Photobucket
Thursday, January 22, 2004,11:30:00 AM
cemburu

Tulisan ini dikirim ke gue tanggal 20 kemaren.. tapi belom sempet gue forward ke milis, berhubung gaya bahasanya juga "gaya anak muda", makanya gue mau pasang di blog aja hehehe....

Gue emang suka tulisan2 Mang Ucup, especially belakangan ini yang berhubungan ama relationship... apa yang dia paparkan sangat real dan nasehat2nya mijek bumi, nggak muluk2 tapi cukup manjur kalo kita turuti .

Thanks ya om atas tulisannya :))

Sesuai dgn permohonan sister Leli
dgn ini mang Ucup ingin memberikan angpauw
berupa sambungan tulisan mengenai relationship
tulisan ini masih benar2 hangat keluar dari dapur jadi
belum disajikan di milis manapun juga just for you he-he-he

ingin kubunuh pacarmu,
saat dia cium bibirmu merahmu,
di depan kedua mataku
hatiku terbakar jadinya....cantik....
aku cemburu....
From the album "Bintang Lima" ­ Dewa

Cemburu muncul bisa dtg kapan aja. Bentuk cemburu pun macem2. Ada yang nyata, ada juga yang disebut cemburu buta. Tapi yg namanya cemburu, tetep azah nggak enak. Terus gimana dong solusinya?

Cemburu itu bumbu cinta, jadi mirip garam, tanpa adanya garam makanan jadi tawar, tetapi kebanyakan garam bisa jadi keasinan sehingga makanannya tidak bisa dinikmati lagi, begitu juga dgn masa pacaran apabila pasangan kita udah cemburuan yg over dosis, maka akan hilanglah rasa kebahagiaan dan keharmonisan masa pacaran tsb.

Cemburu itu sebenarnya timbul karena adanya rasa takut ditinggal, takut pasangannya direbut orang atau juga ketidak percayaan akan kesetiaan sang yayang.

Apakah Anda tahu bahwa pacaran itu adalah masa yg paling stress dan sangat melelahkan, bukan saja badan tetapi pikiran dan hati juga, maklum pada saat pacaran keributan yg paling sering terjadi, karena adanya rasa cemburu.

Rasa cemburu ini lebih banyak terjadi di pihak pria, maklum pria lebih mudah mengungkapkan perasaannya daripada perempuan. Disamping itu rasa cemburu dari lelaki timbul karena adanya perasaan, bahwa sang yayang itu adalah milik pribadinya, mirip seperti mobil begitu yg selalu dikhawatirkan di colong orang.

Sedangkan perempuan akan timbul rasa cemburu, karena keinginan mempertahankan harga diri, oleh sebab itulah apabila seorang pria selingkuh, pertanyaan pertama yg ingin diketahui oleh pacar ato istrinya adalah: Apa sih kelebihannya dia daripada gw, sampai tega2nya lo menduakan gw?

Perasaan cemburu dan cemas itu timbul pada pihak perempuan, apabila ia merasa bahwa perempuan lain itu memiliki sesuatu yang tidak ada pada dirinya, umpamanya lebih cantik, sukses dsb-nya, sehingga menimbulkan rasa kurang Pe-De (percaya diri).

Agar bisa terlepas dari jeratan rasa cemburu, kita harus bisa berpikir dengan pola yg lebih realistis. Berusahalah untuk melawan perasaan yang dapat menghancurkan diri sendiri. Sebagai contoh, jika Anda berpikir bahwa pasangan Anda itu berselingkuh, cobalah cari bukti nyatanya. Jika tidak ada
bukti nyata yg bisa ditemukan, buanglah jauh2 pikiran negatif tersebut.

Bangkitkan rasa menghargai diri sendiri, pusatkan perhatian pada kelebihan yang Anda miliki, dimana Anda lebih meyoroti kelebihan yg Anda miliki daripada kekurangan maupun kelemahan Anda, sebagai contoh berbangga hatilah dgn penampilan diri Anda. Jangan membandingkan kemulusan kulit Anda dgn penampilan "sempurna" dari para bintang film, sebab sebelum mereka tampil di TV pun mereka sudah dipoles dahulu.

Dan cobalah renungkan oleh akal sehat Anda, apabila Anda merasa cemburu terhadap pasangan Anda, kenapa pasangan Anda yg harus menderita karena rasa cemburu Anda ini? Dan apakah Anda tahu bahwa rasa cemburu itu bukannya sekedar menyiksa diri sendiri saja, melainkan juga membuat pasangan Anda jadi turut menderita karenanya? Dan berapa lama ia akan bisa bertahan dgn siksaan batin dari rasa cemburu Anda ini? Ingat, se-kuat2nya batu karang, apabila tiap hari dihantam terus, akhirnya pasti akan pecah juga, begitu juga dgn hubungan Anda.

Dan bagi mereka yg memiliki pasangan yg sering cemburuan, bantulah untuk meringankan atau menghilangkan rasa cemburunya dgn memperlihatkan bahwa Anda ini tidak ingin lepas dari dia, bahwa Anda sangat mengasihinya. Ucapkanlah sebanyak mungkin penghargaan maupun pujian atas kelebih2annya, agar kepercayaan harga dirinya bisa semakin menguat dan pulih kembali.

Dan sebagai tip bagi kaum pria, apabila sang yayang uring2an tanpa sebab yg jelas, pada umumnya ini di dorong oleh rasa cemburu atau sang yayang sedang haid.

Memang harus diakui bahwa rasa cemburu itu akan timbul dan dtg begitu saja; tanpa bisa dihadang, sama seperti dtg-nya penyakit flu, oleh sebab itulah juga dgn ini mang Ucup ingin memberikan obat penawarnya

Untuk cowo: Puter musik kenceng2, sebab orang yg lagi dibakar cemburu, pasti butuh saluran buat mengekspresikan rasa sewotnya. Dgn memuter musik agak kenceng dari biasanya, setidaknya bisa sedikit ngeredam emosi misalkanya lagu2 rock some where I belongs

Untuk cewe: Menangislah dgn sepuas hati, maklum cewek itu paling gampang ngeluarin air mata. Dgn demikian emosi yg tertahan bisa di cuci abis dgn air mata yg dikeluarkan pada saat kita nangis abis.

Kalo ini kagak nolong juga, maka carilah tempat yg tenang, maklum pada saat kita lagi diradang api cemburu pasti kita kalap dan nggak tau apa yang mesti dilakuin. Daripada jadinya malah nggak keruan, mendingan segera cari tempat yg tenang sampe keadaan dikit membaik. Dan jangan lupa untuk berdoa dan pasrah ama yg diatas, sebab segala problem termasuk rasa cemburu itu, kayaknya lebih tepat kalo dipecahin dgn doa sambil memohon petunjuk-Nya apa yg terbaik untuk mu dari Om Han.

Sedangkan bagi mereka yg sering dicemburuin tanpa sebab yg jelas, ada saatnya dimana Anda sebaiknya buruan mengucapkan Sayonara, apabila perilaku pasangan Anda udah mulai cemburuan over-dosis hingga, irasional dan bahkan cenderung melakukan kekerasan, sebab ini adalah yg terbaik untuk melindungi diri Anda sendiri.

Maklum orang yg memiliki rasa cemburu terus-menerus tiada hentinya ini menandakan bahwa orang tsb mengalami gangguan jiwa berat yg disebut Gangguan Waham atau Gangguan Paranoid dan dan cenderung sulit bisa diobati.

Cemburu buta bukan hanya terjadi pada kita saja yg sehat, tetapi penyandang buta (tunanetra) benaran sekalipun bisa cemburu buta juga, seperti halnya yg terjadi di Sukabumi, dimana ia memukuli istrinya sampai babak belur, yg mengakibatkan sang suami buta tsb harus mendekam di hotel prodeo

Maranatha
Mang Ucup
Email: mangucup@wanadoo.nl
Homepage: www.mangucup.org
 
posted by l3l1 | Permalink |