Photobucket
Monday, March 08, 2004,11:53:00 PM
penanganan konflik

Tadi pagi ketika jeff telfon dia bilang bahwa weekend kami minggu ini sungguh "tidak berkualitas". Sesungguhnya gue nggak gitu ngerti dengan istilah dia ini :p, tapi gue bisa nangkap maksudnya hehehe.

Rasanya kami kurang close gitu, ketika di jalan menuju tempat cici gue.. kami lebih banyak diam dan sibuk dengan pikiran masing2. Emang sih gue rada pusing dikit, makanya banyak diem. Tapi doi nangkap sepertinya "there is something in my mind" and hal itu beberapa kali ditanya-in ke gue.. and gue jawab nggak apa2 *emang bener seh nggak apa2*

Trus tadi waktu doi telfon *barusan kelar ngobrolnya*, baru terungkap sebenernya emang ada dikit *dikitttt lho* hal yang mengganggu gue. Tetapi hal tersebut belum mau gue konfirm ke doi karena lagi menganalisa dan ngumpulin data2 buat ditarik kesimpulan hehehe. Tadi hal tersebut baru gue utarakan ke doi and ternyata emang hanya human error aja, lupa!.

Kalo dipikir2, emang benar banget yaa komunikasi itu penting banget. Perasaan2 yang kita alami itu harus kita ungkapin secara terbuka ama pasangan biar kalo ada hal2 yg bisa menimbulkan salah paham atau salah persepsi bisa dengan segera dilurusin.

Gue sendiri berasa banget manfaatnya dengan sikap saling terbuka ini. Dalam menangani konflik, kami juga jadi bisa lebih fokus ke masalah yang sedang kami permasalahkan. Jadi secara pribadi kami tidak pernah merasa sedang diadili atau diserang, tetapi "masalahnyalah" yang kami serang. Dengan cara ini, jika ada masalah selalu bisa kami selesaikan dengan cepat.

Mungkin karena gue ama jeff emang cocok 'kali ya, saling melengkapi gituu. Gue orang yang kalo lagi marah, harus ditangani dengan lemah lembut. Jika gue lagi marah dan gue emang pantas untuk marah, trus gue direspon dengan sikap defensif dan penjelasan yg macam2 di saat itu juga, maka bisa dipastikan amarah gue akan makin tersulut, ibaratnya bara api disiram ama bensin. Tapi jika responnya pada saat itu adalah diem aja sambil ngedengerin segala "ocehan" gue, berikut satu permintaan maaf *jika emang bener2 salah*.. maka biasanya gue akan surut sendiri. Nah..setelah reda... baru deh bisa bicara baik2 ama gue dan biasanya gue bisa terima segala bentuk penjelasan kalo udah begini.

Sedangkan jeff, jika doi marah.. bisa diliat dari ekspresi mukanya yang rada "garang" dan sikap dia yang jadi diem and nggak banyak ngomong. Biasanya kalo udah gitu, gue langsung mikir2.. kira2 bagian mana dari kata2 gue yg bikin doi marah. Biasanya kalo emang gue berasa gue rada salah dalam berkata2, gue akan berusaha untuk ngebuat doi ketawa lagi... kadang dengan mengkitik2 perut dia *hanya dengan satu jari telunjuk yg disentuh-in ke perutnya aja udah bisa bikin doi geli :p*, kadang sambil nanya.. "lu marah ya?, sorry deh"... *pasang tampang bersalah hehehe*. dan segala macam trik deh buat bikin doi nggak marah lagi and thanks God... ngebujuk doi tergolong gampang banget hehehe.

Ahh... luv you honey... sooooo much....
 
posted by l3l1 | Permalink |