga antara mau vaksin dia ato ditunda dulu. Dalam beberapa bulan ini ada 3 vaksin yg akan dia terima : varisela, IPD dan hib 4. gue mau tanya dulu ama dokternya, pada boleh digabung nggak? lumayan irit biaya kunjungan dokter niy. Sekarang dokter Aman udah 165 rebu tarifnya

Benernya gue pengen pindah dokter siy, tapi dipikir2 nanggung juga… beberapa bulan ke depan kan gue nggak tinggal di sini lagi. Jadi yaa .. tetep pake dia aja deh. Rada sebel siy gue ama dia, ceritanya kemaren dulu waktu Kenneth jatuh itu kan dia juga batuk pilek. Ketika dia mau resepin puyer gue tanya lebih detil, dia kaya tersinggung gituu. Udah gitu waktu itu sebelum konsul ama dia kan kita langsung bawa Kenneth ke dokter ahli bedah gigi, nah.. dia juga rada tersinggung gara2 itu.

Kayanya susah banget dah nyari dokter yg ramah dan punya filososfi yg sama ama gue. Giliran ada yg se-paham ama gue, dokternya kelewat rame .. jadinya rada pengen buru2 bawaannya. Misalnya dokter harry yg di puri cinere. Dulu kalo Kenneth pilek, dia nggak pernah resepin obat.. cuman disuruh jemur aja ama dia. Gue paling nggak suka ama dokter yg dikit2 maen buka resep, padahal penyakitnya cuman penyakit umum dan nggak gitu berat. Dokter Aman ini juga rame siy, cuman dia enaknya system nomor gitu.. jadinya kita bisa ngira2 datangnya jam berapa.

Dari pengamatan gue (jadi bisa aja salah), baby yg udah terbiasa dengan obat dari kecil.. umumnya lebih sering sakit dibandingkan dengan yg jarang bersentuhan dengan obat2an. Klo orang bilang bayi yg dapat asi eksklusif lebih bagus daya tahan tubuhnya dan jarang sakit, gue bilang siy nggak juga. Hal ini lebih tergantung dengan pola asuh dan filosofi orangtuanya dalam menghadapi penyakit yg menyerang anaknya. Udah beberapa kasus yg gue liat anak yg dapat asi eksklusif tapi tetep aja rajin ke dokter, entah karena batuk, pilek atau demam. Jadi siapa bilang daya kekebalan tubuhnya lebih oke dibandingkan dengan bayi yg hanya dapat susu formula?

Kadang2 gue pikir2 lagi, rasanya gue patut menyukuri diri gue sendiri (hehehe) karena kepede-an gue dengan prinsip dan filosofi yg gue pegang dalam mengasuh Kenneth. Emang waktu awal2nya terasa lebih berat karena perbedaan pendapat yg jomplang banget antara gue ama jeff, maklumlah.. si jeff itu produk dari keluarga yg percaya bahwa segala jenis penyakit memerlukan obat untuk penyembuhannya…. Bahkan kalo perlu sebelum jatuh sakit minum obat terlebih dahulu untuk mencegah penyakitnya datang (baru gejala aja gitu…) hehehe. Yaaa kebayang aja kalo Kenneth lagi batuk atau pilek, selain gue harus tetap tenang .. gue juga kudu meyakinkan orang2 di sekitar gue kalo cuman batuk pilek dan dianya masih tetap aktif, obat nggak begitu penting dalam proses penyembuhannya. Awal2nya siy sampe berantem segala, tapi sekarang dia udah sefilosofi ama gue. Waktu itu gue bikin analogi begini ama dia : dalam tubuh kita tuh udah ada tentara yg bertugas menghalau musuh yg akan menyerang (kuman penyakit). Sama seperti tentara yg udah sering bertugas di medan perang… mereka akan lebih kuat dan kaya pengalaman, sehingga ketika menghadapi serangan musuh yg berikutnya mereka akan lebih siap dan tangkas dalam menghadapinya. Tapi jika sebelum maju perang, kita udah turun tangan duluan dengan menggempur tentara musuh dengan bantuan obat2an, otomatis mereka tidak akan pernah terlatih untuk melawan musuh. Jadi walaupun musuh yg sama menyerang, tetap aja mereka belum berpengalaman. Beda banget jika selama ini kita membiarkan mereka menghadapinya sendiri, musuh yg sama mungkin hanya akan dipandang sebelah mata ama mereka… immbas baliknya, mereka akan jarang diserang musuh ato kalopun diserang, kagak akan mempan karena udah kebal. Yang namanya batuk pilek itu emang penyakit yg paling umum dan banyak dihadapi oleh bayi di bawah satu tahun, soalnya virusnya juga macam2 kan… tapi jika udah pernah kena virus yg sama, biasanya nggak akan mempan lagi karena udah ada kekebalannya.

Gue juga tau siy, rasanya sulit banget untuk berpegang teguh ama filosofi ini kalo yg kita hadapi adalah anak pertama. Maklumlah… pasti masih takut ini, takut itu… mungkin kalo udah anak kedua… bisa lebih pede nantinya…

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


2 Comments:


  • At Fri Jun 08, 04:16:00 PM 2007, Anonymous vivie/patrick'mom

    bener lel.....gw sama hubby juga sering beda pendapat malah kadang jadi berantem sendiri gara-gara Patrick. cuma yah masih sebatas wajar aja.
    Ini gw lg cuci abis keluyuran cucian numpuk....gw disini dah 4 tahunan lel...ke INDOnya belum tau nih lg ngumpulin sangu hehehehhe Met wiken aja yah..sun buat kenneth GBU.

     
  • At Tue Jun 12, 11:38:00 AM 2007, Anonymous Arman

    iya lel.. nyari dokter yang rationally used drugs emang susah ya. dan susah juga jelasin orang2 karena orang2 kebanyakan drug minded. hehehe. tapi ya gpp lah demi kebaikan anak kan.

    btw mau pindah kemana lel?