Photobucket
Friday, May 02, 2008,9:35:00 AM
perkembangan anak
Emang ya perkembangan tiap anak selalu unik dan tidak pernah sama .. tapi klo diliat2 ada tahap2 tertentu ketika hampir semua anak menyukai aktifitas dan memiliki karakter yg agak sama.. Makanya kadang2 klo lagi baca blog temen2nya Kenneth yg kebanyakan umurnya di bawah dia.. kadang gue jadi berasa flashback lagi deh… abisnya hal2 yg sedang disukai atau dilakukan oleh adek2 temennya sekarang.. dulu juga dilakukan oleh dia… terutama yg anak2 co .... ada persamaan tumbuh kembangnya sedikit hehehe…

Klo mengenai perkembangan motorik kasar mungkin ya laen2 ya… ada yg 12 bulan dah jalan.. ada yg 16 bulan.. tapi klo soal kesukaan dan karakter banyak yg mirip deh kaenya hehehe… klo untuk temen susah makannya ada si jonathan… temen telat bicaranya ada si dhika… temen suka lempar barangnya ada si Wilbert… trus temen lempar badan ke lantai ada si wen hahaha… temen suka parkirnya ada si dhika dan fang2.. temen suka nonton tipi kaenya banyak yak hehehe… temen yg laen masih banyak siy.. cuman ngak kepikiran ama mommynya sekarang hehee

Banyak yg bilang klo gue ngak perlu khawatir mengenai si Kenneth.. udah pinter gini… sebenernya gue bukan khawatir siy, tapi gue pengen mastiin aja… nurut gue sebagai orangtua.. klo emang ada yg kita pikirin mengenai kondisi anak kita.. ya mendingan diperiksakan aja ke ahlinya… biar ngak bertanya2 ngak pasti gituu.. Klo seandainya emang ngak ada masalah ya thanks God… paling ngak kita ngak akan kepikirin lagi. Klo seandainya emang ada masalah… yaaa tentunya bisa diatasi secara dini gituuu….

Gue periksain dia ke THT kemaren soalnya kadang klo mandi.. dia suka baring di lantai.. n sering banget kemasukan air.. walopun gue termasuk yg telaten bersihin telinga dia.. tetep aja ada kepikirin klo2 ternyata telinganya bermasalah… apalagi setelah nelfon mama dhika dibilangnya klo diliat dari luar ngak keliatan kotorannya hehehe. Padahal gue kalo meriksa telinga Kenneth… telinganya gue tarik lurus trus gue liat pake senter kecil… emang siy sepenglihatan gue tuh ya bersih.. cuman berhubung takut yg bagian dalam ngak keliatan, mendingan gue pastiin aja ke THT. Nah.. paling ngak sekarang gue tau telinganya ngak bermasalah jadinya 

Mengenai dia udah tau angka warna dan sebagainya… sebenarnya hal2 seperti ini ngak bisa dipakai sebagai indicator bahwa anak pasti akan cerdas dan sukses di sekolah. Bisa juga ini indikasi dia kebanyakan nonton tipi hehehe. Jadi ya klo anak udah 2 taon tapi belum tau angka atau alphabet ya tenang2 ajalah… bukan berarti anak kurang cerdas atau apa.. tapi emang dia lagi ngak berminat aja ke arah sana…. pada saatnya nanti juga bisa kok. Umur2 segitu emang masa dia bermain siy… tapi klo emang dia senangnya ini yaa… diarahkan sajaa…. Kebetulan Kenneth dari kecil emang suka abjad dan angka deh sepertinya.. soalnya klo liat dvd… keluar alfabet2 dia suka banget liatin….

Sekolahnya sendiri udah 2 minggu niy gue liburin.. abisnya gue males juga anterin dia ke sekolah cuman buat jagain dia maen aja.. capek dehhh. Padahal gue udah tingkatin dari seminggu sekali jadi seminggu dua kali, maksudnya biar dia bisa bosen bermain dan mau belajar bareng.. ternyata tetep aja kagak efek. Jadinya sekarang gue liburin dulu aja… males… masih ada beberapa kali pertemuan siy.. soalnya kemaren baru bayar lagi. Huhuhu… tapi ngak hangus siy… ntar deh tunggu mood gue lagi bagus aja hehehe. Abis dipikir2 jadi ngak beda dengan bawa dia maen ke playground yg ada di mall2 gitu… sedikit sekali partisipasi acara yg mau dia ikutin.

Minggu depan dia dah mau 2 tahun… ngak terasa banget *bosen deh denger kalimat ini hehehe*…

Kemaren waktu conference ama ibu2 rt, dikomporin buat ngasi dedek lagi… kaenya ntar aja deh barengan ama mommy Wilbert dan jovan tunggu taon macan atau taon kelinci aja sekalian hehehe…. Klo taon2 ini masih ngak sanggup deh… klo dia umur 4-5 taon pasti temen maennya udah lumayan dan udah sekolah tiap hari juga… jadi ngak terlalu butuh banyak perhatian gue. Gue ngak mau dia agak terabaikan juga siy… yaa liat nanti perkembangan dia gimana dulu siy intinya.

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


2 Comments:


  • At Fri May 02, 01:58:00 PM 2008, Blogger setia

    lel: emang dulu ken suka mogok makan total? mungkin gak yah tumbuh gigi berminggu2? yg aneh kok ga berasa laper yah.. padahal kan aktif gitu.

    lel, berarti ken tipe nya yg belajar secara otodidak yah. abis bisa tau ini itu sendiri dari tv. kalo nathan belom tau deh.

     
  • At Fri May 02, 02:10:00 PM 2008, Blogger l3l1

    @setia : klo ditanya masalah susah makannya, gue angkat tangan deh.. secara segala cara dah dicoba hehehe. Klo belajar otodidak mungkin ya itu 'kalii dia visual learner, jadi lebih gampang belajar dari tipi.... dia juga baru ketauan banyak taunya setelah di atas 18 bulan kok..