Photobucket
Friday, May 02, 2008,9:37:00 AM
Beberapa ide bermain / beraktifitas sambil belajar
• mandi … sabunin dia sembari menyebut nama2 anggota tubuh. Sehari 2 kali… lama2 pasti jadi tau banget seperti si Kenneth

• waktu menjelang tidur klo ada kebiasaan memijat.. ketika pijatan sampe pada anggota tubuh tertentu, sebut berulang2… misalnya lagi mijat betis… sebut mommy pijat betis yaaa…

• maen kaos kaki. Minta tolong dia cariin pasangan dari kaos kaki yg kita ambil…

• misah2in pasta yg beraneka bentuk

• ngumpulin bola ke kotak sesuai dengan warnanya sembari menyebut warna

• maen balok susun dengan jumlah lubang tertentu atau warna tertentu. Nurut gue balok susun itu bagus banget deh buat ngajarin anak, karena segala konsep ada di sana…

• bermain tebak warna dengan pensil warna

• klo ada waktu senggang print segala macam lembar kerja yg banyak tersedia di internet… taroh dalam satu map yg berisi lembaran2 plastik. Jadi klo mau ngambil ngak susah.

• Gunting dan tempel kertas kerja yg kira2 bisa dikerjakan oleh anak ketika lagi sempat… kalo perlu satu buku gambar ditempel penuh. Jadi ketika anak dalam mood yg bagus… smua bahan belajar sudah tersedia.

Hm.. sebenernya banyak banget siy… cuman ngak kepikiran aja saat ini. Intinya siy belajar itu kan ngak mesti duduk diem baca buku, tapi bisa diselipin dalam aktifitas sehari2.. mulai dari berhitung angka sampai mengenal warna dan bentuk… anak2 itu lebih cepat menyerap klo belajarnya diselipin dalam acara bermain dia

update

* jika anak suka sesuatu yg ada di kulkas... mintalah dia untuk menyebut hal2 yg sedang dipelajari saat itu.. misalnya menyebut nama anggota tubuh, angka, abjad, dsbnya .. setelah anak bisa menyebut dengan benar semua yg ditanyakan... baru berikan barang yg dia minta. misalnya aja si kenneth kan demen banget ama yakult tuh.. nah klo dia minta kan ngak mungkin dikasi terlalu banyak, jadinya yakult termasuk barang berharga buat dia hehehe. So, ketika dia minta yakult.. kesempatan deh suruh dia nyebut ini itu.. soalnya klo lagi ngak ada keperluan, jangan harap klo lagi ngak mood dia mau nyebut2....

* taroh alfabet yg ada magnetnya di kulkas... jadi bisa suruh anak sebut abjad2 yg ada klo dia minta sesuatu yg ada di kulkas. alfabet magnet ini bisa dipakai buat whiteboard juga

Labels: ,

 
posted by l3l1 | Permalink |


6 Comments:


  • At Fri May 02, 04:00:00 PM 2008, Blogger yanti

    emang bener kalo ngajarin anak2 ga bisa pake duduk kayak kita sekul dulu, bakalan kabur kekeke.. aku dulu suksesnya pake flash card ;P

     
  • At Sat May 03, 05:50:00 AM 2008, OpenID esthertanudjaja

    Iya emang musti kreatif nih kalo ngajarin anak. Gua liat elu kreatif banget. Yang pasti kita musti bawel, biar anak cepet belajar yah.

     
  • At Sat May 03, 08:27:00 PM 2008, Blogger l3l1

    @yanti : si kenneth dulu waktu kecil suka flash card juga yan, tapi belakangan setelah agak gedean kurang demen dia

    @ester : nahh bawel ini yg susah ter hahaha

     
  • At Mon May 05, 08:57:00 AM 2008, Anonymous Flora

    Lucu yah napa anak lebih tertarik dgn flash card.Grace juga lbh gampang ajarin pake flash card.
    Gw yg sampe skrg belum berhasil ngajarin Grace tuh mainan bentuk2 yg masukin ke lubangnya. Dia ga tertarik sama sekali.
    Lel,Kenneth dulu pertama kali ajarin corat coret pake pensil warna yg gimana?Pensil warna kayu kayanya kurang keluar warnanya,harus pake tenaga.Sementara kalo pake crayon takut dimakan.

     
  • At Mon May 05, 08:57:00 AM 2008, Anonymous Flora

    Lucu yah napa anak lebih tertarik dgn flash card.Grace juga lbh gampang ajarin pake flash card.
    Gw yg sampe skrg belum berhasil ngajarin Grace tuh mainan bentuk2 yg masukin ke lubangnya. Dia ga tertarik sama sekali.
    Lel,Kenneth dulu pertama kali ajarin corat coret pake pensil warna yg gimana?Pensil warna kayu kayanya kurang keluar warnanya,harus pake tenaga.Sementara kalo pake crayon takut dimakan.

     
  • At Mon May 05, 12:45:00 PM 2008, Anonymous l3l1

    @flora : kaenya emang tergantung karakter masing2 anak 'kali yaa.. ada masa2nya dia suka flashcard tapi ada masanya dia udah ngak mau lagi (kae kasus kenneth). mengenai maenan yg shape itu.. ntar ada masaya tiba2 dia bisa sendiri kok.. dia lagi ngak berminat ke arah sana aja hehehe.. klo mewarnai.. dulunya kasi crayon dulu tapi ya itu dia suka digigit.. abis itu pake pensil warna.. abis itu pake spidol warna.. abis itu pake cat air ... hahaha distok semua aja liat mana yg cocokk