Photobucket
Friday, January 23, 2004,11:29:00 PM
Buku bagus nih

Hampir 1/2 taon yang lalu gue membeli buku ini, judulnya Mars n Venus On A Date. Menurut gue... buku ini bagusss banget buat dibaca oleh kita2 yang masih jomblo atau udah punya pasangan. Dengan membaca buku ini, paling nggak kita jadi bisa tau reaksi2 dari lawan jenis yang dulunya mungkin masih merupakan misteri bagi kita , tapi berkat buku ini.. kita bisa bilang "Ohh....... jadi itu toh penyebabnya atau.. oohhh... jadi begini toh" and laen2 deh...hehehehe.

Ada beberapa poin yang menarik buat gue dan akan gue paparin di sini, tapi berhubung emang butuh penjelasan panjang lebar... maka kalau nggak mau nangkap separoh2 atau salah mengerti, bagusnya sih baca sendiri deh bukunya ampe abis biar lebih rinci..

Berpacaran terlalu lama

Salah satu alasan mengapa orang memutuskan hubungan dengan perasaan negatif adalah bahwa mereka berpacaran terlalu lama. Kedua pihak yang berpacaran tidak menyadari bahwa mereka saling tidak cocok tetapi jalan terus. Akibatnya, mereka terlalu banyak membuang tenaga untuk mempertahankan hubungan asmara mereka. Kedua insan itu berusaha saling mengubah satu sama lain atau mengubah diri mereka masing2. Dalam upaya saling menyesuaikan diri ini, mereka memperburuk keadaan. Dalam upaya untuk membuat hubungan asmara mereka mendekati keinginan pihak masing2, mereka menciptakan perasaan frustasi dan kecewa. Dalam proses membuat keadaan menjadi lebih baik, mereka pun memunculkan sisi paling buruk dalam diri pasangan masing2 dan dalam diri mereka sendiri.

Ketika anda berusaha memasangkan sebuah pasak persegi empat ke sebuah lubang yang bulat, pasak itu pasti tidak akan pas tak peduli apa pun yang anda lakukan. Dalam proses mencoba mengepaskan sesuatu yang tidak cocok, segenap jerih payah yang anda lakukan akan sia2. Pada tahap tertentu anda harus sadar bahwa pacar anda ternyata bukan orang yang tepat, sehat2 saja jika seseorang mengenal dulu pribadi pacarnya, lalu jatuh cinta dan kemudian menyadari bahwa dia bukan orang yang cocok bagi dirinya.

Ketika pasangan yang saling berpacaran tidak tahu bagaimana cara mengakhiri suatu hubungan dengan tetap saling mencintai, mereka pun mengungkapkan segi2 paling buruk pada diri pasangan mereka dan segi2 paling buruk pada diri mereka sendiri.

jodoh
Belahan jiwa atau jodoh adalah seseorang yang memiliki kemampuan unik untuk menghidupkan yang terbaik dalam diri kita. Jodoh bukanlah orang yang sempurna, tetapi sempurna bagi kita

Sekalipun mereka dapat menghidupkan segi2 terbaik dalam diri kita, tanpa ketrampilan berkomunikasi yang baik dari pihak kita, mereka juga dapat menghidupkan segi2 terburuk dalam diri kita dan sebaliknya.

Pada dasarnya ada 4 macam getaran yang berperan dalam proses berpacaran : fisik, emosional, mental dan spiritual. Faktor penyebab fisik menimbulkan hasrat. Faktor penyebab emosional menimbulkan kasih sayang. Mental menciptakan minat . Spiritual menciptakan cinta kasih. Seorang belahan jiwa atau jodoh memiliki semuanya.

Daya tarik fisik saja tidak cukup dan umurnya juga pendek. Ketika getaran fisik tidak ditopang oleh getaran dalam pikiran, hati dan jiwa, getaran itu tidak akan kekal atau tumbuh pada waktunya.

Perkawinan adalah sebuah pilihan

Perkawinan merupakan sebuah pilihan, tetapi tidak seperti pilihan lainnya , anda bukan menikah hanya karena seseorang mencintai anda. Melainkan, anda pada awalnya menemukan cinta dan kemudian mampu membuat pilihan yang benar.

Pernikahan tak ubanya kaca pembesar. Cinta kita bertambah besar, tetapi permasalahan dan beban kita pun bertambah besar juga.

meminta maaf

Ketika seorang pria dapat meminta maaf atas sebuah kesalahan dan dimaafkan, secara otomatis ia menjadi pemaaf terhadap pasangannya. Kemampuan pria untuk mengoreksi diri karena orang lain dihubungkan langsung dengan perasaan betapa dia diterima. ketika seorang pria merasa dia dihukum oleh pasangannya, sulitlah baginya untuk bersikap penuh perhatian dan peka terhadap kebutuhan2 pasangannya. Ketika pria dapat meminta maaf, hal itu tidak hanya membuat wanita lebih gembira, tetapi ia sendiri mendapatkan apa yang paling dibutuhkannya - kepercayaan, penerimaan dan penghargaan dari wanita pasangannya.

Ketika seorang wanita dapat memaafkan, dia mendapat kemampuan untuk lebih bersikap menerima dan percaya. Tanpa permintaan maaf dari sang pria, kemampuannya untuk mempercayai dan menerima seorang pria sebagaimana adanya sulit untuk tumbuh. Jika seorang pria tidak mau mengakui kesalahannya, wanita akan memikirkan terus kesalahan sang pria sampai ia mengakuinya.

daya tarik lawan jenis

Wanita pertama2 tertarik pada salah satu aspek tentang siapa sang pria dan bukan hanya pada ketampanan tubuhnya. Wanita pertama2 merasa tertarik untuk mengenal sang pria, lalu merasakan adanya kasih sayang, dan kemudian merasakan ketertarikan dan hasrat yang kuat secara fisik. Semakin dia tertarik secara mental dan emosional pada sang pria, semakin dia merasakan getaran fisknya mulai bekerja.

Wanita pertama2 tertarik pada pria dalam pikiran saja. Ia membayangkan seperti apa pria itu dan tertarik pada sesuatu dalam karakter pria tersebut, cara2 seorang pria mengekspresikan karakternya.

Pria pertama2 tertarik pada bentuk fisik, semakin menarik wanita itu secara fisik bagi seorang pria, pria semakin kurang perlu untuk berpikir atau melihat. Ia secara otomatis berperilaku seakan2 wanita itu adalah wanita paling istimewa baginya di dunia ini, dan wanita itu pun mempercayainya. Padahal sang pria hanya baru berada dalam tahap merasa tertarik dan merasakan ketertarikannya itu.

Ada sesuatu yang istimewa tentang setiap wanita, tetapi apa yang membuat seorang wanita lebih istimewa bagi seorang pria tertentu adalah getaran khusus yang dirasakan sang pria terhadap wanita ini.

Seorang wanita menjadi lebih istimewa bagi seorang pria ketika sang pria mendapati bahwa dirinya tidak hanya tertarik padanya secara fisk, tetapi juga menyukainya. Dan akan lebih istimewa lagi ketika dia merasa bahwa dia juga tertarik secara mental terhadap keseluruhan pribadi wanita itu. Dia menjadi tambah istimewa lagi ketika sang pria melihatnya sebagai pribadi yang tidak sempurna tetapi menimbulkan perasaan sayang.

akuilah pria dan pujalah wanita

Ketika seorang wanita merespons secara positif hal2 yang telah diperbuat oleh seorang pria, dan mengabaikan hal2 yang tidak hebat, sang pria merasa sangat dipuji dan dihargai.

Kaum wanita paling tersentuh ketika sebuah pujian disampaikan secara pribadi dan langsung. Wanita akan menghargai suatu pujian tulus, tetapi ketika seorang pria selalu memikirkan dulu ucapannya, wanita itu akan lebih menyukainya.Tetapi pujian tersebut perlu dilakukan dalam nada bersahabat dan sambil lalu tanpa mengandung perasaan terpaksa, pamrih atau sesuatu yang mengikat. Pujian terbaik adalah yang berkaitan dengan sesuatu yang istimewa tentang si wanita atau tentang sesuatu di mana sang wanita telah mencurahkan waktu, tenaga, pikiran dan kreativitas yang banyak sekali.

Hal terbaik yang bisa dilakukan pria adalah membuat wanita berbicara tentang dirinya sendiri, perasaannya, kesukaannya dan ketidaksukaannya, serta kehidupannya.

Seorang pria yang percaya diri dan kompeten sangat menarik bagi seorang wanita, tetapi apa yang membuat pria lebih menawan adalah jika ia mampu memberi dan menerima dalam suatu hubungan. Ketika seorang wanita bercakap2, tujuannya adalah berbagi diri. pria membuat kesan terbaik dengan bertanya dan mendengarkan. Ikut berbagi pikiran dan perasaan dengan seorang wanita merupakan cara terbaik untuk merebut hati seorang wanita.

wahh.. udah kepanjangan nih... masih banyak seh sebenernya... udah ahh beli deh bukunya kalo pengen tau semuanya :)))
 
posted by l3l1 | Permalink |