Photobucket
Thursday, March 04, 2004,11:26:00 PM
talking about money

Kemaren dulu ada yg cerita ke gue, temen kantor dia hampir dipecat dari kantornya karena punya tunggakan kartu kredit sebesar 60 jt rupiah. Kaget aja gue.. soalnya kalo cuman staff gajinya paling berkisar 2,5 jt-an kan? Gimana bisa sampe punya utang kartu kredit segede itu??

Gue sendiri cuman punya satu kartu kredit dari BCA yang gue set auto payment, selain karena gue emang susah meluangkan waktu buat keluar, gue juga merasa rugi kalo harus bayar bunga kredit. Dengan diset auto payment seperti ini, paling nggak gue jadi nggak seenaknya belanja karena saldo gue pasti akan langsung dipotong tiap bulannya. Dengan satu kartu, gue nggak akan tergiur untuk belanja diluar kemampuan gue untuk membayar.

Sering gue baca di majalah wanita orang2 yang punya life style tinggi tapi sebenernya nggak punya kemampuan untuk itu, akhirnya terjerat dengan hutang kartu kredit. Yang bikin serem... setiap bulan yang kebayar hanya bunganya aja. seyem....

Gue pikir dalam menjalin suatu hubungan kita perlu tau cara pasangan kita memandang uang dan cara dia mengelola dan membelanjakan uangnya, karena jika ada perbedaan yang besar dalam memandang hal ini bisa berakibat timbulnya permasalahan suatu hari nanti.

Dulu gue sempat rada tersentak ketika ditegur jeff. Ceritanya waktu itu secara tidak sengaja tercetus omongan bahwa harga celana yang gue pakai waktu itu adalah 600 ribu. Mendengar itu jeff langsung bilang, : ha?! 600 ribu? kalau udah jadi istri gue jangan harap yah lu bisa beli barang2 semahal gitu. ke laut aja deh kalo untuk celana aja sampe 600 ribu. Sebenarnya waktu itu gue rada nggak senang dengan kata2 dia, i mean... hey.. that's my money.. terserah gue mau belanja-in kemana. Gue udah cukup dewasa untuk mengatur hidup gue kok, nggak akan gue hidup di bawah kemampuan gue. *orang marah cenderung sok*

Tapi setelah gue pikir2 belakangan ini *waktu itu belom hehehe*, mungkin dia berhak juga untuk menegur gue, paling nggak dia udah nunjukin "garis kebijaksanaan" dia dalam mengelola keuangan rumah tangga kami nanti kalo memang gue jadi merit ama dia. Jadi gue bisa sedikit menyesuaikan diri dengan style dia. Sama seperti dia juga perlu sedikit menyesuaikan diri dengan syle gue, diambil garis tengahnya biar adil.

Gue ama jeff emang tergolong open banget. Biasanya area seputar money rada sensitif buat dibicara-in, dari pihak kita cewe takutnya dicap matre, dari pihak cowo takutnya sang cewe hanya pengen uangnya aja atau takut sang cewe jadi memandang remeh jika tahu income sang cowo lebih kecil dari sang cewe.

Buat gue pribadi hal2 seperti itu nggak perlu tabu buat dibicara-in, karena dengan terbuka dalam semua hal tidak ada lagi hal2 yang bisa membuat kita kaget lagi jika sudah merit nanti. Hehehe gue ngomongnya udah ke depan banget yak? Abisnya untuk umur segini, pacaran bukan untuk main2 lagi tapi memang bener2 serius untuk membina hubungan yg kekal selamanya alias naik ke altar. Makanya nggak heran, biar pacaran baru 2 bulan.. gue dah tau income jeff, doi juga tau income gue. Dan memasuki bulan ke-7 masa pacaran kami, gue rasa sudah banyak penyesuaian yg berhasil kami lalui :)) termasuk masalah money ini........................ iya kan jeff??

ps:
kayanya gue rada nggak fokus ya malam ini.. ngomongnya nyebar kemana2... abis lagi nggak konsen seh :p
 
posted by l3l1 | Permalink |