Photobucket
Tuesday, August 07, 2007,8:29:00 AM
Sepertinya anak yg suka maen puzzle itu rata2 cerdas yaa. Marco itu umur 3 taon aja udah bisa masang2 puzzle binatang yg 4 dimensi. Pertama liat dia pasang, si jeff sampe takjub. Soalnya ketika si jeff coba masang, ternyata butuh trial and error yg lumayan lama juga (pertama kalinya). Sedangkan waktu itu dia ngeliat marco enteng aja masang2innya. Tuh anak emang demen ama puzzle2. Kata cici gue pada umur 3 taon itu dia baru bisa bilang imi dan ipi aja (mami dan papi). Tapi sekarang ternyata inggrisnya bagus, tio ciu dia juga bisa denger. Padahal dia ngak pernah diajarin ngomong tio ciu, cuman di rumah cici gue kan ada bokap dan nyokap gue trus mami dan papinya bahasa sehari2 juga tio ciu, jadinya dia belajar dari situ aja. Kalo kita ngomong apa aja dalam bahasa tio ciu dia pasti ngerti. Masang2 lego yg halus2 dia juga cepet. Dan untuk masang2 ini, waktu dia kecil dulu… kalo nggak dapat2 dia bisa kesel dan nangis kata nyokap gue. Ketika dites masuk sd, IQnya emang di atas rata2, gue lupa berapa siy….

Makanya nggak heran ketika dio belum ngomong2 sampe umur 3 taon, cici gue sante2 aja.. soalnya dia pikir marco umur segitu juga belum banyak ngomongnya. Ternyata kasusnya beda dengan dio. Akhirnya dio di therapy, mula2 di klinik anakku kelapa gading, belakangan pindah ke sunter.. gue nggak tau siy dimana, karena ngak nanya lebih lanjut. Sepertinya semenjak di therapy perkembangannya jadi lumayan. Ketika umurnya udah hampir 5 taon, komunikasi 2 arahnya belum begitu bagus… jauh di bawah rata2 anak seusianya gitu. Sekarang siy udah lumayan…

Dari input yg gue terima dari salah satu member di milis anakberbakat, katanya siy sebenernya nggak perlu therapy ini itu… tapi perbanyak aja sosialisasi dan interaksi dengan anak.. ini udah akan membantu banget. Pada kasus tertentu, therapy cuman buang2 duit aja. Dari bu Julia dibilangin kalo emang ada masalah di motorik sekitar mulut bisa ngaruh juga, misalnya anak jadi suka iler karena kemampuan untuk ngontrol otot2 lidahnya kurang. Whoa… jangan2 kasusnya Kenneth adalah ini?

Si Justin sepupu Kenneth kan lebih tua 5 bulan dari Kenneth (lahir desember) n sampe sekarang cuman bisa ngomong pa aja, tapi bahasa reseptifnya bagus. Disuruh apa aja bisa… ngebedain barang yg sama tapi pemiliknya beda dia juga bisa. Kemaren di therapy di daerah sunter… tapi nangis2, akhirnya nggak jadi. Setelah ngeliat anaknya nangis kejer gitu, sepupu gue akhirnya mutusin ngak jadi therapy, tapi dimasukin ke tumble tots aja. Tapi setelah 3x usaha dan tuh anak tetep nangis2, akhirnya nggak jadi juga. Kemaren ketemu ama dia katanya sekolah di gymboree jadinya. Lebih mendingan, mungkin pengaruh suasana atau apa.. nggak tau juga. Pas dibawa ke rumah cici gue buat maen2 ama Kenneth, begitu masuk pintu rumah udah nangis2 minta pulang. Biasanya siy tuh anak demen banget bergaul, tapi semenjak kejadian therapy, ke dokter dan ke tumble tots (berturut2 dalama beberapa hari), sepertinya tuh anak jadi takut ditinggal sendiri….

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: