Photobucket
Thursday, September 20, 2007,12:05:00 PM
Tayangan oprah hari ini bener2 bikin gue terharu biru sampe nangis2. di satu sisi emang kadang gue bisa jadi orang yg “kejam” (kata jeff), tapi kalo dah nyangkut hal2 gini… kadang2 bisa melankolis banget

Diceritakan bahwa di Ghana 1 dari 4 anak dijadikan budak pekerja. Anak2 ini bekerja 7 hari seminggu, 14 jam sehari dan makannya cuman sekali sehari. Itupun makanannya bener2 nggak layak, cuman biji2an dari jagung. Anak2 ini dipekerjakan oleh nelayan2 di suatu desa nelayan yg terpencil, sementara majikannya duduk di perahu (atau tidur di rumah). Anak2 ini sudah harus bekerja dari subuh2 ketika masih gelap (sekitar jam 4 pagi) sampai tengah malam, mulai dari mendayung perahu sampai menyelam di danau yg airnya dingin. Bahkan ketika dalam kondisi masih sakitpun, mereka harus bekerja juga.

Kisah ini bermula dari satu tajuk utama di new york times yg menggambarkan seorang anak berumur 6 tahun bernama mark yg dijual oleh orangtuanya seharga 20 dollar!! (Bayangkan 20 dollar!!) Kepada nelayan dan dipekerjakan sebagai budak. Tatapan mata anak ini sungguh … apa yaa… tanpa ekspresi gitu… tapi getir. Katanya oprah sampe termimpi2 nggak bisa ngelupain tatapan dia ini. akhirnya dimulainya misi pencarian anak ini. dari situlah akhirnya diketahui bahwa di Ghana emang udah lumrah banget orangtua menjual anak2nya. Ada seorang bapak yg memiliki 22 anak,(huaaa gue nggak tau gimana caranya bisa punya anak sebanyak itu… karena tidak diceritakan berapa jumlah istrinya). 9 anaknya dijual seharga 20 dollar ama dia ke nelayan. Untungnya anak2 ini akhirnya diselamatkan siy….

Anak2 yg dijadikan budak ini ada yg dijual ketika dia berumur 3 tahun dan dalam usia semuda itu mereka udah harus bekerja. Gileee melihat tatapan mata anak2 ini, gue langsung aja netesin air mata… kebayang nggak siy? anak2 yg seharusnya dalam usia berseneng2 dan bermain ama temen2nya tapi harus bekerja, dan seringkali dipukulin lagi ama majikannya.

ketika anak2 yg berhasil diselamatkan ini (tidak semua anak berhasil diselamatkan), ada satu anak yg dijual oleh ibunya ketika dia berusia 3 tahun, nggak mau dideketin ama ibunya… dia dendam dan takut ama ibunya. Lah iyalah… ibunya yg jual dia siy….

balik ke mark yg mau dicari ama oprah ini, ternyata dia udah diselamatin duluan ama seorang ibu 4 anak dari Missouri yg juga terenyuh setelah baca articlenya di new york times ini. setelah cari info ternyata dengan uang 320 dollar dia udah bisa nyelamatin si mark, akhirnya dia memutuskan… untuk nyelamatin 7 anak aja. Anak2 ini di tampung di satu tempat yg emang sebagai pusat rehabilitasi buat anak2 yg dijual ini… salut banget ama dia… kata oprah, dia udah sering banget wawancara orang terkenal dan kaya, tapi dia merasa ibu inilah yg paling hebat… orang biasa tapi bisa merubah hidup orang laen secara luar biasa….

Mungkin kita harus sering2 nonton dan baca kisah2 seperti ini sehingga kita lebih bisa menghargai hidup dan terinspirasi untuk berbuat lebih kepada sesama…. Sudahkah kita??

Labels:

 
posted by l3l1 | Permalink |


0 Comments: