Photobucket
Wednesday, July 28, 2004,7:55:00 PM
The Da Vinci Code
2 Minggu lalu ketika gua ma jeff nonton spidey 2 di sunter mall, iseng2 gue jalan ke gunung agung. Ehh.. ketemu ama suaminya temen gue di sono. Ternyata doi lagi maen ke jakarta, lagi nyari prospek usaha katanya :)

Nah.. di situ gue liat ada buku The Da Vinci Code. Benernya sih gue sama sekali blank mengenai buku ini. Tapi berhubung baca di beberapa blog temen2 yg udah pada baca, rata2 selalu berkomentar bagus banget dan wajib baca.. akhirnya gue beli buku tersebut tanpa ba bi bu lagi :D

Trus berhubung gue kan emang nggak sempet baca belakangan ini, so buku tersebut gue kasi ke jeff buat doi baca dulu. Hari selasa buku tersebut baru sempet dibaca jeff. Ketika gue telfon.. doi bilang buku itu bagus sekali.. bener2 memikat dan membuat orang penasaran untuk membacanya terus.... Sesuatu yg benar2 baru....

Ketika hari minggunya jeff ke rumah gue, tuh buku masih sisa beberapa halaman.. ehmm sekitar 13 halaman gituu. Saking penasarannya 'kalii yaa... doi bawa buku tersebut ke rumah gue. Alasannya sih udah nanggung tinggal dikit, jadi doi bawa ke rumah gue biar bisa langsung balikin ke gue.

Huuu nyebel deh... ketika makan siang.. bukannya fokus ke makanannya, ehh ini disambi ama baca! Udah gitu.. ketika kelar makan... disambung lagi duduk2 di sofa sambil ngebaca buku tersebut *gue dicuekinnnnn x-(
*. Mula2 sih gue godain terus.. tapi nggak mempan tuh.. sepertinya buku tersebut lebih menarik buat dia :| Tapi ketika gangguan gue semakin menjadi2.. akhirnya doi meletakkan buku tersebut dan pasang tampang x-(
siap2 mengejar gue... huehehe baru deh gue terbirit2 melarikan diri. Huu ternyata emang nggak niat buat ngejar gue.. karena begitu gue lari ketakutan.. itu buku langsung diambil dan dibaca lagi!! :-l

So, melihat begitu besarnya daya tarik buku ini, yg bisa membuat jeff nyuekin gue .. *yg selama ini belom pernah terjadiiii* gue jadi penasaran banget :)

Singkat cerita.... kemaren siang.. tepatnya hari selasa jam satu-an gituu... gue mulai baca2 buku tersebut. And ternyata sodara2... buku ini emang memikat banget... gaya dia bercerita yg dibuat berlapis2 membuat kita penasaran untuk tahu lebih lanjut.

Membaca buku ini serasa mendapatkan berbagai cita rasa penulis dalam satu buku. Ada stylenya agatha christie dengan tokoh hercule poirotnya yg senang bermain dengan makna2 di balik simbol2 sejarah, ada mary higgins clark yg sering memadukan 2 orang berlawanan jenis dalam satu kasus dan akhirnya jatuh cinta.. dan ada sidney sheldon dengan konspirasi tingkat tingginya. Dibalut dengan beberapa deskripsi karya seni, arsitektur dan fakta sejarah, serta pemaparan cerita yg dibuka secara perlahan2 dan berlapis2 ... gue rasa penulisnya butuh riset yg lumayan memakan waktu juga dalam menggarap novel ini. Dan Brown berhasil memadukan semua unsur itu dengan gaya cerita yg memikat... bener2 membuat kita tidak bisa melepas buku tersebut sampai kita tau akhir ceritanya :) Yaa seperti gue ajaa, kemaren udah janji ama jeff bakal bobo jam 10 karena siang harinya rada meriang dan kurang enak badan, tapi tau2 aja udah bablas sampe hampir jam 12!! Gara2 penasaran teruss.... kalo nggak gara2 pusing sih... bisa2 gue kelarin malam itu juga :p.

Terlepas dari cara penulisnya memadukan cerita dan bermain dengan logika dan dokumen2.... gue pikir buku ini rada menyinggung juga buat umat kristiani. Gue nggak tau apa karena gue yg udah rada kuper dari dunia permilisan sekarang ini atau emang banyak yg nggak tau mengenai buku ini ... rasanya sempet heran juga kalo novel ini luput dari liputan para miliser yg berbasis kristiani. Novel ini.. mengangkat issue2 yg selama ini selalu dipakai untuk menjatuhkan keyakinan umat kristiani ... baik mengenai institusi gerejanya , terutama Vatikannya umat Katolik... maupun mengenai KeTuhanan Yesus Kristus.

So... guyssss yg belom baca... coba deh baca. Buat yg udah baca... please komennya dong. Apa gue yg kurang pemahamannya atau gimana ??
 
posted by l3l1 | Permalink |